Comscore Tracker

5 Kreasi Salad Kentang Menggugah Selera, Biar Makan Tambah Semangat!

Yuk, coba masak salah satu hidangan lezat ini

Kentang menjadi salah satu sayuran yang paling sering diolah, entah itu untuk camilan ataupun hidangan utama. Kreasi yang tidak bisa dijauhkan dari bahan baku kaya karbohidrat ini adalah salad.

Sebagaimana diketahui, salad sering kali dianggap monoton karena rasa dan tampilan yang sama setiap saat. Namun, kini kamu bisa mengolah salad kentang jadi lebih nikmat, dengan 5 inspirasi berikut.

1. Creamy potato salad

5 Kreasi Salad Kentang Menggugah Selera, Biar Makan Tambah Semangat!ilustrasi creamy potato salad (pixabay.com/kalhh)

Siapa bilang bahwa tekstur salad cenderung membosankan. Kemungkinan kamu belum mencicipi salad kentang yang creamy berikut ini sebagai salah satu kudapan saat sarapan atau makan malam.

Dressing yang digunakan dalam hidangan tersebut bisa berupa mayones dengan tambahan mustard, cuka, garam, lada, seledri, serta tambahan telur rebus yang dihancurkan.

2. German style potato salad

5 Kreasi Salad Kentang Menggugah Selera, Biar Makan Tambah Semangat!ilustrasi german style potato salad (foodnetwork.com/food network kitchen)

Jerman memiliki salah satu olahan salad kentang andalan yang bisa diadaptasi untuk membuat makanan yang lebih menggugah selera. Kentang yang dipakai dalam sajian ini pun perlu direbus terlebih dahulu sebelum dicampur bersama dressing.

Sedangkan di tempat lain, masak bacon sampai garing, tambahkan bawang bombai, disusul dengan kaldu sapi. Setelahnya, masukkan cuka, mustard, dan aneka penambah rasa yang diperlukan.

Baca Juga: 5 Kreasi Makanan Serba Caprese, Salad Tomat dan Mozarella yang Nikmat

3. Vinaigrette potato salad

5 Kreasi Salad Kentang Menggugah Selera, Biar Makan Tambah Semangat!ilustrasi vinaigrette potato salad (pixabay.com/Samuele Schirò)

Kreasi salad kentang berikut ini akan terasa lebih segar akibat penggunaan vinaigrette sebagai salah satu penambah rasa terhadap makanan. Kesegaran tersebut didapatkan melalui penggunaan cuka dan air lemon.

Terlebih dahulu masak kentang hingga mencapai kematangan yang pas. Kemudian buat dressing dengan campuran minyak zaitun, basil, air lemon, perasa, cuka, lemon zest, peterseli, dan bawang bombai.

4. Roasted chicken with potato salad

5 Kreasi Salad Kentang Menggugah Selera, Biar Makan Tambah Semangat!ilustrasi roasted chicken with potato salad (pixabay.com/Shutterbug75)

Kentang merupakan salah satu sumber karbohidrat yang kerap kali digunakan sebagai pengganti nasi. Oleh sebab itu, tak jarang bahwa dalam menikmati sayuran ini, terdapat penambahan protein yang digunakan.

Nah, supaya menambahkan rasa dan porsi dalam makanan, gunakan daging ayam bagian dada untuk disertakan. Daging tersebut bisa dimasak dengan dipanggang memakai bumbu marinasi sesuai kesukaan.

5. Mix veggie potato salad

5 Kreasi Salad Kentang Menggugah Selera, Biar Makan Tambah Semangat!ilustrasi mix veggie potato salad (pixabay.com/Mats Danson)

Tak cuma sendirian, olahan salad kentang pun dapat dikreasikan bersama aneka sayuran lain, sehingga makanan menjadi tambah mengenyangkan. Kamu bisa menggunakan wortel, seledri, hingga lobak.

Sementara untuk dressing, dapat menggunakan campuran antara mayones, mustard, cuka, dan aneka bumbu penambah rasa supaya hidangan terasa semakin segar dan nikmat.

Wah, ternyata ada banyak kreasi salad kentang yang bisa diolah di rumah. Dengan begini, kamu tidak perlu khawatir akan rasa salad yang membosankan. Sebab ada banyak alternatif yang bisa dimasak bergantian.

Baca Juga: 5 Resep Salad Sayur yang Sehat dan Enak, Bisa untuk Menu Diet

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya