Comscore Tracker

5 Kudapan Paling Autentik Khas Italia, Bikin Penasaran Ingin Mencoba!

Jadi penganan wajib orang Italia sejak zaman dahulu

Italia erat kaitannya dengan hidangan pizza yang sangat terkenal. Tapi selain pizza masih ada banyak lho kudapan lain khas Italia yang autentik dan belum begitu populer di Indonesia. Yuk lihat kudapan autentik khas Italia apa saja yang harus kamu ketahui. Simak artikelnya sampai habis ya!

1. Bottarga

5 Kudapan Paling Autentik Khas Italia, Bikin Penasaran Ingin Mencoba!Instagram.com/bottarga_gold

Bottarga adalah salah satu makanan favorit orang Italia karena memiliki rasa yang khas dan nikmat. Bottarga merupakan telur ikan yang diasinkan selama enam bulan lamanya lalu diasap dan biasanya dihidangkan bersama pasta atau dijadikan sebagai isian focaccia.

Harga bottarga memang sedikit mahal karena telur ikan grey mullet dan bluefin tunna yang digunakan sulit didapatkan setiap tahunnya.

2. Ribollita

5 Kudapan Paling Autentik Khas Italia, Bikin Penasaran Ingin Mencoba!Instagram.com/concretebrooklyn

Italia juga memiliki menu makanan yang terbuat dari bahan makanan sisa lho! Ribollita merupakan menu sup khas Italia yang terbuat dari roti sisa dan dicampur dengan berbagai sayuran kemudian diberi rempah-rempah khusus. Sama seperti di Indonesia, orang Italia juga tidak suka buang-buang makanan ya!

Baca Juga: 10 Ragam Olahan Sup ala Italia, Dijamin Bikin Lapar!

3. Polenta

5 Kudapan Paling Autentik Khas Italia, Bikin Penasaran Ingin Mencoba!Wikipedia.org

Polenta adalah makanan khas Italia yang terbuat dari biji-bijian yang dikeringkan. Bahan baku utama yang paling sering digunakan adalah tepung jagung, namun ada banyak juga biji-bijian yang digunakan seperti gandum, barley, hingga sesame seeds. Nah polenta ini biasanya disajikan menjadi olahan bubur atau sering juga dijadikan seperti roti basah yang dipanggang atau digoreng.

4. Ossobuco

5 Kudapan Paling Autentik Khas Italia, Bikin Penasaran Ingin Mencoba!Instagram.com/jennnysenny

Kemudian ada ossobuco yang menjadi kudapan dengan menu utama daging yang paling disukai oleh orang Italia. Ossobuco dibuat dari tulang dan daging khusus yang memiliki bentuk tulang bulat, biasanya tulang di bagian perut atau punggung sapi. Ditambah dengan berbagai rempah khas Italia, ossobuco selalu berhasil membuat yang melihatnya penasaran ingin mencoba!

5. Digestivo

5 Kudapan Paling Autentik Khas Italia, Bikin Penasaran Ingin Mencoba!Photo by Louis Hansel @shotsoflouis on Unsplash

Nah yang terakhir adalah digestivo. Digestivo merupakan minuman khas dari Italia yang wajib untuk ada di meja makan setelah makan malam.

Digestivo adalah minuman beralkohol yang terbuat dari fermentasi anggur putih lalu diracik dengan berbagai varian herbs khas Italia. Tidak hanya nikmat, digestivo memiliki manfaat untuk melancarkan pencernaan dan membuat kualitas tidur meningkat lho!

Ternyata ada banyak ya kudapan autentik asal Italia yang belum kita tahu atau mungkin kamu sudah pernah mencobanya? Jangan lupa untuk mencoba makanan dan minuman khas ini ketika kamu sedang melancong ke Italia ya!

Baca Juga: 10 Jenis Cake Italia yang Cocok untuk Jamuan Pesta dan Keluarga

Ane Hukrisna Photo Verified Writer Ane Hukrisna

Lifestyle and culinary writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya