Comscore Tracker

7 Hidangan Ikan Mentah di Berbagai Negara, Ada yang dari Indonesia!

Pernah coba salah satunya? 

Ikan merupakan salah satu bahan utama yang populer dan banyak dikonsumsi oleh masyarakat di seluruh dunia. Selain dihidangkan matang dengan digoreng atau dibakar, ikan segar biasanya disajikan secara mentah untuk dikonsumsi.

Mulai dari belahan bumi Eropa hingga daratan Asia, semuanya memiliki cara tersendiri dalam mengolah hidangan ikan mentah ini. Berikut tujuh olahan ikan mentah dari berbagai negara di dunia.

1. Ceviche (Peru)

7 Hidangan Ikan Mentah di Berbagai Negara, Ada yang dari Indonesia!ilustrasi ceviche (pixabay.com/users/maksampaio0-891441)

Ceviche adalah hidangan khas Peru yang biasanya disajikan sebagai makanan pembuka. Ceviche secara umum terbuat dari campuran udang dan ikan mentah. Kemudian diguyur perasan lemon serta diberi topping daun ketumbar dan irisan cabai.

2. Gohu (Indonesia)

7 Hidangan Ikan Mentah di Berbagai Negara, Ada yang dari Indonesia!ilustrasi gohu (youtube.com/MasakTV)

Berikutnya ada olahan ikan mentah asal Indonesia, gohu. Gohu merupakan hidangan asli khas Kota Ternate yang terbuat dari ikan tuna yang dimasak menggunakan perasan air jeruk serta sedikit minyak.

Rasanya yang asam gurih dengan tekstur ikan setengah matang yang lembut dijamin bisa buat kamu ketagihan saat mencobanya.

3. Sashimi (Jepang)

7 Hidangan Ikan Mentah di Berbagai Negara, Ada yang dari Indonesia!ilustrasi sashimi (unsplash.com/@sarahleejs)

Sashimi merupakan makanan khas Jepang yang sudah cukup populer di seluruh dunia. Sashimi terbuat dari potongan ikan segar yang kemudian dihidangkan bersama wasabi serta kecap asin Jepang.

Di negara aslinya, olahan sashimi biasanya dibuat oleh seorang master yang telah belajar cara membuat sushi dan sashimi dengan waktu yang lama.

Baca Juga: Resep Patin Woku, Olahan Ikan dengan Rasa Pedas dan Aroma Memikat

4. Poke (Hawaii)

7 Hidangan Ikan Mentah di Berbagai Negara, Ada yang dari Indonesia!ilustrasi poke (unsplash.com/@phanhfank)

Selanjutnya ada hidangan poke yang merupakan makanan khas dari Hawaii. Poke dibuat dari ikan segar yang dipotong dadu dan kemudian dicampur dengan bawang bombai dan kecap asin. Hidangan ini biasanya disuguhkan sebagai makanan pembuka atau main course pendamping nasi.

5. Fish tartare (Prancis)

7 Hidangan Ikan Mentah di Berbagai Negara, Ada yang dari Indonesia!ilustrasi fish tartare (unsplash.com/@ferhadd)

Tartare merupakan olahan khas Prancis yang pada mulanya terbuat dari daging sapi mentah yang dicampur bumbu-bumbu. Hidangan ini biasanya disajikan dengan bentuk setengah tabung yang kemudian diberi topping kuning telur mentah dan irisan daun bawang.

Pada masa modern, olahan tartare mulai divariasikan dengan beragam bahan, terutama ikan mentah dan biasanya dapat ditemukan di restoran-restoran mewah.

6. Kinilaw (Filipina)

7 Hidangan Ikan Mentah di Berbagai Negara, Ada yang dari Indonesia!sajian kinilaw dari filipina (pexels.com/@emmanuel-esperanzate-55237717)

Kinilaw adalah hidangan ikan mentah asal Filipina yang biasanya dinikmati sebagai makanan pendamping saat minum alkohol. Kinilaw terbuat dari ikan mentah yang dipotong tipis dan kemudian diguyur dengan cuka serta air perasan jeruk nipis.

7. Yusheng (China)

7 Hidangan Ikan Mentah di Berbagai Negara, Ada yang dari Indonesia!ilustrasi menikmati yusheng (unsplash.com/@galen_crout)

Terakhir ada yusheng yang berasal dari daratan China. Yusheng dibuat dari campuran ikan salmon mentah dan sayuran yang kemudian diguyur minyak wijen serta lada putih. Hidangan yusheng dipercaya oleh masyarakat China sebagai hidangan pembawa rejeki dan biasanya dikonsumsi beramai-ramai.

Nah, itulah ketujuh hidangan dengan bahan baku ikan mentah dari seluruh dunia. Cukup menarik dan unik, ya? Kalau ada kesempatan, kamu pengin coba yang mana dulu, nih?

Baca Juga: 8 Macam Sarapan Khas Hawaii yang Bikin Ngiler, Cobain Deh!

Gusti Andrean Surya Pratama Photo Verified Writer Gusti Andrean Surya Pratama

Tumbuh, tumbuh, terus bertumbuh.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya