Comscore Tracker

5 Jajanan Tradisional Berbahan Jagung yang Punya Cita Rasa Lezat

Yuk, cobain jajanan pasar berbahan jagung!

Jagung yang mengandung berbagai jenis nutrisi baik untuk tubuh, dapat diolah menjadi kudapan maupun camilan lezat yang nikmat. Pada jajanan tradisional pun, jagung sering dijadikan bahan baku untuk membuat jajanan yang lezat.

Jagung muda adalah jenis jagung yang sering dijadikan bahan pembuatan jajanan tradisional, karena lebih mudah untuk diolah. Bukan berarti jagung yang sudah tua tidak dapat diolah menjadi jajanan tradisional, jagung yang sudah tua pun dapat diolah menjadi jajanan lezat juga.

Untuk mengetahui apa saja jajanan tradisional lezat dan nikmat dari olahan jagung, berikut ini 5 jajanan tradisional berbahan jagung!

1. Entog-entog jagung

5 Jajanan Tradisional Berbahan Jagung yang Punya Cita Rasa Lezatsobondeso.blogspot.com

Jajanan tradisional satu ini merupakan kudapan yang bisa buatmu kenyang saat menyantapnya. Entog-entog jagung adalah kuliner lezat yang diolah dari tumbukan jagung yang sudah tua, setelah itu direbus hingga mengental.

Lalu adonan jagung yang mengental tadi dibentuk bulatan-bulatan kecil. Entog-entog jagung makin nikmat disantap dengan botok teri yang pedas.

2. Kue talam jagung

5 Jajanan Tradisional Berbahan Jagung yang Punya Cita Rasa Lezatinstagram.com/umay9586

Untuk olahan kue basah yang manis dan gurih, jagung bisa dijadikan kue talam yang nikmat. Rasa manis dari jagung muda yang diblender kasar menghasilkan sensasi unik bercampur dengan rasa manis dan gurih dari kue talam.

Pembuatan kue talam jagung yang melewati proses pengukusan ini, bisa dipraktikkan dengan mudah di rumah. Kamu perlu menyiapkan tepung beras dan tepung tapioka yang nantinya akan dicampur dengan jagung muda halus beserta santan.

Baca Juga: 5 Kreasi Olahan Berbahan Jagung, Solusi Karbohidrat Lezat dan Sehat!

3. Jenang jagung

5 Jajanan Tradisional Berbahan Jagung yang Punya Cita Rasa Lezatwww.fimela.com

Selain kue talam jagung, jenang jagung adalah jajanan tradisional lainnya yang tak kalah nikmat untuk disantap. Jenang jagung merupakan perpaduan dari rasa manis dan gurih yang berasal dari campuran jagung, tepung maizena, bubuk agar-agar, dan santan.

Dari bahan-bahan pembuatan jenang jagung tersebut, menghasilkan tekstur lembut dalam sekali gigitan yang dijamin buatmu ingin menyantapnya lagi.

4. Grontol jagung

5 Jajanan Tradisional Berbahan Jagung yang Punya Cita Rasa Lezatinstagram.com/ara.foods.soc

Jajanan tradisional satu ini berasal dari pipilan jagung kering yang direndam semalaman lalu dimasak dengan air mendidih. Kemudian cuci dengan air matang dan untuk menghasilkan grontol jagung yang empuk, ulangi kembali proses merebus.

Jika sudah empuk, grontol jagung bisa kamu campurkan dengan parutan kelapa untuk menambah cita rasa gurih.

5. Lepet jagung

5 Jajanan Tradisional Berbahan Jagung yang Punya Cita Rasa Lezatinstagram.com/berbagi_resep_lezat

Lepet jagung merupakan perpaduan dari jagung manis yang sudah dipipil lalu dicampur dengan parutan kelapa, tepung sagu, gula, dan garam. Kemudian dibungkus menggunakan kulit jagung yang sebelumnya dicuci bersih.

Setelah itu, kukus lepet jagung dipanci pengukus hingga matang. Tekstur renyah dari jagung manis dipadu dengan gurihnya parutan kelapa membuat lepet jagung wajib kamu cicipi.

Itu dia lima jajanan tradisional berbahan jagung yang punya cita rasa lezat yang menggugah selera. Sangat sayang jika kamu melewatkan cita rasa unik yang dihasilkan dari masing-masing jajanan tradisional di atas. Jadi dari list jajanan tradisional di atas, mana nih yang buatmu penasaran untuk segera mencicipinya?

Baca Juga: 6 Tips Menyimpan dan Mengolah Jagung supaya Tahan Lebih Lama

Arin Pratitis Photo Verified Writer Arin Pratitis

https://thisrendezvous.wordpress.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya