Comscore Tracker

Resep Pepes Tahu Kemangi yang Enak dan Bergizi, Aromanya Bikin Ngiler!

Gak perlu mahal untuk nikmati sajian nikmat penuh gizi 

Tahu merupakan salah satu bahan makanan nabati yang mengandung protein tinggi dengan harga yang terjangkau. Tak hanya digoreng saja, tahu juga bisa dikreasikan menjadi beragam menu lezat lainnya yang cocok dinikmati sebagai hidangan lauk sehari-hari.

Salah satu yang bisa jadi inspirasi adalah pepes tahu kemangi yang punya tekstur lembut dan aroma harum memikat lidah. Jika kamu tertarik untuk membuat sajian ini di rumah, kamu bisa coba resep sekaligus ikuti langkah-langkah pembuatannya di bawah ini, ya!

1. Bahan dan bumbu yang dibutuhkan

Resep Pepes Tahu Kemangi yang Enak dan Bergizi, Aromanya Bikin Ngiler!ilustrasi tahu putih (freepik.com/jcomp)

Sebelum membuatnya, berikut ini adalah bahan-bahan yang perlu kamu persiapkan!

  • 5 buah tahu putih ukuran sedang
  • Segenggam daun kemangi
  • 2 buah cabai merah besar
  • 4 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 batang daun bawang
  • 2 batang serai, iris tipis
  • 4 lembar daun salam, iris
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 sdt merica bubuk
  • 1 sdt kaldu bubuk
  • Daun pisang secukupnya

2. Haluskan bumbu serta potong bahan-bahan

Resep Pepes Tahu Kemangi yang Enak dan Bergizi, Aromanya Bikin Ngiler!ilustrasi memotong cabai (freepik.com/nuruddean21)

Haluskan bawang merah putih dan bawang putih terlebih dahulu. Kemudian, ambil cabai merah besar, lalu buang isinya. Iris tipis cabai merah besar ke dalam beberapa bagian.

Langkah selanjutnya, iris kecil-kecil semua bumbu, mulai dari daun bawang, serai, hingga daun salam. Sisihkan terlebih dahulu jika sudah selesai.

Baca Juga: Resep Membuat Pepes Tempe yang Simpel, Cocok untuk Menu Vegetarian

3. Hancurkan tahu, campur dengan bumbu

Resep Pepes Tahu Kemangi yang Enak dan Bergizi, Aromanya Bikin Ngiler!ilustrasi membuat pepes tahu (youtube.com/Bunda Najla)

Siapkan wadah atau baskom berukuran sedang. Masukkan tahu ke dalam wadah, kemudian hancurkan menggunakan garpu sampai benar-benar halus. Tambahkan bawang putih dan bawang merah yang telah dihaluskan. Aduk hingga semua bahan tercampur rata.

Jangan lupa untuk menambahkan garam, gula, merica bubuk, serta kaldu bubuk. Aduk-aduk lagi. Setelah bahan dirasa sudah tercampur cukup merata, tambahkan irisan cabai, daun bawang, serai, daun salam, serta segenggam daun kemangi.

4. Bungkus satu persatu adonan pepes tahu

Resep Pepes Tahu Kemangi yang Enak dan Bergizi, Aromanya Bikin Ngiler!ilustrasi membungkus pepes tahu (youtube.com/Bunda Najla)

Siapkan daun pisang sebagai pembungkus pepes. Ambil satu sendok adonan pepes tahu yang sudah jadi.

Bungkus satu-persatu dengan ukuran sesuai selera. Setelah itu, kukus pepes tahu sebentar saja, kurang lebih sekitar 15 menit.

5. Angkat pepes tahu kemangi, lalu sajikan!

Resep Pepes Tahu Kemangi yang Enak dan Bergizi, Aromanya Bikin Ngiler!ilustrasi hidangan pepes tahu kemangi (instagram.com/dhy_kitchenworld)

Jika kukusan dirasa sudah matang, matikan kompor. Angkat pepes tahu kemangi.

Biarkan dingin sebentar sebelum dipindahkan ke piring saji. Jika sudah, kini pepes tahu kemangi yang harum dan lembut siap dinikmati bersama sepiring nasi putih.

Selain mudah, pepes tahu kemangi ini menggunakan bahan-bahan yang harganya sangat terjangkau, bukan? Inspirasi olahan tahu yang satu ini dijamin bikin kamu dan keluarga makin lahap makan, deh!

Baca Juga: Resep Pepes Kerang anti Amis, Wanginya Bikin Kalap Makan!

Dimas Hutama Photo Verified Writer Dimas Hutama

@dimashutama_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya