Comscore Tracker

Bagus untuk Ibu Hamil dan Menyusui, Ini 7 Makanan Lezat Kaya Biotin  

Mulai dari makanan nabati sampai hewani 

Biotin merupakan salah satu bentuk vitamin B yang didapat dari makanan. Vitamin ini juga kerap disebut sebagai vitamin H. Sebagai salah satu vitamin larut air, biotin langsung diserap oleh tubuh dan tidak dapat disimpan. Oleh karena itu, kekurangan biotin mudah terjadi dan penting bagimu untuk mengonsumsi makanan mengandung vitamin larut air ini.

Mengutip Medical News Today, biotin berperan penting dalam mengubah makan menjadi energi. Biotin juga bermanfaat bagi ibu hamil dan menyusui,  penderita diabetes untuk mengurangi kadar gula, penderita autoimun multiple sclerosis untuk pengobatan, dan siapa pun untuk menjaga kesehatan kulit, kuku, dan rambut. Biotin ternyata mudah ditemukan pada makanan sehari-hari, lho. Tujuh makanan lezat di bawah ini merupakan sumber biotin yang baik untuk kamu konsumsi.

1. Hati

Bagus untuk Ibu Hamil dan Menyusui, Ini 7 Makanan Lezat Kaya Biotin  freepik.com/timolina

Menurut Healthline, hati ayam maupun sapi tinggi akan kandungan biotin. Tiap 75 gram hati sapi matang mengandung 31 mcg (microgram) biotin. Sementara, 75 gram hati ayam matang bisa mengandung hingga 138 mcg biotin.

Selain biotin, hati juga sumber zat besi yang baik, tutur Medical News Today. Tidak hanya bagian hati saja, daging ayam maupun sapi juga mengandung biotin biarpun jumlahnya jauh lebih sedikit. 

2. Ragi

Bagus untuk Ibu Hamil dan Menyusui, Ini 7 Makanan Lezat Kaya Biotin  freepik.com/master1305

Ragi yang kerap digunakan untuk membuat berbagai macam makanan, seperti kue dan roti, ternyata juga mengandung biotin. Baik ragi yang berjenis kering aktif untuk membuat roti mengembang maupun yang tidak aktif sama-sama mengandung biotin.

Healthline menyebutkan kalau ragi tidak aktif mengandung lebih banyak biotin dengan jumlah sebanyak 21 mcg per 16 gramnya.

3. Kuning telur

Bagus untuk Ibu Hamil dan Menyusui, Ini 7 Makanan Lezat Kaya Biotin  freepik.com/timolina

Kuning telur merupakan sumber dari banyak nutrisi penting, mulai dari beberapa vitamin B seperti biotin, protein, zat besi, dan fosfor. National Institutes of Health (NIH) menyarankan untuk mengonsumsi telur dalam keadaan matang.

Protein avidin pada putih telur mentah dapat mencegah penyerapan biotin pada sistem pencernaan. Selain menambah asupan biotin, mengonsumsi telur matang juga menghindari risiko penyakit akibat bakteri berbahaya.

Baca Juga: 5 Bahan Pewarna Merah Alami untuk Makanan, Gampang dan Lebih Sehat!

4. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Bagus untuk Ibu Hamil dan Menyusui, Ini 7 Makanan Lezat Kaya Biotin  freepik.com/freepik

Berbagai macam kacang-kacangan dan biji-bijian mengandung biotin dengan jumlah yang bervariasi. Menurut Medical News Today, kamu bisa memilih kacang almon, kacang tanah, walnut, kacang pecan, dan biji bunga matahari untuk mendapatkan asupan biotin.

Selain biotin, kacang-kacangan dan biji-bijian juga termasuk sumber serat, lemak tak jenuh, dan protein yang bagus bagi kesehatan. Mereka juga mudah dinikmati, antara ditambahkan ke dalam masakan atau tinggal dijadikan camilan di waktu senggang. 

5. Ubi jalar

Bagus untuk Ibu Hamil dan Menyusui, Ini 7 Makanan Lezat Kaya Biotin  freepik.com/stockking

The Healthy menyarankan ubi jalar sebagai makanan untuk memenuhi asupan biotin. Menurut NIH, sekitar 2,4 mcg biotin bisa kamu dapatkan dari 64 gram ubi jalar. Kandungan biotin, beta-karoten, serat sehat, dan nutrisi penting lainnya pada ubi jalar bisa menjaga kesehatan kulit, kuku, dan rambut untuk tetap kuat. 

6.  Alpukat

Bagus untuk Ibu Hamil dan Menyusui, Ini 7 Makanan Lezat Kaya Biotin  freepik.com/dashu83

Buah alpukat mengandung biotin dan merupakan sumber folat serta lemak tak jenuh yang baik bagi tubuh. Menurut Medical News Today, alpukat juga kaya vitamin E yang bagus untuk kesehatan kulit.

Selain sehat dan enak, alpukat juga mudah sekali diolah menjadi berbagai macam makanan maupun minuman. Alpukat bisa dijadikan campuran salad, roti panggang, dan burrito.

7. Brokoli

Bagus untuk Ibu Hamil dan Menyusui, Ini 7 Makanan Lezat Kaya Biotin  freepik.com/8photo

Sebagai salah satu sayuran paling bernutrisi, brokoli juga mengandung biotin. Mengutip Healthline, tiap 45 gram potongan brokoli memiliki 0,4 mcg biotin. Brokoli juga kaya serat, kalsium, vitamin A, dan C yang bagus bagi kesehatan. Sayuran ini bisa diolah ke dalam masakan osengan dan sup atau cukup dikukus dan dipanggang. 

Mengonsumsi makanan-makanan sehat untuk menambah asupan biotin lebih disarankan daripada mengonsumsi suplemen. Hal ini untuk menjaga keseimbangan tingkat mineral penting dalam tubuh supaya kesehatan tetap terjaga. Jadi, yuk, ubah variasi menu makananmu supaya kebutuhan asupan mineral tertentu bisa terpenuhi!

Baca Juga: Agar Rambut Sehat, Ini 5 Makanan Enak untuk Tambah Produksi Keratin 

Ina Suraga Photo Verified Writer Ina Suraga

I love writing about various things, from health to personal development stuff, but animals surely have soft spot in my heart. Business inquiries: suraga.ina@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya