Comscore Tracker

5 Ragam Pilihan Dessert Menggoda Berbahan Pisang dan Es Krim

Awas ketagihan!

Pisang dan es krim menjadi perpaduan yang menarik bila diolah menjadi dessert atau camilan ketika cuaca panas. Lembutnya es yang berpadu dengan manisnya buah siap membuat kamu ketagihan.

Nah, berikut ini terdapat 5 inspirasi olahan berbahan dasar pisang dan es krim yang dapat dijadikan alternatif kudapan siang hari.

1. Banana split

5 Ragam Pilihan Dessert Menggoda Berbahan Pisang dan Es Krimilustrasi banana split (tasteofhome.com/Taste of Home)

Bagi penggemar olahan pisang dan es krim, nama banana split mungkin sudah sangat familiar. Dessert satu ini juga sering ditemui, baik di dalam maupun luar negeri.

Banana split sendiri adalah sajian pisang yang dipotong menjadi dua bagian. Kemudian disisipkan es krim vanila, cokelat, dan stroberi di antara dua potongan pisang. Biasanya hiasan berupa whipped cream dan buah ceri pun ditambahkan ke dalam dessert ini.

2. Bananas foster

5 Ragam Pilihan Dessert Menggoda Berbahan Pisang dan Es Krimilustrasi bananas foster (tastemade.com)

Bananas foster merupakan kreasi pisang dan es krim yang terkenal berikutnya, terutama di Amerika Serikat. Versi aslinya, bananas foster disajikan bersama es krim vanila dengan rum serta banana liqueur.

Namun, kini terdapat banyak referensi resep untuk memodifikasi olahan ini supaya tidak perlu menggunakan alkohol. Salah satunya dengan memasak saus karamel hanya menggunakan brown sugar, mentega, dan rempah-rempah.

Bila saus sudah hampir masak, masukan potongan pisang dan biarkan sampai seluruh buah terlumuri karamel. Setelah itu baru sajikan dengan es krim vanila supaya makin lengkap.

Baca Juga: 9 Fakta Menarik Kulfi, Es Krim Lezat Paling Populer di India

3. Banana waffle bowl

5 Ragam Pilihan Dessert Menggoda Berbahan Pisang dan Es Krimilustrasi banana waffle bowl (unsplash.com/Jeswin Thomas)

Dalam salah satu kebiasaan umum untuk menyajikan es krim, olahan lembut tersebut disimpan dalam waffle bowl yang renyah dan manis.

Meski demikian, kreativitas dalam penyajiannya tidak pernah jadi hambatan. Ini membuat banyak orang bisa menambahkan aneka topping untuk mempercantik tampilan, seperti potongan pisang, cokelat, hingga taburan permen.

4. Banoffee ice cream cake

5 Ragam Pilihan Dessert Menggoda Berbahan Pisang dan Es Krimilustrasi banoffe ice cream pie (tasteofhome.com/Taste of Home)

Banoffee belakangan memang tengah menjamur di tengah para pencinta kuliner karena rasa manis yang khas pada adonan tersebut. Bahan baku ini biasanya diolah menjadi pie ataupun dessert box menggugah selera.

Umumnya, banoffee sendiri diolah dari toffee dan pisang. Nah, dalam salah satu kreasi populer banoffee, olahan tersebut pun bisa dikolaborasikan bersama es krim untuk dijadikan pie dingin yang enak dan menggigit.

5. Kluai khaek

5 Ragam Pilihan Dessert Menggoda Berbahan Pisang dan Es Krimilustrasi kluai khaek (thespruceeats.com/Maxwell Cozzi)

Kluai khaek adalah sebutan bagi makanan dari Thailand berupa pisang goreng yang dapat disajikan bersama aneka pendamping, seperti es krim vanila, madu, hingga bermacam-macam saus manis pilihan.

Hal yang membedakan kluai khaek dengan pisang goreng khas Indonesia adalah penggunaan adonan pelapis. Adonan tersebut lebih condong menggunakan tepung beras dan kelapa kering. Tak cuma itu, beberapa versi pun turut menambahkan wijen putih agar makin enak.

Nah, itu dia berbagai kreasi pisang dan es krim yang dapat dijadikan inspirasi kudapan di tengah hari. Dari 5 pilihan di atas, mana yang sudah membuat kamu ngiler?

Baca Juga: Jarang Disadari, 7 Manfaat Es Krim untuk Kesehatan

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya