Comscore Tracker

Biar Gak Mabuk Saat Mudik, 5 Bahan Makanan Ini Bisa Kurangi Mual

#MasakItuGampang Wajib dibawa ya!

Sejak seminggu menjelang Lebaran, musim mudik sudah mulai menjangkiti hampir sebagian besar masyarakat di tanah air. Topik mudik menjadi pemberitaan hangat di berbagai media, baik cetak maupun elektronik.

Berbagai kisah unik mengenai perjalanan mudik pun terjadi di berbagai penjuru nusantara dengan kekhasannya masing-masing. Arus mudik dari kota ke desa sudah tidak lagi terbendung arusnya, dan akan mencapai puncaknya ketika malam takbir tiba. Bagi seorang pemudik yang memiliki kampung halaman, acara mudik merupakan sebuah kegiatan wajib yang tidak boleh terlewatkan.

Namun, ketika melakukan perjalanan panjang menuju kampung halaman, ada orang-orang tertentu yang akan mengalami mabuk perjalanan meski sudah terbiasa melakukan mudik tahunan.

Tapi jangan khawatir, ini 5 bahan makanan yang dipercaya bisa mengurangi rasa mual karena mabuk perjalanan saat melakukan mudik. Persiapkan dan pastikan kamu tidak mabuk lagi sehingga perjalanan mudik bisa berjalan tanpa kendala.

1. Jeruk

Biar Gak Mabuk Saat Mudik, 5 Bahan Makanan Ini Bisa Kurangi Mualpixabay.com/pixel2013

Gak usah khawatir jika kamu mabuk selama perjalanan mudik, gengs. Cukup sediakan jeruk secukupnya dan kamu bisa langsung konsumsi ketika rasa mual sudah terasa mengganggu. Rasa segar dari buah jeruk yang akan membuat mulut terasa segar juga dipercaya bisa menghilangkan rasa eneg dan mual yang mengakibatkan mabuk perjalanan. Perjalanan mudik pun bisa berjalan lancar tanpa terganggu dengan rasa mual yang menyerang.

2. Madu

Biar Gak Mabuk Saat Mudik, 5 Bahan Makanan Ini Bisa Kurangi Mualpixabay.com/PollyDot

Selain untuk meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh serta menetralisir racun, madu pun bisa menjadi penolong saat rasa mual terasa. Rasa mual sebagai penyebab utama mabuk perjalanan bisa diatasi dengan mengonsumsi madu secukupnya. Bisa dikonsumsi langsung atau menjadi campuran bahan makanan atau minuman lain.

3. Jahe

Biar Gak Mabuk Saat Mudik, 5 Bahan Makanan Ini Bisa Kurangi Mualpixabay.com/congerdesign

Jika kamu tidak suka mengonsumsi obat anti mabuk sementara kamu adalah orang yang mudah mengalami mabuk perjalanan, maka mengonsumsi air jahe sebelum perjalanan bisa menjadi solusi utama. Jahe yang membuat tubuh dan mulut terasa hangat akan membuat rasa mual menjadi berkurang bahkan bisa hilang sama sekali.

4. Pisang

Biar Gak Mabuk Saat Mudik, 5 Bahan Makanan Ini Bisa Kurangi Mualpixabay.com/TheDigitalArtist

Saat rasa mual melanda ketika sedang melakukan perjalanan mudik, tak ada salahnya mengonsumsi pisang. Kandungan kalium dan protein yang ada dalam buah pisang bisa membuat tubuh terasa bugar dan mengembalikan cairan yang hilang dalam tubuh akibat terlalu lama berada dalam perjalanan.

5. Air kelapa

Biar Gak Mabuk Saat Mudik, 5 Bahan Makanan Ini Bisa Kurangi Mualpixabay.com/Gadini

Selain sebagai minuman menyegarkan untuk buka puasa, air kelapa pun bisa dimanfaatkan untuk meredakkan rasa mual yang menyerang. Air kelapa yang berfungsi untuk menetralisir racun bisa membuat tubuh terasa nyaman sehingga mabuk perjalanan pun tidak akan terjadi. Jadi, mengonsumsi air kelapa sebelum berangkat mudik tentu saja sangat dianjurkan terutama bagi orang yang sering mengalami mabuk perjalanan.

Bagi para pemudik, semoga perjalanannya bisa lebih lancar tanpa kendala dan selamat sampai tujuan.

Line Ads

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You

I Want More !