Comscore Tracker

Lebih Sehat, 5 Bahan Alternatif Pengganti Mentega untuk Membuat Kue

Cocok untuk yang sedang diet

Mentega adalah bahan yang sangat populer untuk membuat kue. Sayangnya, mentega terkenal tinggi akan lemak jenuhnya. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa asupan lemak jenuh yang tinggi telah dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung. Selain itu, lemak jenuh dalam mentega dapat meningkatkan kolesterol lebih banyak daripada lemak jenuh dalam produk susu lain.

Meski begitu, kamu bisa menikmati dan membuat kue tanpa perlu mentega. Ya, ada beberapa bahan yang bisa digunakan sebagai pengganti mentega dalam adonan kue yang lebih sehat. Apa sajakah bahan itu? Simak penjelasannya di bawah sini.

1. Greek yogurt

Lebih Sehat, 5 Bahan Alternatif Pengganti Mentega untuk Membuat Kueunsplash.com/Micheile Henderson

Greek yogurt adalah nutrisi berbasis susu yang sangat baik dimakan secara langsung maupun ditambahkan ke resep kue sebagai pengganti mentega. Dalam 8 ons greek yogurt, terdapat 20 gram protein, 190 kalori, dan 9 gram lemak. Akan tetapi, ada juga pilihan tanpa lemak sehingga kamu hanya mendapatkan protein.

Namun, versi susu utuh akan membuat makanan yang dipanggang paling lembut karena lemak yang ditambahkan. Ini bekerja dengan baik untuk menambah kelembapan dan struktur untuk roti dan kue.

2. Legume

Lebih Sehat, 5 Bahan Alternatif Pengganti Mentega untuk Membuat Kueunsplash.com/Milada Vigerova

Kamu pasti tidak menyangka bahwa legume bisa digunakan sebagai pengganti mentega untuk membuat kue. Selain mengurangi penggunaan lemak tidak sehat dari mentega, menambahkan legume dalam adonan kue juga menyediakan serat, protein, vitamin, dan mineral lainnya. Legume apa pun bisa digunakan, tetapi tergantung juga pada warna dan karakteristik kue yang ingin dibuat. 

Sebelum ditambahkan dalam adonan kue, legume harus diblender terlebih dahulu untuk menghasilkan bubur yang halus. Jika perlu, tambahkan sedikit agar lebih mudah diolah. Kamu juga bisa menambahkan sedikit minyak agar kue lebih berlemak.

Baca Juga: 6 Jenis Mentega yang Banyak Digunakan, Mana Favoritmu?

3. Alpukat

Lebih Sehat, 5 Bahan Alternatif Pengganti Mentega untuk Membuat Kueunsplash.com/Thought Catalog

Baik buah alpukat maupun minyak alpukat dapat digunakan sebagai pengganti mentega. Untuk menggantikan mentega, gunakan alpukat dengan rasio yang sama seperti yang kamu gunakan dengan mentega. Namun, jika kamu menggunakan minyak alpukat, gunakan 7 atau 8 cangkir minyak sebagai pengganti 1 cangkir mentega.

Nilai tambah dari alpukat adalah buah ini menawarkan alternatif vitamin dan serat yang lebih tinggi daripada mentega dengan manfaat menyehatkan jantung juga. Selain itu, alpukat memiliki rasa yang netral dan tekstur yang lembut sehingga sangat cocok untuk muffin berwarna gelap, roti cepat saji, brownies, dan kue kering. Nah, jika kamu ingin menggunakan buah alpukat sebagai pengganti mentega, pastikan kamu menghancurkannya terlebih dahulu sebelum menambahkannya ke adonan kue.

4. Selai kacang

Lebih Sehat, 5 Bahan Alternatif Pengganti Mentega untuk Membuat Kueunsplash.com/Corleto Peanut butter

Kacang mengandung protein dan lemak secara alami. Dalam 1 sendok makan kacang, terkandung 5 gram protein, 8 gram lemak, dan 96 kalori. Akan tetapi, pastikan kamu menghindari selai kacang versi lemak terhidrogenasi atau varian tinggi gula.

Selai kacang bekerja dengan baik untuk produk yang bertekstur padat, seperti kue dan bar. Selai kacang biasanya memiliki kadar lemak 50 persen, lebih rendah daripada mentega pada umumnya yang mengandung 80 persen lemak, jadi perlu tambahan lemak.

Berbagai jenis kacang bisa digunakan, tetapi kacang-kacangan seperti kacang tanah, almon, mete, dan macadamia akan menambah cita rasa khasnya yang paling cocok untuk cookies, bar, cake, brownies, muffin, dan quick bread.

5. Ghee

Lebih Sehat, 5 Bahan Alternatif Pengganti Mentega untuk Membuat Kueunsplash.com/Megumi Nachev

Ghee adalah sejenis mentega dengan rasa aromatik. Ghee hampir tidak mengandung kasein atau laktosa sehingga lebih aman bagi orang yang alergi susu atau intoleransi laktosa. Ghee bisa digunakan sebagai pengganti mentega dalam pembuatan kue dengan rasio 1:1. 

Ghee paling cocok digunakan untuk makanan yang dipanggang pada suhu tinggi dan disajikan hangat, seperti roti dan kue. Namun, karena ghee memberikan lebih banyak kelembapan daripada mentega, kamu juga perlu mengubah jumlah cairan dan tepung dalam resep jika menggunakan ghee sebagai alternatif pengganti mentega.

Mengganti mentega dalam kue sering kali dapat meningkatkan nilai gizi dan mengurangi kalori. Walaupun kadang kala mengganti mentega dengan bahan lain tidak praktis karena perlu menyesuaikan resep, mengganti mentega dengan bahan lain sangat baik untuk kamu yang ingin memulai gaya hidup sehat.

Baca Juga: Resep Tumis Dori Mentega Bawang ala Yummy App, Aromanya Bikin Ngiler

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya