Comscore Tracker

6 Tanda Makanan Beku Sudah Tak Layak Konsumsi, Sebaiknya Segera Buang

Periksa dulu sebelum dimakan

Freezer merupakan peranti yang membuat masa simpan makanan menjadi semakin lama, bahkan hingga hitungan bulan. Walaupun begitu, bukan berarti makanan bisa tetap awet selamanya. Kamu tetap perlu memperhatikan kelayakan makanan sebelum mengonsumsinya.

Ditambah, kemungkinan cara penyimpanan yang salah juga berpotensi membuat usia simpan makanan jadi tidak maksimal atau membuat rasa dan tekstur makanan jadi sangat berubah.

Karenanya, sebelum mengonsumsi makanan yang baru keluar dari freezer, ada baiknya kamu mengeceknya terlebih dahulu apakah masih layak makan atau tidak. Dirangkum dari laman The Kitchn dan Eat This Not That, jika kamu melihat tanda-tanda ini pada makanan beku, ini artinya makanan sudah tidak layak dikonsumsi dan harus segera dibuang.

1. Pada makanan berprotein sudah berubah warna

6 Tanda Makanan Beku Sudah Tak Layak Konsumsi, Sebaiknya Segera Buangunsplash.com/Kyle Mackie

Jika daging atau ikan yang mulanya berwarna merah telah berubah menjadi abu-abu kecokelatan, sebaiknya kamu segera membuang daging atau ikan beku tersebut. Sebab, perubahan warna itu menjadi tanda bahwa makanan tersebut sudah bersentuhan dengan udara dan teksturnya sudah mengalami perubahan. Secara teknis mungkin aman untuk dimakan, tapi rasanya tidak akan enak.

2. Terlalu banyak kristal es di dalam kemasan

6 Tanda Makanan Beku Sudah Tak Layak Konsumsi, Sebaiknya Segera Buangfreepik.com/freepik

Makanan yang dibekukan dengan benar aman dikonsumsi selama beberapa bulan, bahkan tahun, tetapi itu tidak menjamin rasa makanan tidak akan berubah. Kalau di dalam kemasan makanan yang kamu bekukan terdapat kristal es, ini terjadi karena molekul air di dalam makanan keluar dari makanan menuju area yang lebih dingin dari freezer.

Meskipun makanan tersebut mungkin masih aman untuk dimakan, sayangnya kondisi ini menandakan makanan tersebut kehilangan kelembapan sehingga rasa dan teksturnya tidak akan sebaik saat kamu baru pertama kali membelinya. Kondisi ini juga bisa terjadi akibat adanya fluktuasi suhu di dalam lemari es.

3. Ada bau tengik atau tidak sedap

6 Tanda Makanan Beku Sudah Tak Layak Konsumsi, Sebaiknya Segera Buangunsplash.com/Wesual Click

Kamu juga perlu menggunakan indra penciuman untuk mengetahui apakah makanan masih layak dikonsumsi atau tidak. Jadi, sebelum mengolah makanan yang baru keluar dari freezer, cium dulu makanan tersebut. Jika baunya aneh atau tengik, lebih baik segera buang.

Kadang, bau ini mungkin tidak begitu jelas sampai makanan dicairkan. Umumnya, perubahan bau pada makanan terjadi karena kondisi freezer yang kurang ideal. Walaupun mungkin tidak berbahaya, pasti rasa makanan sudah tidak akan enak. Selain itu, alangkah lebih baiknya jika kamu tidak ambil risiko dan langsung membuang saja makanan yang baunya tengik.

Baca Juga: Hati-hati, Ini 5 Dampak Negatif Konsumsi Makanan Beku bagi Kesehatan 

4. Freezer terlalu penuh

6 Tanda Makanan Beku Sudah Tak Layak Konsumsi, Sebaiknya Segera Buangunsplash.com/nrd
Mengisi freezer dengan banyak makanan hingga terlalu penuh tidaklah ideal. Ini membuat perangkat tidak bisa membekukan makanan dengan benar. Freezer yang terlalu penuh tidak memungkinkan sirkulasi udara yang baik. Tidak ada sirkulasi udara berarti meminimalkan daya pendinginan dan pembekuan freezer. Karena mekanisme pendinginannya tidak efisien, makanan tidak akan begitu awet.

5. Warna sayuran menjadi kusam

6 Tanda Makanan Beku Sudah Tak Layak Konsumsi, Sebaiknya Segera Buangunsplash.com/Louis Hansel

Menyimpan brokoli dalam freezer terlalu lama akan membuat bagian luarnya yang berwarna hijau cerah akan hilang. Sama dengan makanan lainnya, jika warnanya tidak secerah sebelumnya, biasanya ini menjadi tanda bahwa makanan tersebut mengering karena kemasan yang tidak tepat atau disimpan terlalu lama.

6. Ada bekas tumpahan di bawah freezer

6 Tanda Makanan Beku Sudah Tak Layak Konsumsi, Sebaiknya Segera Buangfreepik.com/drobotdean
Jika kamu melihat ada gumpalan di bagian bawah freezer, terutama cairan daging yang tampak merah muda, itu pertanda buruk. Kondisi ini bisa disebabkan freezer menghangat dan menyebabkan sesuatu mencair atau cairan yang menetes sebelum item membeku. Apa pun sebabnya, cairan ini telah mencemari item apa pun yang bersentuhan dengan jus.
 
Selain membuang makanan yang sudah terkontaminasi, kamu juga perlu segera mengeluarkan isian freezer dan membersihkannya.
 
Demikianlah beberapa ciri makanan beku yang sebaiknya tidak dimakan. Agar makanan bertahan lebih lama dan tetap sedap, pastikan kamu selalu langsung membekukan makanan dan membekukannya dengan tepat.

Baca Juga: Makanan Beku yang Diimpor dari Brasil Positif Terpapar COVID-19

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya