Comscore Tracker

5 Olahan dari Cassata, Kudapan Asal Sisilia Berbalur Buah dan Ricotta

Awas, kalap saat mencicipinya!

Cassata merupakan salah satu olahan nikmat dari Sisilia, Italia. Olahan ini merupakan campuran dari sponge cake yang dilapisi sirup buah, ricotta, dan aneka buah-buahan kering atau manisan.

Seiring berjalannya waktu, cassata mulai dibuat variasinya. Ini disebebkan dari olahan yang beragam bahan dan cara supaya lebih menarik perhatian.

Jika kamu ingin mencoba cassata di rumah, berikut 5 inspirasi olahan cassata yang bisa kamu coba.

1. Cassata ice cream cake

5 Olahan dari Cassata, Kudapan Asal Sisilia Berbalur Buah dan Ricottacassata ice cream cake (taste.com.au/Rob Palmer)

Olahan cassata yang pertama datang dengan membawa konsep kue berlapis. Setiap lapisan sponge cake akan ditutup menggunakan es krim aneka rasa. Tak lupa juga ditambahkan aneka kacang-kacangan untuk memperkaya tesktur.

Tidak cuma itu, kamu juga dapat menambah lapisan ricotta dan manisan buah pada kue. Ini supaya cassata ice cream cake menjadi tambah enak ketika disantap dalam kondisi dingin.

2. Cassata pie torte

5 Olahan dari Cassata, Kudapan Asal Sisilia Berbalur Buah dan Ricottacassata pie torte (delicious.com.au)

Cassata yang satu ini memiliki bentuk mirip pie dengan cetakan lingkaran dan kerap disajikan dalam kondisi dingin. Varian cassata satu ini sangat cocok disajikan saat cuaca sedang terik.

Dalam pie crust, isian yang digunakan dapat berupa bahan utama dari whipped cream, ricotta, atau es krim siap makan. Namun, agar olahan makin nikmat, jangan lupa untuk menambahkan potongan cokelat, kacang-kacangan, dan buah kering.

Baca Juga: 5 Fakta Ricciarelli, Kue Mungil Khas Italia yang Renyah Istimewa

3. Cassata roll

5 Olahan dari Cassata, Kudapan Asal Sisilia Berbalur Buah dan Ricottacassata roll (asicilianpeasantstable.com)

Cassata roll memiliki bentuk yang hampir mirip dengan kudapan swiss roll. Bahan baku yang digunakan terdiri dari sponge cake dan isian lembut yang membuat olahan ini makin nikmat.

Hanya saja dalam cassata roll isian lebih didominasi oleh pemakaian ricotta dengan tambahan buah kering, kacang-kacangan, serta sedikit cokelat.

4. Strawberry cassata

5 Olahan dari Cassata, Kudapan Asal Sisilia Berbalur Buah dan Ricottastrawberry cassata (cooking.nytimes.com/Evan Sung)

Strawberry cassata menjadi sajian nikmat alternatif bagi penggemar buah storberi. Olahan cassata satu ini juga bisa dihidangkan saat perayaan ulang tahun.

Komponen pertama yang perlu disiapkan adalah potongan sponge cake yang kemudian diolesi selai atau stroberi pure. Jika sudah, timpa komponen tadi menggunakan ricotta filling untuk selanjutnya dihias sesuai selera.

5. Dome cassata

5 Olahan dari Cassata, Kudapan Asal Sisilia Berbalur Buah dan Ricottadome cassata (delicious.com.au/Jamie Oliver)

Dome cassata merupakan sebutan bagi salah satu varian kue berbalur buah dengan isian ricotta dengan bentuk unik.

Bahan baku pembuatan kue ini tidak jauh berbeda dengan jenis cassata lain. Tetap diperlukan sponge cake sebagai bahan utama yang nantinya dicampur bersama ricotta, dan tambahan aneka buah-buahan serta kacang-kacangan.

Nah, itu dia kelima kreasi olahan cassata khas Sisilia, Italia. Banyak diolah dengan beragam bahan baku dan teknik menarik, tertarik untuk coba membuatnya di rumah?

Baca Juga: 9 Ragam Minuman Khas Italia dari yang Manis hingga Pahit, Segar!

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya