Comscore Tracker

Semakin Sedap, 6 Jenis Buah Lezat yang Bisa Dimasak Menjadi Hidangan

Kamu sudah pernah nyoba hidangan dari buah yang mana nih?

Hidangan Indonesia terkenal memiliki cita rasa unik dan beraroma kuat. Selain itu bahan yang digunakan bisa memakai daging hewan, bahan daun, batang tumbuhan bahkan buahnya. Beberapa masakan Indonesia ini menggunakan buah lho. Seperti apa ya masakan yang menggunakan buah? Yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Nangka muda

Semakin Sedap, 6 Jenis Buah Lezat yang Bisa Dimasak Menjadi Hidanganliveyourpassion.in

Buah nangka yang bertekstur kenyal dan beraroma manis sering digunakan untuk membuat cemilan jajanan pasar. Tapi jangan salah, buah nangka muda atau kadang disebut cempedak bisa dibuat hidangan lezat. Menu seperti gulai nangka, gudeg, atau tumis kering ebi nangka menjadi hidangan yang sering kita jumpai di acara tertentu seperti pesta pernikahan dan perayaan Idulfitri.

2. Nanas

Semakin Sedap, 6 Jenis Buah Lezat yang Bisa Dimasak Menjadi Hidanganfoodandnutrition.org

Buah tropis nanas juga bisa menjadi bahan yang diolah untuk menu hidangan. Menu seperti acar sering kita jumpai sebagai pendamping masakan kari kambing. Selain itu, nanas juga bisa ditambahkan dalam masakan gulai menggantikan kentang, rasa asam yang segar membuat masakan gulai menjadi kaya rasa.

Nanas juga sedap dijadikan sambal nih. Dijamin ayam atau ikan goreng disantap dengan sambal nanas makin bikin ketagihan.

3. Pepaya muda

Semakin Sedap, 6 Jenis Buah Lezat yang Bisa Dimasak Menjadi Hidanganorganicfacts.net

Buah pepaya sering dikonsumsi karena khasiat untuk memperlancar pencernaan. Tapi pepaya muda bisa diolah menjadi menu sajian. Sebut saja makanan seperti sayur lodeh dan tumis pepaya muda, menjadi salah satu makanan yang diolah menggunakan buah pepaya muda.

Baca Juga: 10 Makanan Unik Khas Nusantara Berwarna Merah Putih, Estetik Banget!

4. Pisang lidi

Semakin Sedap, 6 Jenis Buah Lezat yang Bisa Dimasak Menjadi Hidanganfood.ndtv.com

Buah pisang gak asing lagi dijadikan bahan untuk membuat makanan terutama dessert, seperti cake, smoothie, ice cream, jajanan pasar, keripik, dsb. Tapi buah pisang juga bisa diolah menjadi menu hidangan seperti gulai. Bila biasanya menggunakan kentang, kamu bisa mengganti dengan pisang jenis lidi saat memasak gulai. Gak hanya nikmat, masakan gulai juga terasa unik.

5. Durian

Semakin Sedap, 6 Jenis Buah Lezat yang Bisa Dimasak Menjadi Hidanganswedishnomad.com

Dikenal sebagai raja buah, durian memang lazim ditambahkan dalam aneka makanan ringan seperti es teler, pudding, martabak. Beberapa daerah Sumatera ternyata menggunakan durian yang sudah difermentasi atau pekasam dalam bahan masakan.

Masakan tempoyak ikan patin khas Palembang dan sambal tempoyak khas Melayu menjadi hidangan masakan menggunakan durian yang lazim disantap di daerah Sumatera.

6. Bengkuang 

Semakin Sedap, 6 Jenis Buah Lezat yang Bisa Dimasak Menjadi Hidanganfoodsguy.com

Siapa nih penggemar rujak? Pasti gak asing lagi dengan buah bengkuang yang wajib ada saat makan rujak. Gak hanya segar disantap bersama rujak, buah berwarna putih ini juga sedap diolah menjadi hidangan lho seperti hidangan tekwan khas Palembang, choi pan atau lumpia basah menggunakan buah bengkuang dalam masakannya.

Kandungan serat dalam buah kini bisa disantap langsung sebagai hidangan. Tambah nikmat dengan rasa yang unik. Kamu sudah pernah mencicipi hidangan dari buah yang mana nih?

Baca Juga: 9 Jenis Makanan yang Terdapat di Film Disney, Tertarik Mencicipi?

J.Sari Photo Verified Writer J.Sari

Menulis hingga ke sukma. Karena berbagi ilmu pengetahuan tidak berbatas.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya