Comscore Tracker

5 Makanan yang Serasi Disantap Bareng Toum, Mayones ala Timur Tengah

Kamu bisa membuat toum sendiri dengan bahan sederhana

Bagi kamu yang gak bisa dijauhkan dari saus cocol ketika menikmati aneka camilan maupun makanan berat, kali ini ada salah satu saus gurih dari bawang putih yang bisa dijadikan inspirasi.

Hidangan tersebut dikenal sebagai toum. Dilansir the spruce eats, dijelaskan jika toum adalah sajian tradisional Lebanon dan memiliki julukan sebagai mayones Timur Tengah.

Kira-kira hidangan seperti apa saja yang bisa dikombinasikan bersama toum ini? Simak kelima santapan andalan yang ada di bawah ini, yuk!

1. Toum klasik

5 Makanan yang Serasi Disantap Bareng Toum, Mayones ala Timur Tengahilustrasi toum klasik (pixabay.com/Daria Nepriakhina)

Untuk dapat mencoba sensasi rasa berbeda dari toum, kamu gak perlu membeli di toko-toko khusus makanan Middle East. Sebab, bahan-bahan yang digunakan bisa dijumpai di sekitar, serta dapat dibuat sendiri dengan mudah.

Cukup gunakan bawang putih yang telah dikupas dan dihaluskan. Kemudian campurkan memakai air lemon, garam, dan minyak sayur atau zaitun untuk menghasilkan konsentrasi toum yang kental mirip dengan mayones.

2. Jamur toum

5 Makanan yang Serasi Disantap Bareng Toum, Mayones ala Timur Tengahilustrasi jamur toum (pixabay.com/Hasan Mahamud)

Sebagai salah satu saus creamy yang memiliki rasa cenderung gurih dan asam, maka gak heran apabila bahan ini sangat cocok untuk mendampingi sajian dari jamur tiram supaya tambah enak.

Jamur tiram tersebut bisa diolah dengan berbagai cara seru, seperti dijadikan satai atau ditumis sekalipun. Jadikan toum sebagai pendamping untuk menghasilkan sensasi rasa yang tiada duanya.

Baca Juga: 5 Olahan Ayam Mayones untuk Ide Santapan Siang yang Lezat

3. Toum ayam kunyit

5 Makanan yang Serasi Disantap Bareng Toum, Mayones ala Timur Tengahilustrasi toum ayam kunyit (pixabay.com/ArtificialOG)

Ayam kunyit menjadi salah satu hidangan populer di berbagai penjuru dunia, tak terkecuali Indonesia. Perpaduan rempah yang melekat dalam daging akan memberikan rasa yang lebih aromatik dan nikmat.

Namun, ternyata ayam kunyit pun masih bisa dikombinasikan memakai pendamping yang membuatnya semakin terasa mewah. Apalagi jika bukan penggunaan saus toum dengan cita rasa memanjakan lidah.

4. Ubi toum

5 Makanan yang Serasi Disantap Bareng Toum, Mayones ala Timur Tengahilustrasi ubi toum (pixabay.com/gturkmen)

Hidangan selanjutnya yang sangat cocok untuk dijadikan salah satu teman dalam menikmati toum datang dari umbi-umbian, yakni ubi manis. Proses pengolahan bahan ini bisa dilakukan dengan cara dipanggang.

Kemudian nikmati ubi tersebut bersama toum dan beberapa saus kesukaan lainnya. Ini supaya rasa makanan menjadi lebih variatif dan tidak gampang membuat kamu merasa bosan ketika mengonsumsinya.

5. Kalkun toum

5 Makanan yang Serasi Disantap Bareng Toum, Mayones ala Timur Tengahilustrasi kalkun toum (pixabay.com/Engin Akyurt)

Hidangan terakhir yang sangat pas dikonsumsi bersama toum datang dari daging kalkun. Tekstur makanan ini cukup terkenal karena memiliki sensasi yang agak lebih gurih dan lembut saat dikonsumsi.

Kamu bisa memarinasi daging kalkun dengan oregano, bawang-bawangan, hingga lada dan garam. Diamkan selama beberapa saat, lalu panggang. Hidangkan kalkun bersama toum supaya makanan kian nikmat.

Toum menjadi salah satu saus dari bawang putih yang gampang sekali untuk dibuat. Dengan begini, kamu bisa menghadirkan santapan ala Lebanon sehari-hari di rumah memakai aneka bahan yang tersedia.

Baca Juga: 5 Macam Sfiha ala Timur Tengah dengan Beragam Isian Lezat

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya