Comscore Tracker

7 Menu Hidangan Ayam Goreng Lezat di Asia, Inspirasi Menu Sehari-hari

Biar makan jadi makin nikmat

Ayam goreng merupakan menu favorit yang bisa dinikmati kalangan anak-anak maupun orang dewasa. Tapi, kalau dikonsumsi dengan resep yang sama sehari-hari tentu akan bosan. 

Kamu perlu inspirasi menu baru untuk hidangan ayam goreng yang lebih nikmat dan anti boring. Nah, berikut ini ada 7 menu ayam goreng dari berbagai negara di Asia yang bisa jadi inspirasi olahan ayam goreng. Apa saja?

1. Orange chicken (Tiongkok)

7 Menu Hidangan Ayam Goreng Lezat di Asia, Inspirasi Menu Sehari-hariorange chicken (instagram/chefyasmine_)

Dari namanya saja tentu beberapa orang sudah tau kalau cita rasa ayam goreng satu ini merupakan kombinasi asam dan manis. Menu ini terdiri dari ayam goreng yang kemudian dimasak bersama dengan campuran saus sambal dan jeruk. 

Orange chicken tak hanya populer di Tiongkok saja, tapi menjadi makanan favorit di restoran fast food di Amerika Utara. Buah yang biasanya dipakai untuk orange chicken ini, seperti tangerine, jeruk dan lemon. 

2. Har chong gai (Singapura)

7 Menu Hidangan Ayam Goreng Lezat di Asia, Inspirasi Menu Sehari-harihar chong gai (instagram/ck.sg_food)

Hidangan unik dari negara tetangga, Singapura, yaitu har chong gai yang merupakan ayam goreng pasta udang. Bahannya menggunakan bagian sayap atau paha ayam yang dibumbui terlebih dulu. 

Bumbu yang digunakan, antara lain tepung, telur, maizena, dan campuran bumbu, seperti pasta udang, rice wine, minyak wijen dan lainnya. Saat dinikmati har chong gai dicelupkan ke saus sambal terlebih dahulu. 

3. Ayam popcorn (Taiwan)

7 Menu Hidangan Ayam Goreng Lezat di Asia, Inspirasi Menu Sehari-hariayam popcorn taiwan (instagram/shef.chelle)

Ayam yang digunakan pada hidanfan ini menggunakan ayam tanpa tulang yang dipotong kecil sesuai ukuran mulut. Sebelum digoreng, ayam dimarinasi terlebih dulu dengan kecap, jahe, bawang putih, rice wine, dan bumbu lainnya. 

Lalu, dibalut dengan tepung jagung dan digoreng sampai kecoklatan. Street food populer ini sering dinikmati bersama bubuk rumput laut dan bubuk mustard

Baca Juga: Meteor Chicken, Pilihan Anti Ribet Bagi Pencinta Ayam Goreng ala Korea

4. Ayam penyet (Indonesia)

7 Menu Hidangan Ayam Goreng Lezat di Asia, Inspirasi Menu Sehari-hariayam penyet (instagram/ediblemelbourne)

Ayam penyet juga salah satu hidangan ayam yang gak hanya populer di Indonesia, tapi di negara lain, seperti Singapura dan Malaysia, lho.

Ayam ini biasanya dinikmati bersama dengan sambal dan lauk, seperti sayuran, tempe, dan tahu. Ayam penyet berasal dari Jawa Timur dan cocok untuk dinikmati sebagai menu harian.

5. Tori Katsu (Jepang)

7 Menu Hidangan Ayam Goreng Lezat di Asia, Inspirasi Menu Sehari-haritori katsu (instagram/thatfoodiejess)

Tori katsu atau chicken katsu adalah menu yang menggunakan dada ayam sebagai bahan utamanya. Dada ayam terlebih dulu dilumuri dengan tepung, telur, dan tepung panko lalu digoreng. 

Setelah digoreng sampai kecoklatan, barulah tori katsu dipotong-potong kecil. Tori katsu dinikmati bersama dengan nasi panas dan saus katsu yang bercita rasa manis dan tajam. 

6. Ayam 65 (India)

7 Menu Hidangan Ayam Goreng Lezat di Asia, Inspirasi Menu Sehari-hariayam 65 (instagram/keralaruchi2015)

Ayam dengan nama unik ini berasal dari Chennai, India. Sebelum digoreng, ayam dimarinasi terlebih dulu dengan campuran bumbu, seperti cabai merah, lemon, jahe, dan bumbu lainnya. 

Banyak yang percaya, bahwa angka 65 berasal dari 65 jenis cabai yang dipakai pada menu ini. Sebagian lainnya percaya karena menu ayam ini diciptakan pada tahun 1965.

7. Ayam Jenderal Tso (Hunan, Tiongkok)

7 Menu Hidangan Ayam Goreng Lezat di Asia, Inspirasi Menu Sehari-hariayam jenderal tso (instagram/instantpoteats)

Meski dinamai dari Jenderal Tso Tsungtang, namun ayam ini tak ada hubungannya dengan sang jenderal. Ayam ini berasal dari Hunan dan diciptakan oleh chef imigran keturunan Tiongkok-Taiwan. 

Ayam yang digunakan dipotong berukuran kecil lalu digoreng sampai renyah. Setelah itu, ayam Jenderal Tso ini di masak bersama kecap, jahe, cuka beras, anggur beras, dan ditambahkan gula, bawang putih, daun bawang, serta cabai. 

Itulah 7 menu ayam goreng lezat dari beberapa negara di Asia yang bisa jadi inspirasi memasak kamu. Siap coba menu baru? 

Baca Juga: Resep Nasi Goreng Kimchi Kesukaan Jimin BTS, Bikin Jatuh Cinta!

Putry Prastiwi Photo Verified Writer Putry Prastiwi

Follow my ig @traveliss__

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya