TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Fakta Kue Canele, Pastry Imut Khas Prancis yang Sudah Mendunia!

Si mungil yang bikin ketagihan

Canele (instagram.com/hotel_nupka)

Kue pastry memiliki beragam jenis dan bentuk. Salah satunya adalah canele. Kue imut berwarna cokelat ini berasal dari Prancis. Meski tak sepopuler macaroon, perlahan canele mulai dikenal dunia, karena rasanya yang manis lembut dan tekstur crunchynya dibagian luar.

Memiliki rasa dan aroma vanilla, kini canele banyak dikreasikan dengan aneka rasa lainnya seperti matcha, strawberry, dan lainnya. Kian mendunia, berikut beberapa fakta tentang kue canele.

1. Canele berasal dari bordeaux

Canele (instagram.com/sonomabakingco)

Canele atau caneles berasal dari Prancis tepatnya di Bordeaux.

Mulai dibuat pada abad 18, canele pertama kali dibuat oleh biarawati yang memanfaatkan kuning telur yang tidak dipakai oleh para biarawan. Bertujuan untuk memberi makanan kepada anak yang tidak mampu, para biarawati mencampur kuning telur dengan tepung, gula, mentega dan aroma vanilla. Maka jadilah canele yang kita kenal saat ini.

Baca Juga: 7 Pastry Lezat Asal Perancis yang Visual dan Rasanya Menggoda Iman! 

2. Bentuknya yang khas berasal dari kaleng

Canele (instagram.com/kitacanu)

Dalam bahasa Prancis, canele berarti bergalur. Hal ini sama seperti motif pada kue imut ini yang bergaris vertikal.

Ternyata motif khas pada canele ini berasal dari saat pertama kali memasaknya. Masyarakat Prancis mencetak adonan kue canele dengan kaleng dan memanggangnya di dalam oven. Hingga kini canele memiliki motif bergaris vertikal yang khas dengan cekungan di bagian atas.

3. Proses membuat canele butuh ketelitian

Canele (instagram.com/bonne_nouvelle.toronto)

Terbilang sederhana dan mudah, namun membuat canele memerlukan ketelitian. Canele yang sempurna lembut dan berwarna keemasan, didapat dengan mengolah adonan secara pas dan tepat.

Dulu, adonan canele melewati proses yang cukup panjang karena harus didiamkan selama semalaman baru kemudian dipanggang. Namun kini hanya butuh 3-4 jam maka adonan canele sudah bisa dipanggang.

4. Identik dengan warna cokelat keemasan

Canele (instagram.com/petit.four.r)

Canele khas Prancis selalu identik dengan bentuknya yang mungil dan warnanya yang kecokelatan. Warna khas canele ini didapat dari proses pemanggangannya yang cukup lama. Namun proses ini bisa disesuaikan tergantung warna yang diinginkan, apakah cokelat keemasan atau cokelat kehitaman.

Baca Juga: 9 Ragam Pastry Manis hingga Gurih dari Austria, Nikmat Abis!

Verified Writer

Natasha Wiyanti

I'm still beginner of everything

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya