TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Trivia Hongeohoe, Ikan Pari Fermentasi Beraroma Amonia dari Korea

Siap-siap dengan aroma khasnya, ya

instagram.com/onsu_u

Di balik maraknya inovasi dalam kuliner kekinian, agaknya pesona kuliner tradisional tetap tak pudar begitu saja. Pasalnya, hidangan lokal yang menjadi ciri khas dari suatu daerah tetaplah patut untuk dilestarikan. Hal ini juga berlaku untuk kuliner ekstrem seperti hongeohoe dari Korea Selatan.

Hmm, apa sih hongeohoe itu?

1. Hongeohoe berbahan baku dari jenis ikan skate yakni ikan pari yang difermentasi

instagram.com/kek5679

Hongeohoe menggunakan bahan baku dari ikan skate (skate fish). Ikan jenis ini merupakan ikan yang kerangkanya terbuat dari tulang rawan dan mempunyai ciri fisik berupa tubuh datar dengan sirip dada yang menempel pada kepala. Contoh ikan ini adalah ikan pari. Tepatnya, hongeohoe diolah dari ikan pari yang difermentasi.

Baca Juga: 6 Fakta Beondegi, Kuliner Ekstrem Korea dari Kepompong Ulat Sutera  

2. Hongeohoe memiliki aroma amonia yang berasal dari hasil fermentasi ikan pari

instagram.com/super_b.83

Ikan pari kadung dikenal dengan aroma amis yang pekat. Alhasil, ikan tersebut perlu difermentasikan terlebih dahulu guna menekan aromanya.

Mulanya, ikan ini dimasukkan ke dalam guci, lalu disimpan di tempat sejuk dan gelap selama beberapa hari untuk difermentasi. Ikan pari siap dikonsumsi jika aromanya telah berbau amonia, yang juga menjadi ciri khas dari hidangan hongeohoe.

3. Hongeohoe menyajikan irisan ikan pari fermentasi mentah ataupun diolah menjadi sup

instagram.com/sook.3838

Ikan pari yang sudah difermentasi tadi lantas diiris-iris tipis untuk selanjutnya diolah ke dalam hidangan hongeohoe. Irisan ikan pari tersebut dapat disajikan langsung alias mentah ataupun diolah lagi ke dalam sajian sup.

Sebagai pendampingnya, hongeohoe umumnya disantap bersama gochujang (pasta cabai khas Korea) dan makgeolli (anggur beras khas Korea). Usut punya usut, paduan ini rupanya membantu menekan aroma hongeohoe yang terbilang memang kuat. 

4. Hongeohoe mempunyai penggemar tersendiri dan trik mengakali aromanya yang pekat

instagram.com/jacobys_2918

Sebab aromanya yang kuat, hongeohoe memang tak digemari oleh semua masyarakat Korea. Aroma hidangan ini bahkan mampu bertahan lama dalam mulut serta pakaian.

Untuk menyiasatinya, orang yang hendak memakan hongeohoe biasanya melapisi pakaiannya dengan mantel plastik serta menyemprotkan wewangian agar aroma pekat hongeohoe jadi agak memudar.

Baca Juga: 10 Makanan Korea Selatan yang Mirip Kuliner Indonesia, Semuanya Enak!

Verified Writer

Rahmadila Eka Putri

Hai, salam kenal. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya