Comscore Tracker

5 Jenis Cone Es Krim Kekinian dengan Ragam Adonan Unik

Terbuat dari bahan-bahan manis maupun asin, lho

Cone merupakan salah satu bagian dari cara menyajikan es krim yang tetap dilakukan dari dulu sampai saat ini. Keberadaan cone membuat penikmat sajian lembut itu merasa terbantu, karena tidak memerlukan alat makan tambahan untuk menikmatinya.

Rupanya ada banyak sekali adonan unik yang dapat dijadikan pengganti cone es krim mainstream, lho. Kira-kira apa jadinya bila kelima adonan ini menggantikan makanan berbentuk kerucut yang bisa kita jumpai tersebut?

1. Donut cones

5 Jenis Cone Es Krim Kekinian dengan Ragam Adonan Unikilustrasi donut cone (tasty.co/Betsy Carter Tasty Team)

Bila cone biasa cenderung memiliki berat yang ringan dan tidak begitu mengenyangkan, maka hadir kerucut es krim berbahan dasar donat yang bisa bikin kamu lebih puas walaupun cuma makan satu porsi saja.

Bahan dasar yang dipakai dalam pembuatan cone benar-benar adonan donat yang umum ditemukan. Bahan-bahan yang digunakan mulai dari tepung, ragi, susu, kuning telur, dan lain-lain. Bentuk adonan serupa dengan kerucut, kemudian panggang sebagai metode pematangan.

2. Puff pastry cones

5 Jenis Cone Es Krim Kekinian dengan Ragam Adonan Unikilustrasi puff pastry cone (foodnetwork.com/FOOD NETWORK KITCHEN)

Bahan berikutnya yang juga begitu cocok dijadikan pengganti kerucut es krim biasa adalah kulit pastri. Makanan serbaguna yang menjamur dimana-mana ini sangat fleksibel untuk disantap sebagai teman makanan manis ataupun asin.

Maka dari itu, gak heran kalau pada akhirnya puff pastry bisa dibentuk serupa wadah es krim tersebut untuk kemudian dipanggang. Setelah itu, tinggal sendok es krim ke dalamnya, lalu berikan topping saus manis hingga potongan buah biar makin enak.

Baca Juga: Bukan Es Krim, 5 Kreasi Makanan dengan Cone yang Makin Enak

3. Pizza cones

5 Jenis Cone Es Krim Kekinian dengan Ragam Adonan Unikilustrasi pizza cone (pillsbury.com/Pillsbury Kitchens)

Makanan ini sudah lama sekali telah menjadi sorotan di dalam industri kuliner. Bagaimana tidak, alih-alih menggunakan es krim untuk diletakan pada cone, justru topping piza yang mendominasi cone unik tersebut.

Gak aneh, kok. Sebab memang bahan utama pembentuk kerucut es krim ini dibuat langsung memakai pizza dough alias adonan piza. Makanya, isiannya pun perlu menyesuaikan dimulai dengan keju, sosis atau pepperoni, dan saus.

4. Pancake cones

5 Jenis Cone Es Krim Kekinian dengan Ragam Adonan Unikilustrasi pancake cone (tastemade.com)

Perpaduan antara pancake dengan es krim memang bukan sesuatu yang terdengar asing lagi. Bahkan makanan ini begitu sering dikonsumsi oleh anak-anak atau orang dewasa, untuk memberi rasa manis dan sensasi segar yang selaras.

Walau begitu, belum asyik rasanya bila pancake tidak dibentuk-bentuk, sehingga menciptakan tampilan yang lebih pas. Maka dari itu, pancake dapat dilipat menyerupai kerucut untuk disisipkan es krim aneka rasa di dalamnya.

5. Egg waffle cones

5 Jenis Cone Es Krim Kekinian dengan Ragam Adonan Unikilustrasi egg waffle cone (pexels.com/RODNAE Productions)

Egg waffle atau disebut pula sebagai Hong Kong waffle merupakan salah satu makanan yang sedang menyita perhatian publik. Berbeda dengan makanan serupa yang biasa kita temukan, egg waffle ini punya permukaan yang bulat, mirip dengan telur mini.

Bahan pembuatan biasanya mengandung tepung, bubuk pengembang, telur, dan lain-lain. Kemudian adonan dimasak memakai cetakan khusus, lalu tinggal dibentuk dengan cara dilipat seperti cone, biar bisa diselipi es krim dan aneka topping tambahan.

Macam-macam cone es krim kekinian dengan beragam adonan sudah mulai menjamur di tengah-tengah masyarakat. Bahkan keberadaannya dapat disesuaikan berdasarkan selera, supaya kamu gak bosan dengan sajian yang itu-itu saja.

Baca Juga: 5 Ragam Makanan Manis dari Krim Bavaria yang Bikin Kecanduan

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya