Comscore Tracker

Ada Tahu Berontak, Ini 5 Gorengan Khas Banyumas yang Wajib Dicoba

Yakin gak mau coba? #LokalIDN

Kota Banyumas terkenal ramai dengan tempat-tempat wisata liburan yang seru karena punya suasana alam yang luar biasa indahnya. Tapi, semua itu pasti gak akan lengkap kalau gak bisa menikmati kuliner aslinya. Contohnya seperti kuliner gorengan.

Di Banyumas terdapat kuliner gorengan yang unik dan rasanya enak-enak banget, lho. Gak percaya dengan rasanya? Simak artikel di bawah ini yang membahas tentang jajanan gorengan khas Banyumas yang paling direkomendasikan.

1. Gembus

Ada Tahu Berontak, Ini 5 Gorengan Khas Banyumas yang Wajib DicobaGembus (Instagram.com/cilacap_today)

Gembus merupakan gorengan yang terbuat dari bahan singkong. Singkong dihaluskan dengan cara ditumbuk, lalu dibentuk bulat-bulat seperti donat dan digoreng sampai berwarna putih kekuningan. Jadilah hidangan gorengan gembus khas Banyumas yang nikmat banget.

Gembus memiliki rasa yang gurih serta tekstur yang empuk ketika panas tapi akan kenyal ketika sudah dingin. Dan gembus akan lebih nikmat lagi jika disantap bersama bumbu pecel.

2. Tempe dages

Ada Tahu Berontak, Ini 5 Gorengan Khas Banyumas yang Wajib DicobaDages goreng (Instagram.com/_jengrin)

Mungkin gak banyak orang yang tahu apa itu tempe dages.

Tempe dages adalah gorengan khas Banyumas yang terbuat dari bahan bekas ampas pembuatan tahu, lalu diolah menjadi gorengan istimewa namun warnanya yang hitam keputihan membuat dilihatnya tidak selera buat dimakan.

Tapi kalau rasanya, jangan ditanya lagi karena enak banget dan sangat berbanding terbalik dengan apa yang kamu. Rasanya gurih bikin nagih serta teksturnya pun kering renyah.

Baca Juga: 7 Camilan Enak Khas Banyumas, Gak Hanya Tempe Mendoan

3. Tahu berontak

Ada Tahu Berontak, Ini 5 Gorengan Khas Banyumas yang Wajib DicobaTahu berontak (Instagram.com/resepdapurbundaku)

Gorengan khas Banyumas selanjutnya yaitu tahu berontak. Gorengan ini sangat populer karena punya cita rasa yang bikin nagih dan memiliki isi yang dipenuhi berbagai macam sayuran.

Gorengan tahu berontak ini nikmat banget dengan isinya yang lengkap dan penuh. Terkadang juga diisi dengan potongan daging maupun bihun yang menggoda selera. Apalagi jika tahu berontak disajikan dalam keadaan renyah yang pasti bikin kamu mau nambah lagi.

4. Gethuk goreng

Ada Tahu Berontak, Ini 5 Gorengan Khas Banyumas yang Wajib DicobaGethuk goreng (Instagram.com/nitip.solo)

Selanjutnya giliran gorengan yang manis-manis yaitu gethuk goreng. Gethuk merupakan gorengan yang terbuat dari singkong yang diolah bersama gula merah atau menggunakan bahan varian rasa manis lainnya seperti durian.

Gethuk goreng memang merupakan gorengan yang rasanya dominan manis dan sangat cocok bagi pencinta makanan legit dan manis.

5. Tempe mendoan

Ada Tahu Berontak, Ini 5 Gorengan Khas Banyumas yang Wajib DicobaTempe mendoan (Instagram.com/imahbabaturan)

Tempe mendoan merupakan gorengan tempe andalan kota Banyumas.

Yang membuat berbeda dari gorengan tempe lainnya ialah menggunakan tempe yang lebih tipis yaitu tempe khusus untuk mendoan. Kemudian, tempe dibalut dengan adonan tepung basah bersama bumbu rempah yang telah dicampurkan, lalu digoreng dalam minyak panas sampai berwarna kuning keemasan.

Tempe mendoan akan menghasilkan tekstur lebih basah dibanding gorengan tempe lain yang cenderung garing krispi. Apalagi rasanya bakalan enak banget jika bersama cocolan kecap cabai rawit.

Itulah lima rekomendasi menu gorengan khas Banyumas yang wajib dicoba. Dan biar gak makin penasaran, kamu bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah dengan resep yang bisa kamu temukan secara online.

Baca Juga: 5 Gorengan Tradisional Khas Jawa Tengah, Nikmatnya Sederhana

Gebialya R. Photo Verified Writer Gebialya R.

Learn and learn

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya