Comscore Tracker

5 Kreasi Hidangan dari Bulgur yang Bikin Kenyang!

Bisa dijadikan teman santapan untuk aneka makanan terkenal

Bulgur adalah salah satu makanan yang terbuat dari gandum utuh. Hidangan ini telah melalui proses pemasakan dan pengeringan sebelum bisa digunakan kembali sebagai aneka santapan menarik hati.

Rasa dari bulgur sendiri mengingatkan kita terhadap olahan yang mengandung sensasi rasa kacang-kacangan. Namun di sisi lain, santapan tetap terasa ringan dan cocok buat dijadikan aneka makanan enak.

Proses pengolahan bulgur sendiri bisa diterapkan ke dalam lima masakan populer berikut ini. Yuk, cari tahu!

1. Bulgur burger

5 Kreasi Hidangan dari Bulgur yang Bikin Kenyang!ilustrasi bulgur burger (unsplash.com/amirali mirhashemian)

Bulgur bisa dijadikan sebagai salah satu bahan pembuatan burger yang enak dan berbeda. Namun, kali ini bulgur tersebut diperlukan untuk diolah sebagai patty bersama aneka bahan-bahan pendukung.

Sebelumnya, rebus bulgur selama beberapa saat. Campurkan bahan matang tersebut dengan kacang merah lunak, keju, irisan daun bawang, serta tepung roti. Kemudian bentuk menjadi patty, dan masak.

2. Bulgur pilaf

5 Kreasi Hidangan dari Bulgur yang Bikin Kenyang!ilustrasi bulgur pilaf (unsplash.com/Nick Bratanek)

Pilaf adalah sebutan untuk olahan nasi atau gandum yang dimasak dengan bahan-bahan tambahan, sehingga menghasilkan makanan yang lebih gurih dan kaya rasa. Nah, hal tersebut pun berlaku buat pembuatan bulgur sebagai pilaf.

Pertama-tama, kamu perlu menumis irisan bawang bombai, tomat, dan bumbu perasa. Tambahkan kaldu, lalu biarkan sampai agak mendidih. Setelah itu baru masukkan bulgur dan masak sampai matang.

3. Bean and bulgur chili

5 Kreasi Hidangan dari Bulgur yang Bikin Kenyang!ilustrasi bean and bulgur chili (unsplash.com/Visual Stories || Micheile)

Chili menjadi salah satu masakan berkuah yang paling pas buat disantap ketika cuaca dingin. Biasanya, chili dimasak dengan isian yang terdiri dari aneka daging-dagingan, namun kamu pun bisa menggantinya dengan kacang.

Sebelumnya, siapkan tumisan bawang-bawangan, masukkan pasta tomat berikut dengan aneka kacang-kacangan. Masak di dalam kaldu. Lalu santap dengan bulgur yang telah dimasak secara terpisah.

4. Bulgur salad

5 Kreasi Hidangan dari Bulgur yang Bikin Kenyang!ilustrasi bulgur salad (unsplash.com/Mariana Medvedeva)

Selain diolah menjadi ragam masakan berat, bulgur pun ternyata populer untuk dimakan sebagai salad. Seperti biasa, bulgur harus dimasak terlebih dahulu, bisa menggunakan air atau kaldu agar lebih gurih.

Sedangkan di mangkuk lain, sayur-mayur yang digunakan untuk melengkapi makanan bisa terdiri dari irisan mentimun, tomat, serta dedaunan hijau. Nah, jangan lupa menempatkan kacang-kacangan agar teksturnya makin berwarna.

Baca Juga: 5 Makanan Favorit Lisa BLACKPINK, Gak Cuma Makanan Thailand 

5. Chicken and bulgur skillet

5 Kreasi Hidangan dari Bulgur yang Bikin Kenyang!ilustrasi chicken and bulgur skillet (unsplash.com/Tomoyo S)

Santapan berikutnya yang dapat dikreasikan bersama bulgur adalah daging ayam. Keduanya mampu menyajikan rasa makanan yang lezat dan juga tidak kalah mengenyangkan, lho.

Ayam bisa diolah lebih dulu sampai setengah matang. Kemudian masak aneka macam sayur kesukaan berikut dengan kacang. Tambahkan ke dalam bulgur, dan masak seluruh bahan tersebut bersama-sama dengan kaldu serta bumbu perasa.

Bulgur ternyata bukan gandum biasa, ya. Selain bisa dijadikan makanan enak, ia pun mampu dikreasikan sebagai beragam makanan populer yang tersebar di mancanegara. Yuk, cobain!

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Kalyana Dhisty

Berita Terkini Lainnya