Comscore Tracker

5 Tips Bikin Nasi Ayam Hainan Singapura, Cukup Pakai Rice Cooker!

Agar lebih lezat, perhatikan susunan bahan dalam rice cooker

Siapa nih di antara kalian yang sedang bingung makan olahan ayam apa lagi agar tidak membosankan? Jika sudah bosan dengan cara digoreng atau disemur, yuk buat saja nasi ayam hainan.

Cara membuatnya cukup mudah, lho. Kamu perlu memerhatikan tips berikut agar nasi hainan buatanmu anti-gagal dan lezat. Melalui kanalnya, Devina Hermawan membagikan tips pembuatan nasi ayam hainan menggunakan rice cooker. Yuk, langsung simak!

1. Rendam ayam sebelum dimasak

5 Tips Bikin Nasi Ayam Hainan Singapura, Cukup Pakai Rice Cooker!ilustrasi dada ayam (pixabay.com/kakyusei)

Ternyata, hanya dengan menggunakan rice cooker saja kamu bisa membuat nasi hainan, lho. Hal ini tentu memudahkanmu karena pembuatannya yang cukup gampang.

Untuk membuat nasi ayam hainan, pastikan kamu merendam ayam dengan gula dan garam terlebih dahulu agar dagingnya empuk dan rasanya lebih kompleks. Gunakan gula dan garam dengan perbandingan 1:1 selama dua jam.

2. Perbanyak penggunaan minyak 

5 Tips Bikin Nasi Ayam Hainan Singapura, Cukup Pakai Rice Cooker!ilustrasi minyak (freepik.com/jcomp)

Untuk menghasilkan nasi hainan dengan tekstur dan rasa yang sempurna, pastikan kamu tak ragu dalam penggunaan minyak.

Hal ini dilakukan agar nasi hainan memiliki tekstur yang tidak lengket satu sama lain. Jika tips ini dilakukan, nasi hainan buatanmu akan bertekstur pulen, lezat, dan wanginya menggugah selera.

Baca Juga: Resep dan Cara Membuat Nasi Hainan Enak Khas Tiongkok ala Yummy

3. Rendam beras setengah jam 

5 Tips Bikin Nasi Ayam Hainan Singapura, Cukup Pakai Rice Cooker!ilustrasi beras (pixabay.com/pictavio)

Terdapat tips untuk membuat nasi yang pulen menggunakan rice cooker. Setelah beras dicuci, kamu bisa merendam selama setengah jam lalu masak dengan perbandingan nasi 1:1 dengan air.

Jika tips ini dilakukan, nasi akan bertekstur pulen sempurna sehingga nasi ayam hainan buatanmu dijamin lezat dan nikmat.

4. Pastikan lakukan uji rasa saat membumbui 

5 Tips Bikin Nasi Ayam Hainan Singapura, Cukup Pakai Rice Cooker!Proses membumbui nasi hainan (youtube.com/Devina Hermawan)

Untuk membuat nasi hainan, pastikan kamu menyicip masakan agar rasa gurih yang diciptakan sempurna. Hal ini perlu diperhatikan karena rasa gurih akan berkurang setelah dimasak dengan rice cooker.

Jadi jika dirasa masih sudah cukup gurih, kamu bisa tambahkan penyedap sedikit lagi agar sesuai dengan seleramu.

5. Masak ayam bersamaan dengan nasi 

5 Tips Bikin Nasi Ayam Hainan Singapura, Cukup Pakai Rice Cooker!ilustrasi membuat nasi hainan (youtube.com/Devina Hermawan)

Dalam pembuatan nasi ayam hainan menggunakan rice cooker, kamu bisa memulainya dengan memasukkan beras yang sudah direndam sebelumnya, air kaldu, garlic oil, kecap asin, minyak wijen, saus tiram, garam, dan merica. Aduk hingga merata.

Setelah itu, letakkan ayam di atasnya dan taburi dengan gula. Penggunaan gula di atas ayam yaitu agar tidak menimbulkan kerak. Kemudian, masak di rice cooker hingga matang dan angkat ayam setelah matang. Aduk nasi dan sajikan semuanya di atas piring.

Untuk penyajiannya, kamu bisa siram nasi ayam hainan dengan garlic oil, tambahkan daun ketumbar, dan irisan cabai. Bagaimana, sangat lezat bukan? Yuk, bikin sekarang!

 

 

Baca Juga: 5 Nasi Ayam Hainan Terbaik di Singapura, Otomatis Bikin Lapar!

Ninda F Photo Verified Writer Ninda F

დ IG: nndf_pr დ

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya