Comscore Tracker

5 Kreasi Pound Cake dengan Berbagai Rasa yang Memanjakan Lidah

Ada pound cake dari red velvet juga, lho!

Kue bolu memiliki tingkatan tersendiri dalam segi bahan, tekstur, dan cara penyajian. Hal itu untuk menentukan rasa yang pas di lidah masing-masing pencinta kudapan agar terasa lebih maksimal.

Salah satu hidangan populer yang dimaksud datang dari pound cake. Yakni kue mengandung lebih banyak lemak dan cenderung memiliki tekstur lebih padat dibandingkan bolu-bolu yang lain.

Tak cuma rasa vanila, terdapat sekitar lima hidangan pound cake nikmat yang bisa menginspirasi dengan aneka rasa seperti berikut ini.

1. Coconut pound cake

5 Kreasi Pound Cake dengan Berbagai Rasa yang Memanjakan Lidahilustrasi coconut pound cake (unsplash.com/Slashio Photography)

Keberadaan kelapa dalam makanan mampu menyumbang tekstur berbeda, sekaligus bikin rasa hidangan jadi lebih gurih. Hal tersebut pun berlaku untuk pound cake yang dibuat dengan metode berlapis.

Sebelumnya, masak lebih dulu pound cake dari bahan-bahan yang terdiri dari tepung terigu, mentega, telur, susu, gula, garam, dan bubuk pengembang. Setelah dipanggang, lalu potong menjadi dua bagian.

Siapkan pelapis yang terdiri dari kelapa parut siap pakai, susu kental manis, dan irisan kacang-kacangan. Oleskan adonan tersebut di permukaan kue, maka hidangan pun siap untuk dikonsumsi.

2. Red velvet pound cake

5 Kreasi Pound Cake dengan Berbagai Rasa yang Memanjakan Lidahilustrasi red velvet pound cake (unsplash.com/Zoe)

Bila selama ini kamu cuma sering mengonsumsi pound cake original, maka jangan lupa untuk mencicipi versi red velvet yang tidak kalah menggugah selera dan bisa dipanggang memakai loyang bundt.

Sedangkan pada bahan yang dipersiapkan tidak jauh-jauh dari penggunaan tepung, mentega, telur, gula, susu, bubuk pengembang, pewarna makanan, bubuk cokelat, vanila, dan sejumput garam.

Selain itu, kamu akan menemukan lapisan cream cheese yang diolah untuk menutupi seluruh permukaan kue. Cukup kocok bersama gula bubuk, mentega, dan ekstrak vanila, maka frosting pun siap digunakan.

Baca Juga: 5 Kreasi Olahan Twinkie, Sponge Cake Isi Krim yang Menggugah Selera

3. Boston cream pound cake

5 Kreasi Pound Cake dengan Berbagai Rasa yang Memanjakan Lidahilustrasi boston cream pound cake (delish.com/Jonathan Boulton)

Boston cream adalah sebutan untuk suatu kudapan yang menghadirkan dua elemen utama, berupa frosting dari cokelat dan custard sebagai pendukung lapisan. Hidangan ini bisa dijumpai dalam beragam jenis cake, tak terkecuali kue pound.

Proses pembuatannya sendiri cenderung sederhana sebab kamu hanya perlu memotong pound cake matang menjadi dua bagian. Kemudian sisipkan lapisan tengah memakai campuran vanilla pudding mix instan dengan susu.

Lalu lelehkan cokelat semi manis bersama heavy cream, dan siram ke atas kue sampai menutupi seluruh permukaan kudapan dengan rapi. Hal ini untuk membuat lapisan cokelat terlihat lebih cantik.

4. Pumpkin pound cake

5 Kreasi Pound Cake dengan Berbagai Rasa yang Memanjakan Lidahilustrasi pumpkin pound cake (pixabay.com/Juan Luis Muñoz)

Buat kamu yang cenderung menyukai kudapan berbasis rempah-rempah, maka hidangan yang paling pas untuk dicicipi dari kue pound ini adalah versi labu. Tak cuma manis, kamu pun akan menemukan sensasi hangat yang menarik.

Bahan baku yang diperlukan dalam pembuatan adonan utama tidak jauh berbeda dengan lainnya. Akan tetapi, pastikan bahwa kamu turut memasukkan daging labu, gula cokelat, pala, kayu manis, jahe, dan cengkih.

5. Nutella pound cake

5 Kreasi Pound Cake dengan Berbagai Rasa yang Memanjakan Lidahilustrasi nutella pound cake (unsplash.com/Julissa Capdevilla)

Nutella menjadi salah satu selai cokelat populer di seluruh dunia yang tidak cuma bisa ditemukan dalam olahan roti. Melainkan bisa pula dijadikan penambah rasa untuk membuat bermacam-macam kudapan, tak terkecuali pound cake.

Sama seperti yang lain, tidak ada adonan dasar yang berbeda untuk membuat kudapan dalam versi ini. Melainkan dengan tambahan selai menggugah selera tersebut untuk menyumbang rasa yang lebih nikmat.

Pound cake ternyata gak harus selalu diolah begitu-begitu saja, sebab lima kreasi di atas dapat dijadikan inspirasi apabila kamu tertarik untuk mencoba kue buttery ini sebagai santapan berbeda.

Baca Juga: 5 Inspirasi Crunch Cake untuk Ide Camilan, Lembut dan Renyah

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya