Comscore Tracker

Lagi Stres? Coba Konsumsi 5 Makanan dan Minuman Pembuat Bahagia Ini

Bukan sekadar mitos, makanan "bahagia" memang ada

Apakah kamu sedang tidak bahagia akhir-akhir ini? Mungkin kamu sedang banyak pikiran dan itu membuat perasaanmu gundah gulana. Jangan khawatir, semua persoalan ada jalan keluarnya, kok. Nah, jika perasaanmu sedang tak menentu, kamu bisa mengonsumsi beberapa makanan yang diklaim sebagai makanan dan minuman "bahagia".

Inilah lima makanan dan minuman "bahagia". Selain menyehatkan, juga akan membuatmu lebih rileks dan happy. Apa saja, ya?

1. Pisang

Lagi Stres? Coba Konsumsi 5 Makanan dan Minuman Pembuat Bahagia IniUnsplash/Eiliv-Sonas Aceron

Ternyata, pisang dapat membuatmu bahagia dan itu bukan mitos. Pisang mengandung banyak asam amino, vitamin A, B6, C, serat, fosfor, zat besi, dan karbohidrat. Dilansir NetDoctor, kandungan B6 yang kaya dalam buah pisang akan membantu meningkatkan hormon serotonin dalam tubuh melalui penyerapan triptofan dari tubuh ke otak.

Pisang memiliki senyawa yang mampu membantu penyerapan triptofan ke otak. Serotonin sendiri adalah hormon yang mampu menenangkan perasaan dan membantu menjaga kualitas tidurmu dengan baik. 

Dalam dunia medis, triptofan telah digunakan dalam terapi medis yang berkaitan dengan depresi, gangguan kecemasan, insomnia, dan beberapa gangguan mental lainnya.

2. Ubi Manis

Lagi Stres? Coba Konsumsi 5 Makanan dan Minuman Pembuat Bahagia Iniafricanpotatoassociation.org

Ada beberapa jenis ubi. Jika kamu ingin meningkatkan mood, kamu harus memilih ubi yang benar-benar manis. Selain karbohidrat, ubi manis juga mengandung banyak nutrisi yang diperlukan oleh tubuh.

Dilansir Healthline, karbohidrat dalam ubi juga berfungsi untuk membuat perasaanmu lebih rileks dan bahagia. Hal ini karena ubi dapat memancing hormon serotonin dalam tubuhmu untuk segera aktif.

Namun, perlu kamu perhatikan juga bahwa ubi manis merupakan makanan dengan indeks glikemik sedang. Artinya, bisa saja berpotensi menaikkan kadar gula dalam darah secara masif.

3. Kopi

Lagi Stres? Coba Konsumsi 5 Makanan dan Minuman Pembuat Bahagia IniUnsplash/Mike Kenneally

Kabar baik bagi kamu yang suka minum kopi. Ya, ternyata, kopi memberikan banyak manfaat buat tubuhmu, di antaranya mengurangi rasa sakit fisik akibat parkinson dan membuatmu bahagia.

Dilansir Psychology Today, para ilmuwan telah menemukan bahwa kandungan yang terdapat dalam kopi dapat melepaskan senyawa dopamin dalam tubuh. Efeknya mirip dengan candu, namun ini jauh lebih kecil.

Dopamin sendiri merupakan senyawa dalam tubuh yang dapat meningkatkan mood dan menimbulkan euforia sesaat. Biasanya, hal ini terjadi pada orang yang mengonsumsi kopi, terutama pada pagi hari.

Dengan kata lain, kafeina dalam kopi dapat menyebabkan efek candu dalam kuantitas yang minimal. Ini sebabnya, kafeina dalam dunia medis disebut sebagai zat psikoaktif atau stimulan.

4. Cokelat

Lagi Stres? Coba Konsumsi 5 Makanan dan Minuman Pembuat Bahagia IniUnsplash/Amirali Mirhashemian

Berbeda dengan kopi yang menyebabkan candu, cokelat tidak membuat candu, meskipun efek memakan cokelat yaitu bahagia. Sebuah studi dan penelitian di AS pada 1996 menyimpulkan bahwa cokelat mengandung PEA (phenylethylamine), yakni senyawa yang dapat membuat hatimu berbunga-bunga, mirip perasaan saat kamu jatuh cinta.

Dimuat juga dalam jurnal ilmiah Science Focus, cokelat mengandung theobromine yang selain membuat perasaan lebih senang, juga dapat meningkatkan denyut jantung dan memberikan efek atau sensasi bahwa kamu sedang mencintai seseorang.

Namun, jangan mengonsumsi cokelat secara berlebihan. Meskipun memberikan banyak manfaat, faktanya juga dapat menyebabkan diabetes militus dan obesitas. So, jika kamu menyukai makanan yang satu ini, bijaksanalah dalam mengonsumsi cokelat.

5. Salmon

Lagi Stres? Coba Konsumsi 5 Makanan dan Minuman Pembuat Bahagia IniUnsplash/Caroline Attwood

Salmon merupakan salah satu makanan yang paling digemari di dunia, termasuk di Indonesia. Pasokannya yang melimpah membuat salmon mudah dijumpai, meskipun kadang harganya sedikit lebih mahal ketimbang ikan-ikan lainnya.

Namun, salmon memiliki nutrisi yang sangat baik bagi tubuh. Asam lemak omega-3 baik untuk otak dan meningkatkan suasana hati kamu yang sedang terpuruk. Sudah dari dulu, asam omega-3 yang terkandung dalam ikan salmon terbukti mampu melindungi mental kita dari depresi dan stres berkepanjangan.

Itulah lima makanan dan minuman "bahagia" yang akan membuatmu benar-benar bahagia. Jangan lupa, konsumsilah secara wajar dan tidak berlebihan, ya!

Baca Juga: 8 Jenis Makanan yang Tidak Bisa Dimakan Mentah, Jangan Coba-coba! 

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya