Comscore Tracker

7 Alasan Mengapa Karbohidrat Gak Boleh Dihilangkan dari Menu Dietmu

Yang terpenting adalah jumlah takarannya yang tepat dan pas!

Banyak orang yang merencanakan diet bahkan sudah melakukan diet melakukan kesalahan, yaitu dengan 'memusuhi' karbohidrat dari asupan sehari-harinya. Karena karbohidrat dianggap jadi salah satu bahan yang membuat kita gemuk. 

Siapa sangka jika anggapan itu ternyata salah besar lho! Karbohidrat pada kenyataannya memiliki banyak nutrisi penting yang baik untuk tubuh. Ini dia 7 alasan mengapa karbohidrat tidak boleh kamu hilangkan dari menu diet kalian!

1. Karbohidrat merupakan sumber energi utama manusia

7 Alasan Mengapa Karbohidrat Gak Boleh Dihilangkan dari Menu Dietmuunsplash.com/@pillepriske

Energi sangat dibutuhkan untuk menjalani kegiatan manusia sehari-hari, seperti bekerja misalnya. Karbohidrat adalah bahan bakar utama yang mampu memberi pasokan energi ke dalam tubuh. Energi yang dihasilkan dari karbohidrat untuk dapat berjalan paling efisien dan efektif, dibanding dengan energi yang dihasilkan dari asupan makanan lain. 

Saat diet kurangi porsi makanan yang mengandung karbohidrat dan gantikan dengan kandungan nutrisi lain. Setidaknya dengan begitu kalian masih bisa bebas beraktifitas dengan fit dan penuh semangat, meskipun dalam keadaan diet.

2. Karbohidrat adalah sumber serat yang sempurna

7 Alasan Mengapa Karbohidrat Gak Boleh Dihilangkan dari Menu Dietmuunsplash.com/@eaterscollective

Sumber karbohidrat yang berasal dari biji-bijian utuh hingga buah-buahan dan sayuran memiliki satu nutrisi utama yang sama yaitu serat. Serat sangat penting untuk membantu mengatur isyarat rasa lapar dan kenyang, serat juga dapat memberikan energi yang bertahan lama serta mampu mengelola kadar glukosa darah tetap stabil.

3. Karbohidrat bisa membuat kita merasa lebih baik

7 Alasan Mengapa Karbohidrat Gak Boleh Dihilangkan dari Menu Dietmuunsplash.com/@monstruoestudio

Konsumsi karbohidrat merangsang produksi serotonin, sebuah neurotransmitter yang bertanggung jawab untuk menjaga keseimbangan suasana hati. Kekurangan serotonin telah dikaitkan dengan perubahan suasana hati, seperti lekas marah dan kesedihan, dan gangguan suasana hati seperti depresi. Karbohidrat juga meningkatkan kadar tryptophan otak dan asam amino yang dapat menenangkan suasana hati.

Baca Juga: 5 Anggapan Salah Kaprah Tentang Diet yang Masih Dipercaya

4. Karbohidrat akan memberi asupan penting saat kita berolahraga

7 Alasan Mengapa Karbohidrat Gak Boleh Dihilangkan dari Menu Dietmuunsplash.com/@abhishek_sanwa

Karbohidrat sangat penting untuk pengembalian tenaga setelah berolahraga karena dapat memulihkan simpanan glikogen di otot yang mungkin telah habis selama berolahraga. Mentiadakan karbohidrat dari menu sehari-hari bisa membuat daya tahan tubur menurun.

Setelah berolaharaga konsumsi camilan yang memiliki karbohidrat dan protein, seperti beberapa potong ayam, tortilla gandum atau apel. Sebelum berolahraga, pilih pisang untuk karbohidrat padat yang sangat kita butuhkan untuk mendongkrak energi.

5. Sayuran berserat termasuk ke dalam sumber nutrisi pokok

7 Alasan Mengapa Karbohidrat Gak Boleh Dihilangkan dari Menu Dietmuunsplash.com/@iemanuel

Sayuran berserat yang mengandung banyak karbohidrat seperti ubi jalar, tinggiakan  vitamin A, vitamin B-5, B-6, thiamin, niacin dan riboflavin. Berkat warna oranye pda ubi jalar, terdapat kandungan karotenoid, sebuah antioksidan yang memiliki sifat melawan kanker.

Contoh lainnya ada pada kacang-kacangan, yang merupakan sumber serat, vitamin B, zat besi, seng, magnesium dan kalium. Yakin masih ingin menghilangkan karbohidrat dari menu dietmu?

6. Karbohidrat menyediakan Vitamin B-Kompleks yang penting bagi tubuh

7 Alasan Mengapa Karbohidrat Gak Boleh Dihilangkan dari Menu Dietmuunsplash.com/@brookelark

Vitamin B-kompleks membantu dapat metabolisme tubuh, dimana hal itu adalah bagian yang sangat penting saat menjalankan proses penurunan berat badan. Vitamin B tertentu juga memiliki manfaat lain. Misalnya folat vitamin B yang ditemukan dalam roti dan nasi, dapat membantu perkembangan sel darah merah. Dan tiamin yang banyak terkandung dalam lentil dan beras, yang merupakan kunci untuk pertumbuhan sel yang sehat.

7. Karbohidrat dapat mendukung kualitas tidur yang baik

7 Alasan Mengapa Karbohidrat Gak Boleh Dihilangkan dari Menu Dietmuunsplash.com/@akemymory

Asam amino dan tryptophan sensasi mengantuk sehingga kalian dapat lebih mudah tertidur. Karbohidrat meningkatkan kualitas tidur, dan mengkonsumsi makanan yang kaya karbohidrat empat jam sebelum tidur membantu kita tertidur lebih cepat lho!

Memastikan informasi secara akurat sebelum memutuskan program diet sangatlah penting untuk dilakukan. Mengikuti cara diet yang berhasil dilakukan oleh orang lain belum tentu bisa berhasil kamu terapkan, sebab setiap orang memiliki 'takaran'-nya masing-masing. Be smart guys!

Baca Juga: Heboh Diet Fruitarian, Pelajari Dulu 5 Efek Sampingnya!

dewi dewi Photo Verified Writer dewi dewi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya