Comscore Tracker

5 Trivia Sirutteok, Kue Beras Tertua dalam Sejarah Kuliner Korea

Sirutteok bercita rasa manis dan legit

Kue beras alias tteok yang digilai masyarakat Korea tak hanya tteobokki. Kendati tteokbokki memang kerap muncul dalam cuplikan drama atau film, ternyata ada banyak variasi tteok di Korea Selatan.

Jika tteobokki khas dengan cita rasa pedas, maka ada sirutteok yang menawarkan rasa manis. Yuk, cari tahu 5 trivia sirutteok, kue beras manis tertua berikut ini.

1. Sirutteok merupakan tteok tertua dalam kuliner Korea

5 Trivia Sirutteok, Kue Beras Tertua dalam Sejarah Kuliner Koreasirutteok (instagram.com/hyundae_tteok_maeul)

Sirutteok dirujuk sebagai tteok (kue beras) tertua dalam sejarah kuliner Korea. Penamaan sirutteok bercikal-bakal dari alat masaknya. Pasalnya, kue beras ini dikukus menggunakan mangkok gerabah yang disebut siru dalam bahasa Korea.

2. Sirutteok memiliki tampilan berlapis-lapis

5 Trivia Sirutteok, Kue Beras Tertua dalam Sejarah Kuliner Koreasirutteok (instagram.com/yusoochang91)

Berdasarkan tampilannya, sirutteok dibuat berlapis-lapis. Ada lapisan yang dibuat dari tepung beras dan ada pula lapisan yang terdiri dari campuran kacang-kacangan.

Untuk bahan baku pembuatannya, yaitu tepung beras ketan, tepung terigu, pati, serta kacang-kacangan, seperti kacang merah ataupun kacang azuki.

Baca Juga: Gak Melulu Tteokbokki, 15 Korean Street Food Unik Ini Wajib Kamu Coba

3. Sirutteok disantap sebagai kudapan

5 Trivia Sirutteok, Kue Beras Tertua dalam Sejarah Kuliner Koreasirutteok (instagram.com/baby_jm__)

Ditilik dari bahan bakunya saja sudah dapat ditebak, jika cita rasa dominan dari hidangan yang satu ini adalah manis. Sirutteok memang menawarkan paduan manis dan legit. Umumnya, sirutteok disantap sebagai kudapan untuk menemani waktu santai.

4. Sirutteok hadir pada perayaan, acara adat, dan dibagikan pada tetangga saat pindah rumah

5 Trivia Sirutteok, Kue Beras Tertua dalam Sejarah Kuliner Koreasirutteok (instagram.com/myungsun.100)

Usut punya usut, sirutteok kerap turut serta dalam pesta, perayaan, serta acara adat. Kue beras ini pun lazim dibagikan kepada para tetangga saat seseorang pindah rumah ataupun membuka usaha. 

Hal ini berkaitan dengan kepercayaan masyarakat Korea, bahwa unsur merah, seperti pada warna sirutteok dapat mengusir roh jahat dan kemalangan.

5. Sirutteok kerap dikaitkan dengan injeolmi karena tampilannya mirip

5 Trivia Sirutteok, Kue Beras Tertua dalam Sejarah Kuliner Koreasirutteok (instagram.com/athomemill.com_)

Ada pula jenis kue beras lainnya yang kerap dikaitkan dengan sirutteok, yakni injeolmi. Singkatnya, injeolmi merupakan kreasi kue beras yang dibuat dengan cara menumbuk adonan tepung beras ketan hingga kenyal, kemudian dipotong kecil-kecil. Sekilas tampilan injeolmi memang mirip seperti sirutteok

Pas banget nih untuk menemani santap sedap nanti sore, iya gak?

Baca Juga: 6 Kiat Membuat Tteok yang Kenyal dan Tak Terasa Tepung, Praktis!

Rahmadila Eka Putri Photo Verified Writer Rahmadila Eka Putri

Indonesian, postgraduate student in Malaysia. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya