Comscore Tracker

7 Camilan Sehat Terbaik sebelum Tidur, Tidak Bikin Gemuk! 

Perut kenyang, tidur pun nyenyak!

Siapa nih yang sering merasa kelaparan sebelum tidur? Rasanya perut minta diisi, tapi kamunya takut gemuk.

Makan berat sebelum tidur memang jadi salah satu biang bertambahnya berat badan. Namun sebenarnya ini bisa diatasi. Jumlah dan pemilihan makanan yang jadi santapan adalah kuncinya. Kalau kamu memilih makanan sehat rendah kalori dan disantap secukupnya, kamu gak perlu khawatir jadi gemuk.

Lalu, apa saja camilan sehat terbaik yang pas disantap untuk mengatasi rasa lapar sebelum tidur? Dilansir dari laman Healthline dan Very Well Fit, tujuh makanan berikut bisa jadi pilihanmu!

1. Oatmeal

7 Camilan Sehat Terbaik sebelum Tidur, Tidak Bikin Gemuk! Freepik/timolina

Gak cuma jadi sarapan, oatmeal juga pas jadi santapan sebelum tidur.

Oatmeal kaya akan serat yang bikin kamu kenyang. Selain itu, oats juga merupakan sumber alami melatonin yang bikin kamu gampang tidur dan beta-glucan yang dapat menjaga kadar kolesterolmu tetap normal. Tambahkan topping sehat seperti kacang atau buah-buahan supaya makin menggoda.

2. Buah-buahan beri

7 Camilan Sehat Terbaik sebelum Tidur, Tidak Bikin Gemuk! Freepik/freepik

Kalau kamu ingin makan yang manis-manis, kamu bisa coba makan buah-buahan beri. Buah-buahan mungil ini gak cuma kaya serat, tapi juga kaya antioksidan dan magnesium yang bikin kamu rileks supaya tidurmu jadi nyenyak.

Ada banyak jenis beri yang bisa kamu pilih, mulai dari blueberry, blackberry, cranberry, raspberry, sampai stroberi. Rasanya gak akan membosankan, deh!

3. Buah-buahan segar

7 Camilan Sehat Terbaik sebelum Tidur, Tidak Bikin Gemuk! Freepik/freepik

Buah-buahan jadi pilihan camilan yang paling gampang dan sehat, nih. Tinggal dicuci bersih dan dipotong ke ukuran yang mudah dimakan. Kamu bisa pilih pisang dan stroberi yang jadi sumber alami melatonin, atau kiwi yang bisa meningkatkan serotonin dan bikin kamu gampang tidur.

Apapun buahnya, mereka jadi pilihan sehat karena kaya vitamin dan mineral, serat, dan rendah lemak. 

Baca Juga: Resep Salad Tahu ala Yummy, Camilan Enak, Sehat, dan Gak Bikin Gemuk!

4. Kacang-kacangan dan biji-bijian

7 Camilan Sehat Terbaik sebelum Tidur, Tidak Bikin Gemuk! Freepik/8photo

Kacang-kacangan seperti kacang pistachio, almond, kenari (walnut), edamame, hingga pecan bisa jadi pilihan camilan aman nan sehatmu sebelum tidur. Mereka kaya akan lemak sehat dan serat yang bikin kamu kenyang tanpa bikin gemuk.

Biji-bijian seperti biji bunga matahari dan biji labu juga bisa jadi pilihan. Mereka mengandung nutrisi yang bisa bantu kamu tidur pulas nanti malam.

5. Berondong jagung

7 Camilan Sehat Terbaik sebelum Tidur, Tidak Bikin Gemuk! Freepik/topntp26

Siapa nih yang mengira kalau popcorn atau berondong jagung gak menyehatkan dan gak bikin kenyang? Biarpun mungil, berondong jagung bisa bantu kamu merasa kenyang tanpa bikin gemuk, lho. Mereka kaya serat dan rendah kalori, terkecuali kalau memiliki tambahan banyak gula, garam, atau butter.

Popcorn juga termasuk whole grain food yang kaya vitamin dan mineral menyehatkan, seperti vitamin B, magnesium, mangan, hingga zat besi.

6. Yogurt

7 Camilan Sehat Terbaik sebelum Tidur, Tidak Bikin Gemuk! Freepik/topntp26

Yogurt, terutama yogurt Yunani, bisa jadi pilihan selanjutnya, nih.

Yogurt kaya akan protein dan kalsium yang masing-masing bisa bantu kamu tidur lebih nyenyak dan gak kelaparan semalaman. Kamu bisa menikmatinya secara langsung atau tambahkan topping sehat seperti buah, kacang, atau beri-berian. Jangan lupa untuk memilih yogurt yang minim tambahan gula dan rasa-rasa, ya! 

7. Sayuran

7 Camilan Sehat Terbaik sebelum Tidur, Tidak Bikin Gemuk! Freepik/8photo

Sayuran akan selalu jadi pilihan paling menyehatkan di situasi apapun, termasuk saat lapar menjelang tidur. Mereka rendah kalori, juga kaya vitamin dan mineral penting. Pilih sayuran sesuai mood-mu, deh.

Sayuran seperti wortel, timun, brokoli, dan seledri bisa jadi camilan renyah. Supaya gak membosankan, bisa kamu cocolkan ke yogurt atau campurkan semuanya jadi salad.

Nah, setelah tahu pilihan sehatnya, sekarang kamu gak perlu bingung lagi deh kalau mendadak lapar di tengah malam. Gak perlu takut gemuk juga. Stay healthy, ya!

Baca Juga: 10 Camilan Rendah Kalori yang Cocok untuk Diet, Mau Cicipi?

Ina Suraga Photo Verified Writer Ina Suraga

I love writing about various things, from health to personal development stuff, but animals surely have soft spot in my heart. Business inquiries: suraga.ina@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya