Comscore Tracker

8 Efek Positif bagi Tubuh Jika Kamu Biasakan Minum Sambil Duduk

Gak nyangka ternyata manfaatnya banyak banget

Siapa nih di antara kamu yang masih bandel minum sambil berdiri? Meski kamu sudah tahu tentang anjuran minum sambil duduk, tetap saja ya kamu masih sering melakukannya sambil berdiri. Hayo, ngaku aja deh.

Sepertinya kamu perlu baca penjelasan berikut tentang efek positif yang bakal kamu rasakan bila selalu minum sambil duduk. Kamu gak bakal menyangka kalau ternyata manfaatnya banyak banget. Yuk, simak!

1. Sistem pencernaanmu akan lebih sehat

8 Efek Positif bagi Tubuh Jika Kamu Biasakan Minum Sambil Dudukindiatimes.com

Saat kamu minum sambil duduk, air akan turun ke ususmu secara perlahan. Hal ini membuat dinding ususmu terhindar dari 'tsunami' air yang kamu minum. Bila kamu rutin minum sembari duduk, bukan gak mungkin ususmu bakal selalu aman dari tabrakan keras dengan air. Efeknya, lambungmu akan mudah mencerna makanan karena terhindar dari disfungsi saluran pencernaan.

2. Menyehatkan ginjal sekaligus mengurangi risiko terkena penyakit kristal ginjal

8 Efek Positif bagi Tubuh Jika Kamu Biasakan Minum Sambil Dudukpexels.com/Daria Shevtsova

Tahu kan kalau fungsi ginjal adalah menyaring cairan yang masuk ke dalam tubuh dan mengeluarkannya dalam bentuk urin? Nah, ketika kamu minum sambil duduk, kamu telah membantu kinerja ginjal untuk menyaring cairan secara optimal.

Kotoran yang terkandung dalam cairan akan tersaring sempurna sehingga kandung kemih pun akan aman dari gangguan saluran kemih. Ginjalmu tetap sehat dan terhindar dari risiko terkena penyakit kristal ginjal.

3. Terhindar dari risiko penyakit artritis

8 Efek Positif bagi Tubuh Jika Kamu Biasakan Minum Sambil Dudukthebodymechanic.com

Sebagai informasi, penyakit artritis merupakan peradangan pada satu atau lebih persendian, yang disertai dengan rasa sakit, kebengkakan, kekakuan, dan keterbatasan bergerak. Bila kamu rutin minum sambil duduk, kebiasaan tersebut bisa menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Akibatnya, sendi-sendi di tubuhmu bakal terhindar dari penumpukan cairan yang bisa menimbulkan peradangan.

4. Memperkecil risiko terkena penyakit asam lambung

8 Efek Positif bagi Tubuh Jika Kamu Biasakan Minum Sambil Dudukrgj.com

Air yang diminum secara perlahan-lahan bisa membantu mengencerkan kadar asam di dalam lambung lho. Sebaliknya, kalau kamu terbiasa minum sambil berdiri, asam lambung akan mudah naik ke eksofagus dan bikin kerongkonganmu teriritasi.

Baca Juga: Sering Merasa Haus Meski Sudah Banyak Minum Air? Ini Nih 5 Penyebabnya

5. Rasa hausmu lebih cepat menghilang

8 Efek Positif bagi Tubuh Jika Kamu Biasakan Minum Sambil Dudukpexels.com/bruce mars

Karena air yang ditenggak saat duduk akan turun secara perlahan, tentu saja tubuhmu akan menyesapnya sedikit demi sedikit. Hal ini membuat rasa haus yang kamu rasakan lebih cepat reda ketimbang kalau kamu meminumnya sambil berdiri.

6. Tubuhmu akan terasa lebih segar

8 Efek Positif bagi Tubuh Jika Kamu Biasakan Minum Sambil Dudukpixabay.com/silviarita

Selain rasa hausmu lebih cepat hilang, minum sambil duduk juga memberi efek segar bagi tubuhmu. Pasalnya, air yang jatuh secara pelan-pelan ke dalam tubuh akan tertampung secara sempurna di dalam lambung yang nantinya akan dipompa dengan maksimal oleh jantung ke seluruh tubuh. Semakin baik cairan dipompa ke organ-organ tubuh, maka tubuhmu makin terasa segar.

7. Saraf-saraf di tubuhmu bakal lebih rileks

8 Efek Positif bagi Tubuh Jika Kamu Biasakan Minum Sambil Dudukunsplash.com/@robsonhmorgan

Karena gak terlihat, kamu mungkin gak sadar kalau kebiasaan minum sambil duduk akan merilekskan saraf-saraf di sekujur tubuhmu. Sistem parasimpatetik akan lebih santai bekerja sehingga saraf menjadi gak kaku. Dampaknya penyerapan air akan makin baik dan proses pencernaan pun lebih optimal.

8. Terakhir, kamu bakal dianggap santun bila selalu minum sambil duduk

8 Efek Positif bagi Tubuh Jika Kamu Biasakan Minum Sambil Dudukdagelanfamily.com

Sesuai adat ketimuran negara Indonesia, orang-orang tentu bakal menilaimu sebagai pribadi yang santun dan beradab lantaran selalu merutinkan diri untuk minum sambil duduk. Gak cuma itu, kamu bisa sekaligus memberi contoh yang baik lho untuk orang-orang di sekitarmu.

Gimana? Ternyata banyak banget kan efek positif yang tubuhmu rasakan kalau kamu rajin minum sambil duduk. Bagikan artikel ini ke orang-orang yang kamu sayang, ya! Supaya mereka juga ikutan membiasakan diri untuk selalu minum sambil duduk.

Baca Juga: Awas, Ini 7 Bahaya yang Akan Mengintaimu Jika Sering Minum Air Es!

Intan Deviana Photo Verified Writer Intan Deviana

Suka jalan-jalan, suka foto-foto, suka nulis :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya