Comscore Tracker

Mendunia, 5 Olahan Telur ini Pasti Ada di Setiap Negara!

Kamu pasti pernah memasaknya!

Hampir disetiap masakan, entah itu untuk makan berat sampai ringan, banyak yang menggunakan telur sebagai salah satu bahannya. Tak hanya sekadar jadi pelengkap, telur juga banyak digunakan sebagai bahan utama dalam memasak. 

Karena kepopulerannya, telur menjadi salah satu bahan masakan yang mendunia dan hampir ada di setiap negara. Berikut ini beberapa olahan telur yang sering dimasak oleh banyak orang!

1. Telur Ceplok atau 'sunny side-up egg'

Mendunia, 5 Olahan Telur ini Pasti Ada di Setiap Negara!telur ceplok (pixabay.com/RitaE)

Olahan telur yang satu ini adalah salah satu olahan telur yang sangat populer. Di setiap negara, pasti ada saja orang yang memasak telur dengan cara seperti ini. Biasanya, telur ceplok atau sunny side-up sering dijadikan bahan pelengkap untuk nasi goreng, sandwich, atau disantap langsung. 

Membuatnya juga cukup gampang, lho. Hanya digoreng seperti biasa dengan minyak dan sedikit garam. Telur ceplokmu pun siap dihidangkan.

2. Omelet

Mendunia, 5 Olahan Telur ini Pasti Ada di Setiap Negara!ilustrasi omelet (pixabay.com/namuelguedes)

Omelet atau di Indonesia juga dikenal dengan nama telur dadar. Olahan telur yang satu ini juga banyak ditemukan di setiap negara dengan ciri khasnya masing-masing.

Cara membuatnya ialah dengan mengocok telur sampai berbusa dan dicampur dengan berbagai topping seperti bawang, cabai, keju, ataupun topping lain sesuai selera. Lalu digoreng sampai kuning keemasan. Maknyus, deh!

3. Telur asin

Mendunia, 5 Olahan Telur ini Pasti Ada di Setiap Negara!ilustrasi telur asin (chopsticksandflour.com)

Hampir di setiap negara pasti ditemukan yang namanya telur asin. Meski disajikan dengan cara yang berbeda-beda, cara membuat olahan telur yang satu ini sama saja.

Mechurial jangjorim adalah salah satu contoh olahan telur asin asal Korea Selatan. Penampilannya memang sedikit berbeda daripada telur asin yang banyak dijual di Indonesia.

4. 'Scrambled egg' atau telur orak-arik

Mendunia, 5 Olahan Telur ini Pasti Ada di Setiap Negara!ilustrasi telur orak-arik (pixabay.com/zuzyusa)

Scrambled egg banyak ditemukan di Amerika Serikat sebagai menu sarapan. Di Indonesia sendiri, makanan ini sering dijadikan sebagai teman nasi saat makan siang. Cara membuatnya juga sangat sederhana sehingga dapat dimasak oleh siapa saja. 

Pertama-tama, panaskan loyang anti lengket untuk memasaknya. Masukan sedikit margarin, beberapa butir telur, bawang bombay dan paprika. Lalu, orak-arik masakanmu sampai matang. Kamu bisa juga memasukan berbagai macam topping serta bumbu sesuai selera agar telur orak-arik mu semakin lezat dan menarik.

5. Telur rebus

Mendunia, 5 Olahan Telur ini Pasti Ada di Setiap Negara!telur rebus (pixabay.com/gamerchefF6)

Inilah olahan telur yang paling mudah dimasak dan pasti ada di setiap negara. Namun, seiring berkembangnya ide kreatif setiap manusia, telur rebus pun disajikan dengan berbagai macam versi.

Di Italia, telur rebus akan disajikan dengan cara yang unik dan berbeda. Telur rebus ini akan dipotong menjadi dua bagian. Kuning telurnya akan dipisah dan dilumatkan bersama dengan mustard dan juga mayones. Setelah itu, barulah kuning telurnya tadi akan kembali dimasukkan ke dalam putih telur. Hidangan yang satu ini biasa disebut deviled eggs.

Itu tadi beberapa jenis olahan telur yang paling populer dan ada di setiap negara. Dari kelima olahan telur di atas, mana yang menjadi favoritmu?

Maya Andita Photo Verified Writer Maya Andita

Trust me! I am not muggle || IG: @pengarang_maya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Kalyana Dhisty

Berita Terkini Lainnya