Comscore Tracker

Ada Bubur sampai Pancake, Ini Dia 5 Menu Breakfast Sehat Khas Ethiopia

Jangan lupa sarapan ya

Ethiopia adalah salah satu negara di benua Afrika yang beribu kota di Addis Ababa.

Negara ini dikenal memiliki mayoritas warga yang vegetarian karena beberapa penganut Kristen Prthodox tidak memakan daging di hari-hari tertentu. Karena itu, beberapa menu makanan di Ethiopia termasuk makanan sehat.

Seperti menu sarapan khas asal Ethiopia berikut ini yang tergolong lezat dan sehat lho, keep scrolling! 

1. Genfo

Ada Bubur sampai Pancake, Ini Dia 5 Menu Breakfast Sehat Khas Ethiopiainstagram/dagimia

Menu sarapan satu ini begitu unik dari tampilannya. Genfo terbuat dari tepung barley yang dimasak sampai kering. Lalu ditambah dengan air yang dimasak sampai bertekstur lembut. 

Genfo dimasukkan ke dalam wadah dan dibuat lubang di tengahnya untuk dimasukkan rempah seperti bumbu berbere dan mentega.

Cara makan genfo cukup mengambil bagian tebal dari bubur dan dicelupkan ke bumbu di tengahnya. Biasanya bumbu juga bisa diganti dengan yogurt lho. 

2. Injera Fit-fit

Ada Bubur sampai Pancake, Ini Dia 5 Menu Breakfast Sehat Khas Ethiopiainstagram/azmarinocoffee

Injera merupakan salah satu jenis roti tipis khas Ethiopia. Pada menu ini injera biasanya dicampur dengan mentega, bawang bombai, dan bumbu berbere yang merupakan bumbu khas Ethiopia. 

Injera fit-fit ini sering disajikan bersama dengan yogurt dan bubuk merica. Injera fit-fit bisa dimakan menggunakan sendok maupun menggunakan tangan. 

Baca Juga: 8 Destinasi Wisata di Addis Ababa, Ethiopia yang Menarik Dikunjungi

3. Kinche

Ada Bubur sampai Pancake, Ini Dia 5 Menu Breakfast Sehat Khas Ethiopiainstagram/cybertoast

Kinche adalah sejenis bubur oatmeal khas Ethiopia. Sebagai menu breakfast, kinche dibuat dengan gandum utuh yang dimasak bersama susu atau air sampai matang.

Kinche biasanya dikonsumsi dengan menambahkan mentega bumbu yang disebut niter qibe atau bisa juga menambahkan bawang bombai goreng. Meski kinche juga bisa dinikmati polos alias tanpa tambahan bumbu. 

4. Kitcha Fit-fit

Ada Bubur sampai Pancake, Ini Dia 5 Menu Breakfast Sehat Khas Ethiopiainstagram/yoditstable

Fit-fit merupakan salah satu menu breakfast favorit yang memang memiliki dua varian termasuk salah satunya kitcha fit-fit ini. Kitcha merupakan roti tipis khas Ethiopia yang sejenis dengan injera. 

Kitcha menggunakan bumbu seperti mentega, bumbu berbere dan garam. Meski kebanyakan makanan khas Ethiopia disantap menggunakan tangan, kitcha fit-fit ini lebih sering disantap menggunakan sendok lho. Ditambahkan dengan yogurt sebagai pendampingnya makin maknyus! 

5. Fatira

Ada Bubur sampai Pancake, Ini Dia 5 Menu Breakfast Sehat Khas Ethiopiainstagram/oromofood

Fatira merupakan sejenis pancake yang juga tergolong sebagai street food di Ethiopia. Fatira terbuat dari tepung gandum yang dicampur garam, butter, telur, bawang bombai, dan tomat. 

Pancake yang telah jadi biasanya dikonsumsi bersama dengan telur orak-arik dan madu. Selain menjadi menu breakfast, fatira juga kerap disajikan saat Idulfitri di Ethiopia. 

Nah, itu tadi beberapa menu sarapan khas Ethiopia yang lezat. Simpel banget kan menu sarapannya? 

Baca Juga: 5 Ragam Olahan Crumpet yang Lezat untuk Ide Menu Sarapan Praktis

Putry Prastiwi Photo Verified Writer Putry Prastiwi

Follow my ig @traveliss__

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya