Comscore Tracker

5 Durian Termahal di Dunia, Harganya Bikin Bengong

Siap-siap kantong terkuras 

Bagi penyuka durian, buah ini menjadi salah satu kenikmatan hidup di dunia. Rasa buah yang satu ini memang lezat dan menggoda selera. Teksturnya lembut dan legit serta rasanya cenderung manis dengan sedikit jejak pahit, tak berlebihan jika banyak orang menyukainya.

Raja buah tersebut memiliki harga yang beragam di dunia, tergantung kualitas dan jenisnya. Berikut deretan durian termahal di dunia yang harganya cukup fantastis.

1. Durian Bawor 

5 Durian Termahal di Dunia, Harganya Bikin Bengongdurian bawor (instagram.com/durian_time)

Durian asli Indonesia asal Banyumas, Jawa Tengah, ini merupakan salah satu varian durian berkualitas terbaik di Indonesia. Ukuran durian bawor cukup besar, beratnya bisa mencapai 6--9 kg per buah. Keistimewaan yang lain adalah daging buah durian bawor sangat tebal dengan biji yang kecil. Teksturnya padat dan legit.

Rasanya merupakan penyempurnaan dari durian Monthong, cenderung manis dan sedikit pahit. Dengan kualitas yang tinggi ini, durian bawor menjadi durian yang kerap diburu di Indonesia. Selain enak, harganya pun lumayan mahal. Satu buahnya dengan berat 10 kg bisa dihargai Rp1 juta.

2. Durian Khantarak 

5 Durian Termahal di Dunia, Harganya Bikin Bengongdurian thailand (instagram.com/durianwriter)

Selain terkenal dengan durian monthongnya, Thailand yang merupakan surganya durian memiliki durian jenis khantarak yang laku terjual dengan harga fantastis, yaitu mencapai Rp66 juta.

Buah dengan cita rasa manis dan legit ini laku terjual pada sebuah lelang di Provinsi Si Sa Ket dengan harga 150.000 baht atau setara dengan Rp66 juta pada tahun 2019. Durian yang memiliki sebutan lain durian vulkanik ini tidak memiliki aroma yang terlalu menyengat seperti durian pada umumnya.

Baca Juga: 5 Spot Makan Serba Durian di Yogyakarta, Lokal hingga Musang King! 

3. Musang King 

5 Durian Termahal di Dunia, Harganya Bikin BengongMusang King (instagram.com/masak2dengannick)

Durian musang king atau durian mao shan wang merupakan salah satu jenis durian yang terkenal di Malaysia. Tidak hanya daging duriannya saja yang sangat lembut dan legit, rasanya juga memiliki kombinasi pahit dan manis yang tidak biasa.

Dengan keunikan rasanya itu, gak heran banyak orang menyukai durian yang memiliki warna kuning pekat ini. Harga durian yang sempat populer di Singapura ini terbilang fantastis. Harga per kilogramnya dipatok Rp200.000. Bahkan, ada yang mencapai Rp2,6 juta per kilogramnya. Gak salah jika durian Musang King menjadi salah satu durian termahal di dunia.

4. J-Queen 

5 Durian Termahal di Dunia, Harganya Bikin BengongJ-Queen durian (instagram.com/bibitdurianunggulkaki4)

J-Queen adalah durian hibrida yang dibiakkan dari beberapa varietas unggul oleh seorang mahasiswi psikologi bernama Aka dari Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta. Ukuran durian ini cukup besar dengan warna kuning keemasan. Cita rasanya unik, seperti perpaduan kacang dan mentega yang gurih.

Durian J-Queen bisa ditemui di pusat perbelanjaan Plaza Asia kota Tasikmalaya, Jawa Barat. Melansir Coconuts, harga Durian J-Queen mencapai Rp14 juta per buahnya. Meski harganya selangit, durian yang satu ini sangat dicari dan bernilai tinggi. Hal ini disebabkan pohonnya langka, hanya bisa berbuah tiga tahun sekali.

5. Kan Yao 

5 Durian Termahal di Dunia, Harganya Bikin BengongKan Yao durian (instagram.com/williamwongso)

Yang menjadi raja dari semua durian adalah durian kan yao. Durian termahal ini berasal dari Provinsi Nonthaburi di Thailand yang telah menjadi pusat pertanian durian selama lebih dari 300 tahun lamanya. Tak tanggung-tanggung, durian kan yao mencetak rekor di Guinnes World Records dengan harga yang fantastis.

Satu buah durian kan yao dihargai USD47.990 atau sekitar Rp676 juta pada festival durian 2019 silam. Apa istimewanya durian ini? Daging buahnya halus, teksturnya lembut ketika digigit dan rasanya manis dengan aroma yang lembut.

Kelihatan menggiurkan bukan duriannya? Kamu, para pencinta durian, sudah mencicipi durian yang mana saja, nih?

Baca Juga: Resep Membuat Pancake Durian Medan, Nikmat dan Cocok untuk Usaha!

Malika Nabilla Larasati Photo Verified Writer Malika Nabilla Larasati

Senang dengan berita unik dan menarik? Jadilah penulis!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya