TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

9 Kuliner Berbahan Petis dari Jawa Timur, Gurihnya Bikin Nagih!

Rasa gurih khas yang menggoyang lidah

instagram.com/guniezzt

Petis merupakan salah satu bumbu kuliner Indonesia yang terbuat dari olahan rebusan ikan atau udang. Ikan atau udang tersebut kemudian dimasak bersama aneka rempah, karamel gula, dan garam hingga membentuk pasta.

Petis banyak dijumpai di berbagai kuliner di Jawa Timur, seperti di Surabaya, Lamongan, Gresik, Sidoarjo, hingga Madura. Kuliner-kuliner berbahan petis memiliki cita rasa gurih dari udang atau ikan yang khas, berpadu dengan aneka rempah dan bahan olahan lain, bikin masakan terasa mantap.

Apa saja kuliner dari Jawa Timur yang berbahan petis? Simak artikel berikut ya!

1. Lontong balap adalah kuliner Surabaya yang terdiri dari irisan lontong, taoge, lentho, dan tahu lalu disiram kuah kaldu daging dan diberi sambal petis. Menggugah selera!

instagram.com/horizonhoman

2. Lontong kupang adalah kuliner khas Sidoarjo yang terdiri dari lontong, kupang, lento, dan disiram kuah gurih yang dicampur petis. Disajikan dengan sate kerang, lebih mantap!

instagram.com/duniakulinersurabaya

3. Tahu campur merupakan kuliner asal Lamongan ini terdiri dari tahu, mie, taoge, perkedel, dan kuah kaldu sapi yang berpadu dengan petis. Segar dan gurih!

instagram.com/ichasavitry

Baca Juga: Resep Nasi Goreng Petis Sederhana, Bumbu Minimalis Rasa Maksimal!

4. Tahu tek; makanan dari Surabaya dan sekitarnya ini sederhana tapi lezat. Perpaduan tahu goreng, lontong, taoge, dan kentang lalu disiram bumbu kacang dan petis, bikin nagih!

instagram.com/eattemptationsby

5. Rujak cingur menjadi salah satu primadona kuliner Surabaya. Kuliner ini terdiri dari cingur, kangkung, bengkoang, tahu, tempe, lontong yang bersatu dengan bumbu kacang, petis, dan pisang batu 

instagram.com/amazingindonesiafood

6. Soto campor adalah makanan khas Sumenep. Soto unik karena kuahnya terbuat dari campuran kuah soto, santan, dan petis udang. Soto campor dihidangkan bersama lontong, soun, taoge, dan daging sapi

instagram.com/depot_keraton

7. Lontong mie terdiri dari lontong, mie, tahu, taoge, lalu disiram dengan kuah gurih ebi yang dicampur petis udang. Lontong mie disajikan dengan taburan bawang goreng agar lebih nikmat

instagram.com/sbykulinerinfo

8. Rujak tolet; rujak buah dengan sambal campuran petis, kecap, dan gula merah. Rasanya segar, asin, dan manis!

instagram.com/duniakulinersurabaya

Baca Juga: 10 Makanan Pedas Khas Jawa Timur Paling Favorit, Memuaskan Lidah!

Verified Writer

Wanudya A

You'll never walk alone.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya