Comscore Tracker

5 Kudapan Thailand dari Daging Sapi, Cocok untuk Makan Malam Hari Ini

Bisa banget buat referensi menu makan malam

Daging sapi mudah disulap menjadi hidangan lezat. Bagi kamu yang ingin mencari kreasi lain dalam mengolahnya, tidak ada salahnya kamu mencoba membuat makanan khas Thailand hari ini.

Kuliner Thailand juga tidak kalah menariknya dalam mengolah daging, lho. Negara asal Lisa BLACKPINK ini juga memiliki banyak kreasi hidangan yang pastinya akan memanjakan lidahmu. Berikut 5 masakan Thailand berbahan daging sapi yang bisa kamu pilih untuk menu makanmu hari ini.

1. Tumis daging sapi saus tiram 

5 Kudapan Thailand dari Daging Sapi, Cocok untuk Makan Malam Hari Iniilustrasi tumis daging sapi Thailand (youtube.com/Real Thai)

Kudapan Thailand juga sering kali menyajikan hidangan dengan sederhana seperti masakan berikut. Meski dibumbui saus tiram saja, hidangan daging sapi ini tetap memiliki rasa yang tidak kalah lezat. Hidangan ini sering disajikan sebagai makanan rumahan di Thailand.

Selain daging sapi, bahan-bahan seperti paprika dan jamur juga ditambahkan untuk melengkapi hidangan. Tumis daging sapi ala Thailand ini biasanya dibumbui dengan gula aren, kecap asin, dan kecap ikan.

2. Kari daging sapi panang 

5 Kudapan Thailand dari Daging Sapi, Cocok untuk Makan Malam Hari Iniilustrasi kari daging sapi panang (youtube.com/Pailin's Kitchen)

Hidangan kari yang satu ini merupakan kari Thailand yang populer dan banyak digemari. Berbeda dengan jenis kari lainnya, kari ini lebih bersaus dengan rasa yang lebih pekat. Sausnya bisa dibuat dari pasta kari merah instan sebagai dasar bumbu.

Rempah yang wajib dimasukkan untuk membuat kari panang ini adalah jintan dan ketumbar. Pastikan kedua bahan tersebut disangrai terlebih dahulu sebelum dihaluskan untuk dijadikan bumbu kari.

Baca Juga: 5 Kreasi Kuliner Thailand Serba Daging Kambing, Lezat Banget

3. Semur daging sapi ala Thailand 

5 Kudapan Thailand dari Daging Sapi, Cocok untuk Makan Malam Hari Iniilustrasi semur daging sapi ala Thailand (youtube.com/Pailin's Kitchen)

Hidangan semur yang satu ini tentunya berbeda dengan semur daging yang biasa dibuat di Indonesia. Dalam bahasa Thailand, hidangan ini biasa disebut “neua toon” yang memiliki arti semur daging sapi.

Di Thailand, neua toon bisa disajikan dengan nasi putih atau mi. Untuk membuat hidangan ini, umumnya daging ditumis terlebih dahulu selama satu menit di masing-masing sisi untuk mematangkan daging sebelum dijadikan semur yang berkuah.

4. Salad daging sapi ala Thailand 

5 Kudapan Thailand dari Daging Sapi, Cocok untuk Makan Malam Hari Iniilustrasi salad daging sapi (youtube.com/Mark Wiens)

Nam tok neua atau salad daging sapi menyajikan potongan daging bakar yang dibumbui dengan jeruk nipis dan cabai. Sebelumnya, daging sapi dimarinasi dengan lada bubuk dan kecap asin selama 30 menit agar rasanya meresap sampai dalam. Setelah itu, daging sapi dibakar menggunakan arang hingga air yang terkandung dari dalam daging menetes-netes.

Kemudian daging sapi diistirahatkan, dipotong kecil-kecil, dibumbui, dan dicampur dengan potongan sayur yang beragam hingga semuanya merata dan siap disajikan.

5. Sapi kemangi Thailand atau pad krapao 

5 Kudapan Thailand dari Daging Sapi, Cocok untuk Makan Malam Hari Iniilustrasi pad krapao (youtube.com/One Big Hap)

Pad krapao atau daging dengan bumbu kemangi merupakan hidangan populer yang berasal dari Thailand. Hidangan ini menyajikan daging yang dicacah kemudian dibumbui dengan bumbu kemangi yang harum.

Kamu bisa membuat ini dengan daging ayam, sapi, maupun babi. Kamu juga bisa menggunakan daging sapi bagian apa saja, namun akan lebih mudah jika kamu menggunakan daging sapi potongan short plate.

Bagaimana, deretan olahan daging sapi ala Thailand di atas semuanya terlihat lezat, bukan? Daging sapi yang disajikan dengan bumbu-bumbu khas Thailand tersebut juga mampu membuat lidahmu ketagihan, lho.

 

Baca Juga: 12 Potret Khao Yai, Wisata Unik di Thailand yang Instagramable

Porcelain Photo Verified Writer Porcelain

꒰ঌ ig: nndf_prcl ໒꒱

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya