Comscore Tracker

5 Olahan Lezat dari Kacang Kastanya, Cocok buat Hidangan Keluarga

Sudah pernah dengar tentang kacang yang satu ini?

Kastanya atau dalam bahasa Inggris disebut dengan chestnut merupakan jenis kacang-kacangan yang cukup populer dalam pengolahan hidangan-hidangan manis di luar negeri. Meski begitu, Indonesia sendiri sudah cukup banyak mengenal kacang yang satu ini dengan sebutan kastanya atau kastanye.

Kacang yang sudah bisa diolah ini awalnya adalah biji-bijian yang terbalut dalam kulit serupa dengan rambutan, gimbal, serta berduri. Jadi, ia tidak tumbuh secara langsung seperti apa yang terjadi pada kacang mede.

Nah, jika kamu memiliki kacang kastanya di rumah dan bingung hendak dibuat apa, berikut ini terdapat lima sajian enak untuk keluarga dengan bahan utama kastanya.

Apa saja makanan tersebut?

1. Permen kastanya

5 Olahan Lezat dari Kacang Kastanya, Cocok buat Hidangan Keluargaarslantibbibitkiler.com

Kacang kastanya memiliki banyak sekali penggemar di kalangan para pencinta olahan manis, meski seringnya digunakan sebagai topping namun ternyata kacang yang satu ini cocok diolah sebagai permen.

Dalam mengolah kacang kastanya atau chestnut menjadi permen, metode paling mudah adalah dengan melarutkan adonan gula untuk dibuat sebagai karamel, lalu kemudian masukan kastanya sampai seluruh kacang dipenuhi oleh lelehan gula.

2. Bolu kastanya madu

5 Olahan Lezat dari Kacang Kastanya, Cocok buat Hidangan Keluargabbc.co.uk

Sebagai olahan yang juga terkenal di dunia baking, kastanya tidak cuma dapat dijadikan topping kue semata. Kacang ini bahkan memiliki bolu berbahan dasar kastanya itu sendiri dengan rasa yang menggugah selera.

Bagi kamu yang gemar menikmati kue jenis bolu, kemungkinan besar kamu akan tertarik dengan olahan kue bolu berbahan dasar kastanya yang dicampur dengan legitnya madu.

Baca Juga: 5 Kreasi Olahan Berbahan Chickpea, Kacang Arab Lezat untuk Aneka Menu

3. Sayuran panggang

5 Olahan Lezat dari Kacang Kastanya, Cocok buat Hidangan Keluargafoodnetwork.ca/Christine Cushing

Buat kamu yang sedang dalam situasi memperbaiki pola makan menjadi lebih sehat atau tengah menambah porsi sayur-mayur ke dalam daftar makanan, biasanya sudah tidak asing dengan olahan sayur panggang.

Dalam masakan yang satu ini, seseorang senantiasa menggunakan banyak elemen sebagai bahan pemenuh nutrisi. Nah, agar sayuran panggang tidak terasa hambar, kamu dapat menambahkan kastanya ke dalamnya untuk menambah selera dan tekstur.

4. Kuri gohan

5 Olahan Lezat dari Kacang Kastanya, Cocok buat Hidangan Keluargacookmap.com

Kuri gohan merupakan hidangan tradisional asal Jepang yang berarti nasi kastanya. Jika kamu enggan mengonsumsi sesuatu yang manis, maka nasi kastanya atau kuri gohan bisa menjadi alternatif hidangan keluarga.

Mengolah hidangan ini pun cukup mudah. Dalam prosesi pemasakkan nasi, beras yang sudah diberi air dapat ditambahi bumbu dan kastanya yang sudah dipotong dan dikupas kulitnya.

5. Pasta kastanya

5 Olahan Lezat dari Kacang Kastanya, Cocok buat Hidangan Keluargamyfoodbook.com.au

Pencinta pasta mungkin suka melakukan eksperimen terhadap hidangan yang mereka buat. Biasanya ada tambahan keju, seafood, jamur, dan lain-lain.

Untuk memberikan tekstur pada hidangan pasta, kamu dapat menambahkan kacang kastanya dalam olahan. Ia cocok dipakai untuk hidangan seperti spageti, fusili, atau ravioli.

Itu dia kelima hidangan keluarga yang cocok dibuat dengan bahan baku kacang kastanya. Kira-kira kamu sendiri sudah pernah mencoba kastanya atau justru baru mengenal kacang tersebut?

Baca Juga: 5 Manfaat Sehat Ngemil Kacang Almond, Cocok buat Diet Nih!

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

sempat ingin jadi astronaut

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya