Comscore Tracker

5 Inspirasi Basque Burnt dengan Pilihan Rasa Unik, Bisa Bikin Kalap!

Ada rasa durian juga, lho

Basque burnt merupakan sebutan bagi olahan cheesecake asal Spanyol dengan ciri khas tekstur kue yang lembut dan agak basah. Tak hanya itu, terdapat juga sisi gosong pada bagian atas yang membuat kue ini tampil kian menarik.

Bahan baku pembuatan basque burnt cheesecake sendiri tidak jauh-jauh dari pemakaian krim keju, heavy cream, dan tepung. Namun ada beberapa varian basque dengan berbagai pilihan rasa tak kalah menarik yang bisa menjadi inspirasi kudapan enak. Apa saja?

1. Durian basque

5 Inspirasi Basque Burnt dengan Pilihan Rasa Unik, Bisa Bikin Kalap!durian basque cheesecake (asianfoodnetwork.com)

Durian merupakan salah satu buah berbiji dengan ciri khas paling melekat, yaitu aroma tajam serta daging buah lembut. Durian kerap kali diolah menjadi perasa bagi berbagai makanan sedap, salah satunya adalah burnt basque cheesecake.

Daging buah terlebih dahulu perlu dipisahkan dari biji dan lumatkan sampai halus. Kemudian campurkan durian dengan adonan kue keju yang terdiri dari krim keju, krim kental, maizena, gula, dan telur.

2. Matcha basque

5 Inspirasi Basque Burnt dengan Pilihan Rasa Unik, Bisa Bikin Kalap!matcha basque (justonecookbook.com)

Memiliki warna hijau mencolok dalam setiap potongan, hidangan satu ini cocok sekali disajikan bagi kamu penggemar matcha dan keju. Matcha basque cheesecake sendiri memiliki proses pengolahan yang tidak jauh berbeda dengan basque lainnya.

Selain itu, matcha yang dipakai dalam mengolah makanan ini bisa berbentuk powder. Ini dimaksudkan supaya lebih mudah menyatu dengan krim keju, krim kental, tepung, telur, dan aneka pemanis tambahan.

Baca Juga: Resep Basque Burnt Cheese Cake, Gosong Malah Enak!

3. Ube burnt basque

5 Inspirasi Basque Burnt dengan Pilihan Rasa Unik, Bisa Bikin Kalap!ube burnt basque (philandmama.com)

Ube merupakan sebutan bagi suatu umbi-umbian berwarna ungu. Umbi-umbian ini tidak hanya memiliki rasa nikmat ketika diolah, melainkan mampu menyumbangkan warna yang cantik bagi makanan yang sedang diolah.

Khusus dalam ube basque cheesecake, ube yang dipakai bisa dalam berbagai jenis, baik itu pasta ataupun powder. Sementara bahan cheesecake hampir sama dengan lainnya, seperti krim keju, tepung, dan heavy cream.

4. Blueberry burnt basque

5 Inspirasi Basque Burnt dengan Pilihan Rasa Unik, Bisa Bikin Kalap!blueberry burnt basque (siftrva.com)

Blueberry merupakan salah satu bagian dari keluarga beri-berian dengan warna biru keunguan yang cantik. Rasa buah ini cenderung asam dan manis, sehingga mampu menimbulkan rasa segar ketika dikonsumsi secara langsung atau tidak.

Bila ingin menghasilkan burnt basque cheesecake berwarna keunguan yang memanjakan mata, maka blueberry perlu dilumatkan terlebih dahulu. Namun, jika ingin mempertahankan tekstur yang kaya, maka buah utuh hanya perlu dicampur dalam adonan.

5. Rhubarb burnt basque

5 Inspirasi Basque Burnt dengan Pilihan Rasa Unik, Bisa Bikin Kalap!rhubarb burnt basque (deliciousmagazine.co.uk)

Rhubarb dikenal sebagai tanaman berbatang yang masuk dalam katagori buah sayur berwarna kemerahan. Rasa rhubarb cenderung asam namun tidak menghilangkan sisi kenikmatan dalam olahan yang dicampur bersamanya.

Rhubarb basque sendiri didapatkan dengan mencampurkan adonan dasar, seperti cream cheese, heavy cream, serta bahan-bahan lainnya, bersama potongan rhubarb yang telah dibersihkan.

Nah, itu dia kelima inspirasi basque cheesecake dengan berbagai pilihan rasa yang bisa menjadi ide kudapan nikmat. Gimana, tertarik mencicipi salah satu hidangan di atas?

Baca Juga: 8 Hidangan Khas Basque yang Sayang Dilewatkan Saat ke Spanyol 

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya