Comscore Tracker

7 Kue Manis Terpopuler di Dunia, Mulai dari Croissant sampai Donat

Mana nih yang sudah pernah kamu coba?

Siapa nih yang hobi makan kue manis? Selain enak, makan makanan yang manis juga bisa naikin mood, lho, apalagi kalau yang disantap adalah kue kesukaan. Duh, jadi ngiler.

Dan, tahukah kamu kue manis apa saja yang terkenal di dunia? Bukan brownies, tapi 7 kue ini yang populer dan selalu dicari banyak orang. Kalau kamu penasaran, yuk intip ulasan di bawah ini!

1. Croissant

7 Kue Manis Terpopuler di Dunia, Mulai dari Croissant sampai DonatCroissant (instagram.com/lakatyfox)

Dianggap sebagai kue kemenangan Austria atas Kekaisaran Ottoman, kue berbentuk bulan sabit ini punya rasa manis tapi gak bikin enek. Namun croissant juga terkenal di Prancis dengan cara pembuatannya yang menggunakan puff pastry dan mulai dimodifikasi dengan isian cokelat, selai, kismis, dan ada yang krim keju. 

2. Doughnut

7 Kue Manis Terpopuler di Dunia, Mulai dari Croissant sampai Donatdoughnuts (instagram.com/glazedonuts)

Doughnut atau yang kita jenal dengan donat adalah kue goreng manis asal Amerika yang awalnya sering dicampur dengan buah plum, apel, atau kismis di tengahnya.

Pada Perang Dunia I, donat adalah bekal para tentara sebagai cara pengingat akan masakan rumah. Nah, pada tahun 1950 sampai 1960-an, donat makin populer apalagi ditambah dengan munculnya Dunkin' Donuts dan Krispy Kreme yang jadi kesukaan sampai sekarang.

Dan biasanya orang Amerika mengonsumsi dougnut ini sebagai menu sarapan mereka, lho!

3. Mooncake

7 Kue Manis Terpopuler di Dunia, Mulai dari Croissant sampai Donatmoon cake (instagram.com/asisweng1111)

Ngomongin soal chinese food memang selalu menarik, gak terkecuali moon cake. Moon cake adalah kue yang selalu dihidangkan saat Festival Bulan yang jatuh pada pertengahan Agustus.

Moon cake dibuat dengan kulit yang disebut yueh ping, kemudian diisi sesuai selera. Yang paling umum sih buah-buahan seperti nanas, melon, atau lengkeng. Namun ada juga yang mengisi dengan cokelat campur kacang merah, pasta green tea, bahkan es krim. Kamu pernah coba? 

Baca Juga: Resep Kue Lumpur Kentang yang Lumer di Mulut, Begini Cara Membuatnya

4. Churros

7 Kue Manis Terpopuler di Dunia, Mulai dari Croissant sampai Donatchurros (instagram.com/sanchurro_au)

Lagi naik daun, apalagi kalau bukan churros! Punya bentuk memanjang, renyah, dan sangat harum, churros biasanya ditaburi dengan gula sehingga rasanya manis banget! 

Churros banyak ditemukan di Spanyol dan Amerika Latin dan biasanya dinikmati dengan secangkir kopi pahit sehingga keduanya punya rasa yang balance. Berbeda dengan Churros di Kuba yang diisi dengan selai jambu biji  dan Churros Meksiko yang isinya keju. Yummy!

5. Eclair

7 Kue Manis Terpopuler di Dunia, Mulai dari Croissant sampai Donateclair (instagram.com/mai.ng)

Eclair adalah kue yang bentuknya memanjang dengan bagian luar yang renyah, tapi punya isian yang lembut dan manis. Gak heran, banyak orang doyan dengan kue manis khas Prancis ini. 

Siap sangka, resep eclair bahkan sudah ditemukan di sebuah buku memasak dari Boston sejak tahun 1884, lho. Dan seiring berkembangnya zaman, varian Eclair makin beragam, seperti isi greentea dan krim lemon. 

6. Apple Strudel

7 Kue Manis Terpopuler di Dunia, Mulai dari Croissant sampai Donatapple strudel (instagram.com/taesbakehouse)

Apple strudel atau apfelstridel adalah makanan penutup yang terkenal di Austria, dan kini juga populer di negara lain.

Apple strudel terdiri dari lapisan adonan tipis yang diisi dengan apel. Hasilnya, kue ini punya aroma yang enak banget. Resep apple strudel tertua yang diketahui yaitu berasal dari tahun 1969 dan resep variasi lain ditemukan pada tahun 1800-an.

Kini apple strudel banyak disajikan saat hangat, ditambah satu scoop es krim vanila, krim kocok, dan saus vanila. Mantap! 

7. Egg Tart

7 Kue Manis Terpopuler di Dunia, Mulai dari Croissant sampai Donategg tart (instagram.com/izumanix)

Gak kalah terkenal dari kue manis lainnya, ada egg tart yang berasal dari Cina dan terdiri dari kulit pie yang renyah, diisi dengan custard telur yang lembut tapi sedikit keras. 

Ada yang bilang bahwa keberadaan egg tart di Cina karena pengaruh Barat, khususnya Inggris. Awalnya egg tart adalah makanan pekerja karena bentuknya yang mungil jadi mudah dibawa-bawa. Kini, variasi egg tart makin beragam dengan tambahan rasa cokelat, greentea, bahkan kerang abalone. 

Itu dia 7 kue manis terpopuler di dunia. Semua kue tadi berasal dari beragam negara, tapi karena rasanya yang enak, makin banyak dikenal dan jadi booming di mana-mana. Nah, kue mana nih yang pernah kamu coba?

Baca Juga: 9 Fakta Salteñas, Kue Unik Khas Bolivia yang Mirip Dengan Kue Pastel

Dyar Ayu Photo Verified Writer Dyar Ayu

Hai, mari kunjungi saya di instagram.com/dyarayu

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya