Comscore Tracker

7 Lauk Hemat Buat Akhir Bulan ala Anak Kos!

Gak hanya instan terus

Mana, nih, anak kos yang suka bingung makan apa di akhir bulan? Pasti pikiranmu langsung tertuju pada mi instan, kan? Selain harganya murah, mi instan juga punya banyak varian rasa dan mudah didapat.

Walaupun begitu, kebanyakan makan mi instan juga gak baik, lho. Coba, deh, intip beberapa lauk ini yang bisa kamu jadikan referensi di akhir bulan. Mau masak sendiri atau beli di warteg, dijamin gak akan boncos! 

1. Bisa diolah jadi berbagai masakan, terong kerap jadi lauk favorit anak kos

7 Lauk Hemat Buat Akhir Bulan ala Anak Kos!olahan terong (pexels.com/Melanie Dompierre)

Terong bisa diolah menjadi berbagai masakan. Mulai dari terong bumbu balado, oseng, tumis, bahkan bisa jadi geprek terong juga.

Meskipun akhir bulan, kamu tetap bisa makan lezat kalau ada terong. Bahkan hanya digoreng dan dicocol sambal saja sudah mantap. 

2. Tetap sehat dengan makan sayur seimbang

7 Lauk Hemat Buat Akhir Bulan ala Anak Kos!ilustrasi memasak (pexels.com/RFStudio)

Hayo, siapa anak kos yang jarang makan sayur? Mulai sekarang, biasakan, yuk! Apalagi harga sayur di pasaran bisa kurang dari Rp10 ribu untuk satu ikat, lho.

Kamu bisa makan sayur hingga kenyang, melimpah, dan hemat. Kalau malas masak, berbagai jenis sayur juga tersedia di warteg atau rumah makan terdekat. Masih mau alasan malas makan sayur? 

3. Olahan tempe juga gak kalah lezat, lho

7 Lauk Hemat Buat Akhir Bulan ala Anak Kos!ilustrasi tempe (pexels.com/Cottonbro)

Siapa yang masih menyangka kalau tempe cuma bisa digoreng saja? Kini tempe sudah banyak variasi.

Tempe bahkan bisa diolah menjadi steak juga, lho! Meskipun akhir bulan, kamu masih tetap bisa makan ala restoran asal ada tempe.

Baca Juga: Kisah Benny Santoso Sang Inovator Ini Tempe Bali, Bukan Sekadar Tempe

4. Jangan lupakan temannya, yaitu tahu!

7 Lauk Hemat Buat Akhir Bulan ala Anak Kos!ilustrasi tahu (pexels.com/Polina)

Selanjutnya ada olahan kedelai temannya tempe, yaitu tahu. Lauk yang murah meriah ini juga bisa kamu olah menjadi martabak, orek, bahkan pepes tahu bakar, lho.

Kalau kamu malas memasak, angkringan di sekitar kos pasti menyediakan! Harganya juga pasti gak bakal bikin kantung jebol.

5. Selain murah, telur juga mudah didapat

7 Lauk Hemat Buat Akhir Bulan ala Anak Kos!memasak telur (pexels.com/Meruyert Gonullu)

Menu telur cocok untuk sarapan, makan siang, sampai makan malam. Itulah alasan telur menjadi persediaan makanan wajib bagi sebagian orang.

Gak harus ke pasar, kamu bisa mendapatkan telur di toko kelontong, warung kecil-kecilan, bahkan di minimarket terdekat. Variasi olahannya juga banyak banget. 

6. Penuhi kebutuhan protein akhir bulanmu dengan ikan tongkol

7 Lauk Hemat Buat Akhir Bulan ala Anak Kos!ilustrasi olahan ikan tongkol (pexels.com/Nadezhda Moryak)

Ikan tongkol memiliki harga yang relatif murah dibanding dengan jenis ikan yang lain. Kamu juga bisa mudah menemukan ikan jenis ini di pasar, toko sayur, dan supermarket.

Bahkan tongkol menjadi menu favorit di berbagai warteg, lho. Bisa diolah jadi tongkol kecap, pepes, sampai mangut.

Gimana? Ngiler, gak? Meskipun akhir bulan, sebaiknya belilah menu yang hemat atau memasak sendiri. Jangan terus-terusan makan makanan instan, ya! Sekarang pun sudah banyak resep olahan simpel ala anak kos bertebaran di media sosial. Kamu bisa ikuti agar menu makananmu makin beragam dan gak membosankan.

Juliettt Aff Photo Verified Writer Juliettt Aff

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Kalyana Dhisty

Berita Terkini Lainnya