Comscore Tracker

5 Teknik Populer dalam Memasak Daging, Ada Stewing!

Bisa bikin tekstur dan rasa daging jadi bertambah lezat

Saat memasak daging, biasanya kita dipusingkan dengan metode seperti apa yang bisa membuat bahan masakan tersebut matang sempurna. Nah, di dalam dunia kuliner terdapat banyak sekali teknik mengolah daging yang menarik dan patut dipraktikkan.

Bahkan kamu bisa menggunakan lima teknik berikut ini untuk memasak daging supaya matang dengan baik dan memiliki rasa hingga aroma yang maksimal. Yuk, cari tahu metode-metode tersebut!

1. Braising

5 Teknik Populer dalam Memasak Daging, Ada Stewing!ilustrasi daging braising (pixabay.com/-Rita-👩‍🍳 und 📷 mit ❤)

Braising merupakan salah satu teknik memasak daging yang paling disukai. Ini karena metode tersebut cukup efektif untuk mengolah daging dengan ukuran besar tanpa harus dipotong-potong menjadi ukuran yang lebih kecil.

Metode braising menggabungkan antara dua teknik utama. Pertama adalah masak kering dan kedua adalah masak basah, di mana bahan-bahan yang hendak diolah bisa dimasak kering terlebih dahulu selama beberapa saat hingga mengkaramelisasi.

Pada tahapan kedua, nantinya panci tersebut akan diisi menggunakan air untuk memasak daging sampai empuk. Perbedaannya terletak pada jumlah air yang dipakai, di mana cairan tersebut kurang dari volume atau ukuran daging yang dimasak.

2. Grilling

5 Teknik Populer dalam Memasak Daging, Ada Stewing!ilustrasi daging grilling (pixabay.com/-Rita-👩‍🍳 und 📷 mit ❤)

Grilling atau dalam bahasa Indonesia dikenal sebagai teknik pembakaran merupakan salah satu metode klasik yang digunakan dalam mematangkan daging. Biasanya teknik ini dipakai untuk membuat macam-macam olahan barbeque atau sate.

Pengolahan makanan dengan cara dibakar biasanya cukup efektif untuk berbagai jenis potongan daging. Mulai dari ukuran terkecil hingga yang paling besar sekalipun. Tinggal disesuaikan dengan besaran api yang dipakai.

Selain itu, membakar juga cenderung menghasilkan makanan yang nikmat dari segi tekstur dan aroma. Ini karena harum makanan akan tercium lebih pekat, bercampur dengan sensasi smoky. Makanya tidak sedikit orang yang senang akan metode tersebut.

Baca Juga: 10 Sup Daging Paling Populer di Indonesia yang Bikin Lidah Bergoyang 

3. Stewing

5 Teknik Populer dalam Memasak Daging, Ada Stewing!ilustrasi daging stewing (pixabay.com/zweifelsfreimitb)

Cara mematangkan daging berikutnya dikenal dengan sebutan teknik stewing. Metode ini sangat disukai untuk beberapa proses pengolahan daging, terutama yang kerap dipotong menjadi ukuran yang lebih kecil.

Teknik stewing ini memanfaatkan panas kompor yang diatur supaya memiliki suhu lebih rendah. Maka dari itu, tidak heran kalau proses memasak menggunakan metode tersebut waktu memasaknya pun akan cenderung lebih lama.

Meskipun demikian, metode stewing ini adalah cara efektif untuk menghasilkan aroma dan rasa masakan yang lebih intens. Itu karena panas yang rendah dan waktu memasak yang lama akan membuat sensasi masakan terasa sempurna tanpa merusak tekstur maupun penampilannya.

4. Poaching

5 Teknik Populer dalam Memasak Daging, Ada Stewing!ilustrasi daging poaching (pixabay.com/Rob Owen-Wahl)

Poaching adalah metode memasak sederhana yang melibatkan bahan cair dalam proses mengolah bahan makanan. Biasanya, teknik ini cocok untuk beberapa hidangan yang memerlukan hasil akhir berupa tekstur yang lembut.

Nah, kamu bisa menemukan teknik poaching dalam proses pembuatan telur, ikan, ayam, atau daging lainnya. Sepintas cara ini agak mirip dengan proses merebus, hanya saja terdapat beberapa detail berbeda yang membuatnya terasa istimewa.

Beberapa perbedaan antara teknik poaching dengan proses memasak lainnya terletak pada jumlah dan jenis air yang digunakan. Takarannya jauh lebih sedikit dan suhu yang digunakan lebih rendah karena bahan cair yang dipakai hanya dimanfaatkan sebagai perantara untuk menghasilkan panas merata pada bahan masakan.

5. Roasting

5 Teknik Populer dalam Memasak Daging, Ada Stewing!ilustrasi daging roasting (pixabay.com/Larry White)

Berikutnya ada teknik bernama roasting. Mengolah daging menggunakan metode ini biasanya akan memanfaatkan sumber panas kering pada suhu tertentu yang berasal dari suatu alat, sehingga makanan bisa matang dengan maksimal dan merata.

Metode roasting lebih sering dipraktikkan memakai bantuan dari oven. Ukuran daging pun dapat disesuaikan dengan kebutuhan, bisa berupa potongan kecil atau daging utuh yang masuk ke dalam oven berukuran lebih besar.

Selain itu, proses mengolah makanan menggunakan teknik roasting cenderung lebih lama. Makanya tidak heran kalau cara ini disebut sebagai slow cooking. Namun soal rasa dan aroma, teknik ini bisa membuat daging terasa lebih lezat dan lembut juga, lho.

Menikmati makanan berbahan dasar daging memang istimewa, tetapi akan jauh lebih sempurna jika teknik pemasakan yang digunakan pun tepat. Gak perlu lagi bingung metode seperti apa yang harus digunakan, karena kamu dapat memakai salah satu teknik yang ada di atas.

Baca Juga: 10 Olahan Daging Sapi Tanpa Santan, Cara Sehat Habiskan Daging Kurban

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya