Comscore Tracker

6 Makanan Khas Salatiga yang Jadi Kebanggaan Masyarakat, Harus Coba

Pencinta daging merah wajib merapat!

Berlibur ke luar kota rasanya kurang komplit jika belum mencicipi hidangan autentik setempat. Seperti ketika kamu menginjakkan kaki di Salatiga, Jawa Tengah. Berada di antara Surakarta dan Semarang, gak heran kalau kuliner yang menonjol di sana sekilas mirip dengan yang ada di dua kota tersebut. 

Meskipun demikian, mayoritas makanan khas Salatiga didominasi dengan olahan daging merah, lho. Seperti daging sapi, kambing dan bebek. Enam di antaranya seperti menu-menu berikut ini.

Bagi kamu para pencinta daging, wajib masukkan 6 makanan khas Salatiga yang jadi kebanggan masyarat berikut ini ke dalam daftar wisata kulinermu selanjutnya, nih!

1. Opor Bebek

6 Makanan Khas Salatiga yang Jadi Kebanggaan Masyarakat, Harus Cobainstagram/salatigadelicious

Umumnya kamu mengenal opor ayam yang biasa dihidangkan bersama ketupat dan sambal goreng saat lebaran. Di Salatiga kamu bisa menemukan ada opor bebek. Sama halnya dengan opor ayam yang berkuah santan, opor bebek juga menggunakan bumbu yang boleh dibilang hampir sama.

Salah satu pedagang opor bebek yang sudah tersohor di Salatiga adalah Opor Bebek Mak Yah, yang terletak di Jln. Muncul Raya, Kebumen, Banyubiru. Jalur alternatif Salatiga-Ambarawa, Jawa Tengah.

2. Gecok Kambing

6 Makanan Khas Salatiga yang Jadi Kebanggaan Masyarakat, Harus Cobainstagram/makankeliling

Mungkin beberapa dari kamu masih asing dengan menu yang satu ini. Namanya gecok kambing. Biasanya kamu mengenal olahan daging kambing seperti gulai, tongseng, sate atau tengkleng khas Solo. Di Salatiga ada pula menu berbahan daging kambing yang diberi nama gecok kambing. Uniknya, masakan ini menggunakan kelapa sangrai sebagai campuran bumbu pada kuahnya.

Jika kamu tertarik mencicipi kelezatan gecok kambing, bisa mampir ke Gecok Kambing Bu Pud, di Jalan Imam Bonjol, Kecandran, Sidomukti, Sraten 2, Gedangan, Kecamatan Tuntang, Kota Salatiga, Jawa Tengah. 

3. Sate Sapi

6 Makanan Khas Salatiga yang Jadi Kebanggaan Masyarakat, Harus Cobainstagram/foodiepedia_indonesia

Sate sapi memang umum ditemukan hampir di setiap daerah di tanah air. Tapi gak ada salahnya kamu mencicipi sate sapi khas dari Salatiga. Sate sapi di sini, menggunakan saus kacang, kecap manis dan lada sebagai bumbu utamanya. Ciri khas-nya adalah potongan daging sapi yang tebal dan besar-besar. Tapi dijamin, bumbu bisa meresap hingga ke daging dan tetap empuk kok. 

Salah satu penjual sate sapi khas Salatiga yang tersohor adalah Sate Sapi Suruh yang terletak di Komplek Ruko no.16 F1 Pasaraya 2, Jln. Jenderal Sudirman, Kutowinangun Kidul, Kecamatan Tingkir, Kota Salatiga, Jawa Tengah.

Baca Juga: 5 Kuliner Autentik Wonogiri, Jawa Tengah Sederhana dan Dijamin Lezat

4. Gudeg Koyor

6 Makanan Khas Salatiga yang Jadi Kebanggaan Masyarakat, Harus Cobainstagram/rasakuinirasamu.id

Gudeg tak hanya bisa ditemui di Kota Yogyakarta dan Solo saja. Di Salatiga juga terdapat makanan berbahan dasar nangka muda ini. Bedanya, gudeg di Salatiga disajikan bersama koyor sapi sebagai lauk utamanya. Selain koyor, kamu juga bisa tambah lauk lain, seperti telur pindang dan sambal goreng kerecek. 

Gudeg Koyor Reksa yang terletak di kawasan Jl. Jend. Sudirman, Salatiga, Jawa Tengah ini merupakan salah satu warung makan yang wajib kamu kunjungi bila ingin membuktikan kelezatan menu yang satu ini. 

5. Nasi Rames Empal

6 Makanan Khas Salatiga yang Jadi Kebanggaan Masyarakat, Harus Cobainstagram/segoramesdarjo

Saat berada di Salatiga, sempatkan untuk mengisi perut di siang hari dengan seporsi nasi rames empal yang legendaris. Memang lauk di nasi rames ini hampir sama dengan nasi rames pada umumnya. Yakni oseng tahu kacang panjang dan sambal. Bedanya, ada lauk empal yang jadi primadonanya.

Empal yang terbuat dari daging sapi ini digoreng hingga kering kemudian diberi taburan serundeng kelapa. Dijamin mulut gak rela berhenti makan deh. 

Salah satu legendaris nasi rames empal di Salatiga adalah Nasi Rames Empal Kartoali, yang terletak di Jalan Tanjung, Salatiga, Jawa Tengah. Kamu bisa mengandalkan google map untuk memandumu sampai ke sana karena lokasinya agak terpencil. 

6. Pecel Keong

6 Makanan Khas Salatiga yang Jadi Kebanggaan Masyarakat, Harus Cobainstagram/jajanandisemarang

Puas berwisata kuliner serba daging, cicipi juga menu sehat yang satu ini, dong. Namanya pecel keong. Isian pecel ala Salatiga ini terdiri dari tauge, bayam, daun pepaya, pakis dan bunga turi. Disiram dengan sambal kacang dan jangan lupa pelengkapnya sate keong. Kamu bisa menikmati satu porsi pecel keong ini dengan nasi maupun lontong, tergantung selera masing-masing. 

Salah satu penjual pecel keong yang terkenal di Salatiga adalah Rumah Makan Mbak Toen, yang terletak di Jalan Raya Salatiga-Banyubiru, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. 

Itulah rekomendasi 6 makanan khas Kota Salatiga yang menjadi kebanggaan masyarakatnya. Mengetahui beragam kuliner autentik suatu daerah akan membantumu lebih mengenal kekayaan tempat tersebut. Jadi, jika berkesempatan berkunjung ke sana kamu gak hanya memanjakan mata dengan objek wisata tapi juga lidah dengan makanan serta minuman yang mungkin tidak ditemukan di daerah asalmu. 

Baca Juga: 6 Kuliner Berbagai Provinsi di Pulau Jawa Ini Bisa Jadi Inspirasi Lauk

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya