Comscore Tracker

Resep Cah Brokoli Telur Puyuh, Praktis dan Menyehatkan

Yuk, awali hidup sehat dengan lauk nasi spesial!

Cah adalah sebutan teknik memasak yang terdiri dari paduan protein dan sayur. Seperti lauk nasi yang satu ini, cah brokoli telur puyuh.

Mendengar judul masakannya saja sudah terbayang enak dan sehatnya lauk ini, bukan?Cocok untuk kamu yang memulai gaya hidup sehat dengan makan makanan bergizi.

Jika kamu tertarik, kamu bisa praktikkan resep cah brokoli telur puyuh mengikuti instruksi di bawah ini. Happy cooking, guys!

1. Siapkan bahan yang diperlukan

Resep Cah Brokoli Telur Puyuh, Praktis dan Menyehatkanilustrasi brokoli (pexels.com/cottonbro studio)

Bahan-bahan:

  • 250 gram telur puyuh
  • 2 bonggol brokoli
  • 2 buah wortel
  • 3 siung bawang putih
  • 1/2 buah bawang bombai
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh kaldu jamur
  • 1/4 sendok teh lada bubuk
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • 200 ml air

Baca Juga: Resep Cah Jagung Muda ala Resto, Praktis dan Enak Banget

2. Rebuslah telur puyuh terlebih dahulu

Resep Cah Brokoli Telur Puyuh, Praktis dan Menyehatkanilustrasi telur puyuh yang sudah direbus dan dikupas kulitnya (pixabay.com/SFcrooner)

Campurkan telur puyuh dengan air secukupnya dalam panci rebusan. Lalu, rebuslah selama 10 menit hingga matang dan teksturnya padat.

Sambil menunggu, kupas kulit wortel dan iris tipis sesuai selera. Tak tertinggal, rendamlah brokoli di air yang sudah dicampur dengan sejumput garam selama 5 menit. Setelah 5 menit, irislah brokoli sesuai selera dan bersihkan dengan air mengalir.

Selain itu, segera angkat dan tiriskan telur puyuh jika sudah benar-benar matang selama 10 menit. Lalu, diamkan sejenak hingga dingin. Kemudian, kupas cangkangnya hinga bersih.

3. Tumislah bawang putih dan bawang bombai hingga layu

Resep Cah Brokoli Telur Puyuh, Praktis dan Menyehatkanilustrasi tumisan bawang bombai (pixabay.com/agamaszota)

Cincang halus bawang putih sesuai selera. Selain itu, iris juga bawang bombai menjadi beberapa bagian kecil.

Kemudian, panaskan sedikit minyak goreng dalam wajan. Jika sudah panas, masukkan bawang putih dan tumislah hingga tercium wangi.

Lalu, tambahkan irisan bawang bombai. Tumislah hingga layu sekaligus tercium wangi yang khas. Jangan lupa diaduk-aduk, ya!

4. Masukkan brokoli dan sisa bahan lainnya

Resep Cah Brokoli Telur Puyuh, Praktis dan Menyehatkanilustrasi memasak cah brokoli telur puyuh (pexels.com/Martin Lopez)

Jika tumisan bawang tadi sudah layu dan wangi, masukkan wortel dan telur puyuh. Aduk-aduk sebentar hingga wortel setengah matang.

Lalu, tambahkan air dan biarkan sejenak hingga mendidih. Setelah mendidih, masukkan garam, kaldu jamur, gula pasir, lada bubuk, dan brokoli. Masaklah seebntar sambil sesekali diaduk-aduk hingga brokoli pun layu. 

Baca Juga: Resep Blackpink Choco Chips Cupcake, Bikinnya Gampang, Kok!

5. Cah brokoli telur puyuh siap disajikan, nih!

Resep Cah Brokoli Telur Puyuh, Praktis dan Menyehatkancah brokoli telur puyuh (instagram.com/geitsy)

Terakhir, koreksi rasanya barangkali masih kurang bumbu. Kamu bisa menambahkan bumbu sesuai selera.

Namun jika sudah pas, segera matikan kompor dan pindahkan ke mangkuk saji yang tersedia. Akhirnya, sekarang kamu sudah bisa makan dengan lauk cah brokoli telur puyuh.

Rasanya enaknya menyegarkan, lho! Tunggu apa lagi, segera praktikkan resep ini demi memulai gaya hidup yang lebih baik. Selamat mencoba, ya!

Lena Latipah Photo Verified Writer Lena Latipah

Abi mah jalmi biasa//Follow me on instagram : lena_latipah17

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ane Hukrisna

Berita Terkini Lainnya