Comscore Tracker

5 Jenis Jamur yang Aman Dikonsumsi dan Ada Manfaatnya untuk Kesehatan

Masakan jamur apa yang kamu suka?

Gak semua orang suka dengan makanan yang satu ini karena memiliki cita rasa yang khas. Selain itu juga memang ada beberapa jenis jamur yang gak boleh sembarang dikonsumsi karena beracun. Tahukah kamu kalau makan jamur tertentu itu ternyata baik untuk kesehatan? Yuk, cari tahu beberapa jenis jamur yang aman dikonsumsi dan apa saja manfaatnya untuk kesehatan.

1. Jamur tiram (Pleurotus ostreatus)

5 Jenis Jamur yang Aman Dikonsumsi dan Ada Manfaatnya untuk Kesehatanbanten.co/Aditya

Jamur berwarna khas putih ini sangat mudah ditemukan di pasar tradisional maupun modern. Harganya tergolong murah dan banyak dijadikan camilan seperti jamur crispy yang banyak dijual di berbagai tempat. Jamur tiram berkhasiat untuk melancarkan sirkulasi darah dan meningkatkan kinerja fungsi saraf. Kadar antioksidan jamur tiram juga tergolong tinggi sehingga dapat membantu mencegah peradangan.

2. Jamur kuping (Auricularia sp.)

5 Jenis Jamur yang Aman Dikonsumsi dan Ada Manfaatnya untuk Kesehatanlensa.id/Admin

Jamur yang dominan berwarna cokelat ini memiliki bentuk menyerupai telinga. Biasanya sering ditemui dalam olahan sup ataupun masakan lainnya. Jamur ini tinggi akan serat sehingga mampu melancarkan pencernaan, rendah kalori dan baik untuk diet. Karena kandungan seratnya yang tinggi, mengonsumsi jamur ini juga sangat baik untuk mengurangi gejala wasir.

3. Jamur shiitake (Lentinula edodes)

5 Jenis Jamur yang Aman Dikonsumsi dan Ada Manfaatnya untuk Kesehatanpixabay.com/Hans

Pada dasarnya berbagai jenis jamur memang terkenal dengan kandungan seratnya yang tinggi, tak terkecuali dengan jamur shiitake. Mengonsumsi jamur ini sangat baik karena dapat menjaga kesehatan jantung, melawan tumor, meningkatkan kinerja fungsi otak serta meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan selenium pada jamur ini juga sangat baik untuk mencegah timbulnya jerawat pada kulit.

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memasak Jamur, Sudah Tahu?

4. Jamur shimeji (Hypsizygus tessellatus)

5 Jenis Jamur yang Aman Dikonsumsi dan Ada Manfaatnya untuk Kesehatanpixabay.com/Stevepb

Jamur ini sekilas mirip dengan jamur kancing dari bentuk dan warnnaya. Bentuknya yang sedikit lebih ramping dan panjang yang membedakan kedua jenis jamur ini. Jamur Shimeji juga menjadi sumber protein tinggi yang baik dikonsumsi, mampu membantu melawan asma dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Beberapa penelitian menyatakan bahwa mengkonsumsi jamur ini mampu mengurangi risiko terkena penyakit kanker dan tumor. Antioksidan alami yang dihasilkan baik untuk tubuh dan juga rasanya yang lezat sehingga sangat baik dikonsumsi.

5. Jamur kancing (Agaricus bisporus)

5 Jenis Jamur yang Aman Dikonsumsi dan Ada Manfaatnya untuk Kesehatanpixabay.com/Couleur

Jamur ini memiliki bentuk seperti kancing dan mudah ditemukan di pasar tradisional. Jamur in cocok diolah menjadi bahan tumisan dicampur dengan berbagai jenis sayuran. Kandungan nutrisi pada jamur ini baik untuk pencernaan, mencegah kanker payudara dan baik untuk kesehatan prostat.

Jamur-jamur tersebut sangat lezat jika dimasak atau diolah dengan baik, selain mengandung banyak nutrisi juga manfaat yang baik untuk tubuh. Tetapi harus diingat jangan dikonsumsi berlebihan karena juga tidak baik bagi kesehatan.

Baca Juga: 5 Jamur Lezat dari Jepang Ini Bikin Masakanmu Makin Sedap!

Nur Mar A. Siregar Photo Community Writer Nur Mar A. Siregar

A dusk chaser who loves to shout in silence..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You