Comscore Tracker

5 Olahan dengan Saus Pedas Skhug, Makan pun Makin Berselera!

Pencinta makanan pedas harus tahu saus ini

Macam-macam saus pedas hadir di dunia kuliner untuk mewarnai aneka masakan agar terasa lebih enak. Dalam hal ini, kamu perlu mengenal skhug sebagai salah satu hidangan yang bisa diolah sendiri.

Menariknya, skhug yang memiliki ragam julukan ini diolah dengan jalapeno, bawang putih, jintan, air lemon, cilantro, ketumbar, dan perasa. Haluskan dalam food processor dan tambahkan minyak zaitun.

Penasaran skhug ini bisa diolah menjadi santapan lezat seperti apalagi? Yuk, cari tahu 5 ide olahannya berikut ini.

1. Ayam panggang skhug

5 Olahan dengan Saus Pedas Skhug, Makan pun Makin Berselera!ilustrasi ayam panggang skhug (pixabay.com/Satinder Singh Chugh)

Menikmati ayam panggang memang gak cukup dengan nasi atau lalapan saja. Di Indonesia sendiri sering kali diperlukan tambahan sambal untuk menghasilkan perpaduan lauk makan siang yang sempurna.

Di sini, kamu bisa pula menjadikan ayam panggang tersebut sebagai salah satu hidangan yang dipadukan bersama skhug. Bahkan, rasanya menjadi lebih pedas dan fresh, karena penggunaan bahan saus yang segar.

2. Kembang kol skhug

5 Olahan dengan Saus Pedas Skhug, Makan pun Makin Berselera!ilustrasi kembang kol skhug (pixabay.com/DanaTentis)

Bagi kamu yang gemar menikmati camilan sehat dari sayur-mayur, kembang kol masih menjadi idaman untuk dijadikan pengganjal lapar yang efektif, lho. Sayuran ini bisa dimasak dengan cara dipanggang.

Sedangkan fungsi skhug di dalam hidangan tersebut bisa dijadikan sebagai salah satu saus penambah rasa. Skhug perlu dicampurkan begitu kembang kol sudah keluar dari panggangan.

Baca Juga: 5 Pilihan Saus Cocol Khas Yunani yang Bikin Makanan Lebih Nikmat

3. Falafel skhug

5 Olahan dengan Saus Pedas Skhug, Makan pun Makin Berselera!ilustrasi falafel skhug (pixabay.com/Jeff Velis)

Falafel merupakan gorengan andalan Timur Tengah yang diolah menggunakan kacang Arab kemudian disantap dengan aneka saus. Makanan ini bisa juga dijadikan camilan, isian roti, bahkan teman menyantap hidangan berat.

Kalau untuk versi berikut ini, kamu bisa menjadikan falafel sebagai menu pengganjal lapar yang dapat dinikmati bersama tahini untuk versi segar. Skhug pun akan menghasilkan rasa pedas yang menggugah selera.

4. Skhug couscous

5 Olahan dengan Saus Pedas Skhug, Makan pun Makin Berselera!ilustrasi skhug couscous (pixabay.com/Bernadette Wurzinger)

Couscous atau disebut pula sebagai kuskus merupakan salah satu bahan masak yang populer di beberapa negara, khususnya beberapa bagian dari Timur Tengah. Kuskus biasanya dijadikan pengganti nasi karena sifatnya yang sama-sama mengenyangkan.

Pada pengolahan di dalam makanan ini, skhug bisa dicampurkan dengan bawang-bawangan hingga kaldu. Kemudian masak bersama kuskus hingga matang dan sajikan bersama aneka macam hidangan pendukung.

5. Pita dan skhug

5 Olahan dengan Saus Pedas Skhug, Makan pun Makin Berselera!ilustrasi pita dan skhug (pixabay.com/Engin Akyurt)

Kreasi skhug berikutnya yang patut dicicipi adalah perpaduan serasi antara saus pedas ini dengan pita. Pita adalah sebuah roti tipis dengan bagian tengah yang kopong menyerupai kantong. Isian dari roti pita ini bisa didukung dengan skhug, daging-dagingan, tahini, bahkan falafel untuk membuat sajian bertambah ramai.

Menjadi salah satu kreasi saus cabai menarik hati, skhug bisa dijadikan sebagai santapan pendamping alternatif buat menemani bermacam-macam sajian sedap setiap hari. Tertarik mencoba salah satunya?

Baca Juga: 5 Kreasi Makanan dengan Tahini, Saus Wijen ala Timur Tengah

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya