Comscore Tracker

7 Pastry Lezat Asal Swedia yang Visual dan Rasanya Menggoda Iman!

Pencinta pastry merapat, yuk!

Pastry sudah tak asing lagi bagi lidah warga Indonesia karena mudah ditemukan di berbagai bakery atau restoran. Berbeda dengan roti, pastry memiliki tekstur yang lebih tebal, beremah, dan cukup berlemak. 

Dengan beragam jenis pastry yang unik dan lezat, tiap negara tentu punya pastry khas masing-masing. Salah satu negara di Eropa yaitu Swedia juga menawarkan ragam pastry nikmat seperti yang berikut ini! 

1. Kanelbulle

7 Pastry Lezat Asal Swedia yang Visual dan Rasanya Menggoda Iman!instagram/fikaswedishkitchen

Kanelbulle dikenal sebagai cinnamon roll khas Swedia. Bahannya cukup sederhana karena hanya menggunakan tepung, susu, ragi, telur, air, mentega, vanilla dan tentunya ditambahkan kayu manis. 

Di Swedia terdapat hari khusus untuk menyantap pastry ini yaitu pada 4 Oktober yang dikenal sebagai Cinnamon Roll Day. Kanelbulle juga sering dinikmati sebagai sarapan bersama dengan kopi atau teh hangat. 

2. Klenat

7 Pastry Lezat Asal Swedia yang Visual dan Rasanya Menggoda Iman!instagram/medicatedbycookies

Pastry crunchy satu ini terbuat dari adonan pastry yang cukup buttery. Tekstur crunchy-nya didapat dari adonan yang dibentuk layaknya pita simpul lalu digoreng sampai garing. 

Klenat disajikan dengan taburan gula halus atau bubuk kayu manis. Pastry ini juga menjadi sajian wajib saat natal di Swedia. 

3. Semla

7 Pastry Lezat Asal Swedia yang Visual dan Rasanya Menggoda Iman!instagram/lillebrorsbageri

Semla merupakan sejenis cream bun yang dibuat dari roti gandum berbentuk bulat yang diisi dengan krim khusus. Krim ini merupakan perpaduan antara pasta almond dan whipped cream rasa vanilla. 

Setelah dipotong bagian atasnya, roti diisi dengan krim lalu ditutup kembali. Disajikan dengan taburan gula halus, semakin nikmat lho! 

Baca Juga: 9 Makanan Khas Swedia yang Bikin Kamu Ingin Berkunjung, Enak Semua!

4. Gustaf Adolfsbakelse

7 Pastry Lezat Asal Swedia yang Visual dan Rasanya Menggoda Iman!instagram/mattiasljungberg_

Pastry ini memiliki tiga bagian penting yaitu base yang terbuat dari tepung, gula, telur dan baking powder. Sementara bagian kedua yaitu isiannya terbuat dari krim vanilla, heavy cream dan selai blackcurrant. Dan bagian ketiga yaitu dekorasi yang terbuat dari cokelat atau marzipan. 

Pastry lezat ini sesuai namanya kini dinobatkan sebagai kue untuk mengenang Gustav II Adolf yang meninggal pada 6 November 1632. Meski pastry ini sudah ada sejak tahun 1909, kini Gustaf Adolfsbakelse dinikmati setiap tahunnya pada tanggal 6 November. 

5. Semmelwrap

7 Pastry Lezat Asal Swedia yang Visual dan Rasanya Menggoda Iman!instagram/byttorpsfinbageri

Semmelwrap memiliki isian yang mirip dengan Semla yaitu menggunakan pasta almond dan whipped cream. Namun, semmelwrap menggunakan adonan yang digulung hingga tipis dan dipanggang. 

Adonan yang sudah matang lalu dimasukkan isian dan digulung seolah membungkus isian. Semmelwrap pertama kali dibuat oleh Mattias Ljungberg lalu ditiru oleh warga Swedia. 

6. Mandelkubb

7 Pastry Lezat Asal Swedia yang Visual dan Rasanya Menggoda Iman!instagram/lottaalmstedt

Mandelkubb sering disebut sebagai almond bun karena menggunakan almond sebagai bahan utama. Almond akan dihancurkan dan dimasukkan dalam adonan tepung, telur, dan gula. Beberapa juga menambahkan sour cream dan susu ke dalam adonan. 

Mandelkubb mudah ditemukan di berbagai bakery di Swedia dan disajikan dengan taburan gula. Selain itu mandelkubb juga sering dinikmati bersama segelas susu dingin atau kopi panas. 

7. Budapestbakelse

7 Pastry Lezat Asal Swedia yang Visual dan Rasanya Menggoda Iman!instagram/swedish_eliza

Meski dinamakan Budapestbakelse, pastry ini tak berasal dari Hungaria tapi memang khas dari Swedia. Menggunakan banyak bahan termasuk pastry, haleznut, dan meringue yang diisi dengan whipped cream dan potongan jeruk mandarin. 

Budapestbakelse berbentuk gulungan dan diberi topping berupa lelehan cokelat, icing sugar, dan bubuk cocoa. 

Itulah beberapa pastry terkenal yang paling diminati di Swedia dengan kelezatan yang tiada dua. Penasaran kan mau coba? 

Baca Juga: 5 Pastry Unik Berbagai Negara, Ada yang dari Indonesia!

Putry Prastiwi Photo Verified Writer Putry Prastiwi

Follow my ig @traveliss__

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya