Comscore Tracker

Kerap Dianggap Merusak Gigi, Ini 7 Manfaat Mengunyah Permen Karet

Banyak yang salah sangka nih!

Tentunya, kamu sering mendengar bahwa permen karet dapat merusak gigi. Namun, sebenarnya permen satu ini nggak sejahat itu lho. Sebab, ternyata permen karet memiliki dampak baik yang jarang disadari.

Supaya kamu tahu dan nggak keliru lagi, berikut tujuh daftar manfaat permen karet. Nah, apa saja?

1. Menjaga kesehatan gigi

Kerap Dianggap Merusak Gigi, Ini 7 Manfaat Mengunyah Permen Karetlocusdentalcare.com

Untuk mendapatkan gigi bersinar, baiknya kamu mengkonsumsi permen karet tanpa gula selama 20 menit setelah makan. Dengan tujuan agar mulutmu memproduksi air liur untuk membersihkan sisa makanan penyebab gigi berlubang, plak, hingga radang gusi.

Selain itu, permen karet mengandung fosfat dan kalsium sehingga akan memperkuat enamel gigi. Tapi, jika rahangmu mengalami masalah baiknya kamu gunakan cara lain atau tahan sakitnya ya.

2. Mencegah stres

Kerap Dianggap Merusak Gigi, Ini 7 Manfaat Mengunyah Permen Karetfemina.se

Kok bisa ya permen karet meredakan stres? Sebab, permen karet sendiri mampu untuk mengurangi hormon kortisol, yang tak lain adalah hormon pemicu stres. Nah, kamu juga bisa mencoba mengkonsumsi permen satu ini saat merasa gugup ataupun cemas.

Hal demikian diperkuat dengan bukti studi pada 2009 silam bahwa mengunyah permen karet sebanyak 2 kali sehari selama seminggu mampu untuk meredakan beberapa penyakit mental, menurut laman Select Health

3. Meningkatkan daya ingat

Kerap Dianggap Merusak Gigi, Ini 7 Manfaat Mengunyah Permen Karetinternships.com

Saat kamu mengunyah permen karet, maka aliran darah ke otakmu akan meningkat hingga 25 persen sampai 40 persen. Dengan begitu, oksigen dalam juga otak juga akan meningkat sehingga menjaga daya ingat.

Namun, konsumsilah dengan wajar. Sebab, dilansir dari Life Hack, terlalu banyak mengunyah permen karet akan mengganggu ingatan jangka pendek. 

Baca Juga: 5 Bahaya yang Bisa Mengintai Dibalik Manisnya Permen Karet

4. Melancarkan pencernaan

Kerap Dianggap Merusak Gigi, Ini 7 Manfaat Mengunyah Permen Karetfi.starsinsider.com

Meskipun tidak secara langsung melancarkan pencernaan, tetapi permen karet membantu memproduksi air liur. Nah, air liur itulah yang akan membantu pencernaanmu agar lancar.

Dengan cara, air liur akan mendorong makananmu agar mudah ditelan dan dicerna. Selain itu, hal ini juga akan melancarkan aliran empedu, asam, serta enzim.

5. Menjaga berat badan

Kerap Dianggap Merusak Gigi, Ini 7 Manfaat Mengunyah Permen Karetdreamzworld.nl

Cocok dijadikan camilan buat kamu yang lagi diet nih. Meskipun nggak secara langsung akan melunturkan lemakmu, dengan mengkonsumsi permen karet nafsu makanmu akan lebih terkendali, bahkan bisa mengurangi konsumsi hingga 36 kalori. Maka, secara nggak langsung ini akan menjaga berat badanmu.

Hal ini diperkuat dengan adanya penelitian di Louisiana State University. Penelitian tersebut menunjukan bahwa sesorang yang mengkonsumsi permen karet setelah makan siang mampu menurunkan nafsu makan berlebih di hari berikutnya.

6. Meredakan kecanduan

Kerap Dianggap Merusak Gigi, Ini 7 Manfaat Mengunyah Permen Karetcarriagetownenews.com

Bagaimana permen karet bisa mengurangi kecanduan? Saat kamu mengunyah permen karet, secara nggak langsung perhatianmu akan teralihkan. Misalkan saja kamu ingin merokok tapi sedang berusaha untuk berhenti.

Cobalah ambil permen satu ini, maka mulutmu akan sibuk mengunyah dan secara perlahan kamu akan melupakan rokokmu. Oh ya, hal ini juga berpengaruh saat kamu mengidam makanan namun sedang sulit ditemukan.

7. Meredakan earworms

Kerap Dianggap Merusak Gigi, Ini 7 Manfaat Mengunyah Permen Karetmedicalxpress.com

Pernahkan kamu setelah mendengarkan lagu lalu terngiang-ngiang di kepala? Maka, itu berarti kamu sedang menderita earworms.

Hal ini memang sangat mengganggu. Tapi, coba ambil dan kunyah permen karet untuk meredakanya. Sebab, hasil penelitian di University of Reading, menunjukan bahwa permen karet mampu untuk mengatasi earworms. 

Itulah 7 manfaat mengunyah permen karet. Untuk menjaga kesehatan, maka pilihlah permen karet bebas gula atau gunakan pemanis alami, ya. Selamat mencoba!

Download aplikasi resep Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi resep masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: Dari Pencernaan hingga Memori, Ini 6 Manfaat Kunyah Permen Karet

Garnis Sukma Photo Verified Writer Garnis Sukma

Hello there!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya