Comscore Tracker

5 Ragam Camilan Populer dari Sosis Tusuk, Enak Banget!

Sosis adalah makanan kesukaan sejuta umat

Sosis adalah salah satu produk olahan berbahan baku daging yang mendunia. Keberadaannya bikin industri kuliner jadi lebih berwarna, karena sosis dapat dimasak untuk camilan atau hidangan utama.

Di Indonesia sendiri, sosis sering dijumpai dalam aneka jajanan populer. Bahkan ada istilah sosis tusuk yang menggambarkan olahan tersebut di antara tusukan satai, mirip seperti daging-dagingan.

Yuk, coba simak daftar hidangan berbahan baku sosis ini biar kamu ada ide untuk membuat camilan sedap yang terangkum dalam lima pilihan sekaligus.

1. Sate sosis bakar

5 Ragam Camilan Populer dari Sosis Tusuk, Enak Banget!ilustrasi sate sosis bakar (pexels.com/Luis Quintero)

Kreasi jajanan pertama yang paling sering dibikin bukan lain adalah sosis bakar. Makanan ini sering dijadikan alternatif satai untuk menemani berbagai acara seru, semisal ketika malam tahun baru atau kumpul keluarga.

Bumbu olesan dari satai ekonomis ini juga gak banyak, kok. Hanya perlu mempersiapkan kecap, saus sambal dan tomat, lalu perasa. Kemudian sajikan sosis bersama mayones dan ekstra saus biar tambah nikmat.

2. Corndog

5 Ragam Camilan Populer dari Sosis Tusuk, Enak Banget!ilustrasi corndog (unsplash.com/Charles Deluvio)

Demam corndog rupanya berdampak pula ke dalam jajanan di Indonesia, lho. Perpaduan adonan yang lembut dan renyah ini bikin siapa saja tertarik untuk mencicipi. Terlebih karena isiannya juga bisa dikreasikan sedemikian rupa.

Terdapat pilihan di mana kamu bisa menggunakan potongan sosis dengan atau tanpa mozarella untuk ditusuk. Lalu celupkan ke dalam adonan tepung terigu yang mengandung baking powder, goreng corndog, dan sajikan selagi hangat.

Baca Juga: 5 Sosis Khas Amerika Serikat Paling Populer, Nikmatnya Nyata!

3. Sosis telur gulung

5 Ragam Camilan Populer dari Sosis Tusuk, Enak Banget!ilustrasi sosis telur gulung (yummy.co.id)

Kreasi sosis tusuk berikutnya pasti menjadi salah satu favorit lantaran bisa mengingatkan kita pada masa kecil, nih. Sebab pengolahan sosis tersebut akan digulung memakai adonan telur sehingga terasa lebih gurih.

Seperti biasanya, lapisan mesti dibuat dari campuran antara telur, air, serta bumbu perasa. Tusuk sosis yang diperlukan lalu padukan bersama adonan telur tersebut. Goreng sosis sampai matang dan sajikan bersama saus pedas.

4. Sosis gulung mi

5 Ragam Camilan Populer dari Sosis Tusuk, Enak Banget!ilustrasi sosis gulung mi (yummy.co.id/Syifa Fauziyah)

Simpel dan menjanjikan. Olahan sosis tusuk kali ini bisa dijadikan ide selanjutnya untuk bikin camilan unik nan praktis di rumah. Terlebih kamu cuma perlu menyediakan mi instan dan beberapa buah sosis saja.

Rebus mi secara terpisah dan buang airnya. Kemudian tusuk sosis dan gulung mi tersebut sampai menyelimuti sebagian besar sosis. Bila sudah siap, masukkan adonan ke dalam minyak dan biarkan sampai matang. 

5. Sate cumi sosis bakar

5 Ragam Camilan Populer dari Sosis Tusuk, Enak Banget!ilustrasi sate cumi sosis bakar (unsplash.com/Brian Jones)

Santapan dari sosis tusuk ini masih berlanjut lho. Bahkan nggak kalah nikmat dengan yang lain karena menggunakan perpaduan dari seafood seperti cumi-cumi yang bikin sajian terasa enak dan kenyal.

Maka dari itu, pilih diameter cumi yang pas untuk dipotong-potong. Kemudian masukkan irisan sosis ke dalamnya dan tambahkan memakai bumbu oles kecap. Bakar hidangan beberapa saat hingga matang.

Sosis tusuk sudah jadi bagian penting dalam tradisi jajanan Indonesia. Maka dari itu, gak aneh jika makanan ini memiliki ragam transformasi yang menarik untuk dicoba. Yuk, masak salah satunya!

Baca Juga: Resep Corn Dog Mozzarella Sosis yang Praktis, Kejunya Molor Abis!

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya