Comscore Tracker

5 Kreasi Makanan dari Sloppy Joe, Kembaran Burger yang Tak Kalah Hits

Hidangan ini memiliki isian dari daging cincang yang nikmat

Sloppy joe merupakan salah satu makanan menarik yang diolah menggunakan roti. Hidangan ini acap kali disamakan dengan hamburger lantaran isian dari santapan tersebut yang sama-sama terdiri dari daging dan dibalut menggunakan bun burger.

Namun demi demikian, sloppy joe tidak pernah luput dari perkembangan industri kuliner sehingga lahirlah 5 sajian serba sloppy joe seperti yang ada di bawah ini.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Burger Paling Enak di Seoul, Yakin Gak Pengin Cobain?

1. Classic sloppy joe

5 Kreasi Makanan dari Sloppy Joe, Kembaran Burger yang Tak Kalah Hitsilustrasi classic sloppy joe (unsplash.com/Farhad Ibrahimzade)

Hal yang paling mencolok dalam olahan sloppy joe terletak pada proses pemasakan filling yang terdiri dari daging sapi. Bahan tersebut berbeda dengan patty lantaran tidak dibentuk lingkaran ataupun bentuk padat lainnya.

Justru daging hanya perlu dimasak bersama saus tomat, kecap Inggris, saus barbeku, bawang-bawangan, serta tambahan gula cokelat. Bila daging sudah siap, maka tahap berikutnya tinggal diletakkan di antara dua bun burger.

2. Sloppy joe quesadilla

5 Kreasi Makanan dari Sloppy Joe, Kembaran Burger yang Tak Kalah Hitsilustrasi sloppy joe quesadilla (unsplash.com/Lottie Griffiths)

Sloppy joe tidak cuma dibentuk menggunakan bun burger, melainkan bisa pula diolah sebagai quesadilla yang merupakan salah satu makanan tradisional dari Meksiko. Seperti kebanyakan hidangan dari negeri sombrero tersebut, quesadilla pun turut dimasak menggunakan kulit tortilla.

Bedanya, kali ini kamu bisa memasak daging cincang sesuai dengan metode pemasakkan untuk sloppy joe versi klasik. Namun agar ciri khas quesadillas-nya tidak hilang, tambahkan saus keju atau cheddar sebagai pelengkap makanan ini.

3. Sloppy joe pie

5 Kreasi Makanan dari Sloppy Joe, Kembaran Burger yang Tak Kalah Hitsilustrasi sloppy joe pie (unsplash.com/Benigno Hoyuela)

Pernahkah kamu menikmati pai asin yang diisi menggunakan bahan baku dari daging sapi? Bila kamu merupakan salah satu pencinta hidangan tersebut, maka olahan sloppy joe pie berikut ini wajib untuk kamu cicipi.

Hampir sama dengan isian dari beberapa makanan sebelumnya, pai ini pun turut dimasak bersama olahan daging cincang dengan saus tomat. Sementara itu, kulit pai bisa diolah menggunakan kan adonan instan siap pakai.

4. Sloppy joe sandwiches

5 Kreasi Makanan dari Sloppy Joe, Kembaran Burger yang Tak Kalah Hitsilustrasi sloppy joe sandwiches (unsplash.com/Llio Angharad)

Tidak cuma menggunakan roti burger, sloopy joe pun bisa dikreasikan sebagai menu sarapan yang turut disandingkan bersama roti tawar. Rasanya akan sangat lezat sekaligus mengenyangkan, terlebih apabila dijadikan bekal sehari-hari.

Untuk bisa membuat makanan ini, siapkan dua buah roti tawar, kemudian oleskan masing-masing permukaan roti memakai mentega. Tambahkan olahan daging dan isi lain-lain sesuai selera seperti keju cheddar

5. Sloppy joe bombs

5 Kreasi Makanan dari Sloppy Joe, Kembaran Burger yang Tak Kalah Hitsilustrasi sloppy joe bombs (unsplash.com/Mel Elías)

Olahan serba bombs ini merepresentasikan isian yang tersembunyi di balik adonan. Biasanya hidangan memiliki bentuk bulat dengan isian yang diletakkan di bagian tengah dan disertai isian memakai filing asin atau manis.

Khusus untuk olahan asin, kamu bisa mengadaptasi sloppy joe, terutama dari isian berupa daging dan saus tomat. Sementara itu, kulit bombs perlu dibuat menggunakan adonan pastry atau biscuits instan dan panggang di dalam loyang muffin.

Meskipun kerap dianggap sama dengan burger, namun ternyata sloppy joe memiliki keunikan tersendiri. Bahkan makanan ini bisa dikreasikan kembali seperti lima contoh masakan yang sudah disebutkan di atas. Yuk, coba!

Baca Juga: 5 Kreasi dari Club Sandwich yang Dijamin Bikin Kenyang

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya