Comscore Tracker

Primadona Saat Ramadan, Ini 5 Khasiat Buah Timun Suri

Udah pernah coba?

Saat bulan Ramadan tiba, biasanya banyak sekali bermunculan menu-menu berbuka yang menggugah selera. Beberapa ada yang khas yang hanya bisa didapatkan saat bulan puasa saja. Jarang bisa ditemui selain di bulan puasa.

Salah satunya adalah timun suri. Buah yang satu ini selalu menjadi primadona ketika Ramadan tiba. Daging buah yang bertekstur lembut ini biasanya diolah sebagai campuran minuman. Dicampur dengan sirup dan es, pastinya akan begitu nikmat dihidangkan sebagai pelepas dahaga saat berbuka.

Meskipun buah ini sering kita jumpai saat bulan puasa saja, bukan berarti tanaman ini adalah salah satu tanaman musiman. Buah ini mengandung kalium yang cukup tinggi sehingga sangat bermanfaat untuk menjaga kesegaran tubuh.

Selain itu, timun suri juga memiliki beberapa manfaat lainnya.

1. Menjaga kesehatan mata

Primadona Saat Ramadan, Ini 5 Khasiat Buah Timun SuriUnsplash/alexandruz

Timun suri dipercaya mampu menjaga kesehatan mata karena mengandung banyak vitamin A. Kandungan asam askorbat dan asam caffeic di dalam buah ini berperan penting untuk menurunkan tingkat retensi air dan dapat mengurangi terjadinya pembengkakan pada mata. Kamu yang memiliki masalah penglihatan seperti pandangan kabur atau mata iritasi bisa mencoba mengkonsumsi buah ini.

2. Membantu sistem pencernaan

Primadona Saat Ramadan, Ini 5 Khasiat Buah Timun SuriInfo-asik.com

Masalah pencernaan merupakan hal yang sering dialami ketika berpuasa. Hal ini dikarenakan tubuh tidak mendapatkan asupan sepanjang hari. Cobalah untuk mengonsumsi timun suri yang kaya akan air dan serat yang dipercaya mampu mengatasi masalah pencernaan.

3. Detoksifikasi

Primadona Saat Ramadan, Ini 5 Khasiat Buah Timun Surinutrisains.com

Timun suri mengandung air dan serat yang cukup banyak sehingga mampu memperlancar proses pencernaan. Serat yang terkandung di dalamnya dapat membantu tubuh dalam mengeluarkan racun-racun di dalam tubuh. Salah satu racun yang bisa diatasi timun suri adalah keberadaan cacing pita.

Baca Juga: 15 Makanan Praktis yang Biasanya Disimpan Anak Kost Selama Ramadan

4. Sumber antioksidan

Primadona Saat Ramadan, Ini 5 Khasiat Buah Timun Surihellosehat.com

Timun suri kaya akan berbagai macam antioksidan seperti magnesium, mangan, vitamin A, vitamin B, vitamin C, serta silika.

Buah ini memenuhi syarat sebagai sumber antioksidan yang dibutuhkan tubuh untuk mengatasi radikal bebas, sehingga tubuh kuat menghadapi serangan penyakit.

5. Mencegah kanker

Primadona Saat Ramadan, Ini 5 Khasiat Buah Timun Surikomunita.id/Eulis Utama

Timun suri mempunyai sifat anti-kanker, sehingga bisa menghambat pertumbuhan sel tumor atau kanker. Kandungan saponin di dalam timun suri dipercaya dapat membantu mencegah kerusakan metabolisme tubuh serta munculnya sel kanker.

Selain sebagai pelepas dahaga setelah seharian berpuasa, ternyata buah yang menjadi primadona saat Ramadan ini punya banyak sekali manfaat bagi tubuh. Sudah pernah mencicipi es timun suri?

Baca Juga: 7 Tradisi Unik Songsong Ramadan di Indonesia

Dewi Yulia Photo Writer Dewi Yulia

IG/Twitter ~ @dewiiy_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Novaya
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya