Comscore Tracker

5 Jenis Pepes Khas Nusantara, Unik Hingga Nyentrik!

#MasakItuGampang Ada pepes ayam! Tapi gak krispi lho ya

Pepes merupakan satu dari kekayaan kuliner nusantara yang identik dengan bungkusnya berupa daun pisang yang lantas dipanggang di atas bara api bersama bahan makanan lengkap dengan bumbu-bumbunya.

Nah, ternyata pepes juga memiliki varian yang beragam, lho. Jika lazimnya pepes terbuat dari ikan sebagai bahan bakunya, faktanya juga ada olahan pepes dari bahan lain yang terbilang tak biasa, nih.

Yuk, simak variasi olahan Pepes berikut ini! Kamu sudah coba yang mana saja?

1. Pepes ikan

5 Jenis Pepes Khas Nusantara, Unik Hingga Nyentrik!selerasa.com

Sesuai namanya, Pepes yang satu ini memang terbuat dari ikan. Ikan yang dapat digunakan untuk pepes juga beraneka jenis, lho. Mulai dari ikan patin, ikan peda, ikan mas, hingga ikan kembung dimana masing-masingnya akan menawarkan citarasa khas.

2. Pepes ayam

5 Jenis Pepes Khas Nusantara, Unik Hingga Nyentrik!resepsedapku.com

Nah, ada dua cara dalam pengolahan pepes ayam. Pertama, dengan menggunakan potongan daging ayam (lengkap bersama tulangnya). Kedua, menggunakan daging dada ayam filet. Selain itu, lazimnya pepes ayam memiliki citarasa yang agak pedas sebab memang diolah dengan bumbu-bumbu rempah yang memberi citarasa pedas, nih.

Eits, ayamnya gak krispi lho!

3. Pepes tahu

5 Jenis Pepes Khas Nusantara, Unik Hingga Nyentrik!uniek88.wordpress.com

Selain ikan dan ayam, tahu juga kerap diolah menjadi pepes, lho. Caranya adalah haluskan tahu terlebih dahulu, campurkan dengan bumbunya, bungkus ke dalam daun pisang, dan setelahnya dipanggang. Nah, juga dapat ditambahkan dengan daun kemangi supaya lebih sedap.

4. Pepes jamur

5 Jenis Pepes Khas Nusantara, Unik Hingga Nyentrik!infokuliner.com

Jamur yang lazim digunakan untuk mengolah Pepes Jamur adalah jamur tiram. Pepes jamur ini pas banget nih untuk para vegetarian. Sebab tekstur kenyal dengan rasa yang gurihnya agaknya dapat dijadikan alternatif untuk yang tidak gemar menyantap daging-dagingan.

5. Pepes kodok

5 Jenis Pepes Khas Nusantara, Unik Hingga Nyentrik!tjiobudiono02.blogspot.co.id

Jika umumnya olahan makanan yang menggunakan kodok (tepatnya paha kodok) adalah Swike, ternyata kodok juga dapat disajikan dalam bentuk pepes, lho. Daging kodok tanpa tulang lantas dibungkus dengan daun pisang lengkap bersama bumbu-bumbunya. Tertarik mencoba?

 

Rahmadila Eka Putri Photo Verified Writer Rahmadila Eka Putri

Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You