Comscore Tracker

6 Kuliner Korea dari Udang, Berkuah Pedas hingga Dipanggang Bergaram! 

Makin nikmat jika dimakan sambil nonton drakor

Selain ikan, udang merupakan olahan laut yang kerap diolah menjadi ragam masakan. Udang dapat digoreng, digulai, dipanggang, dan lainnya. Nah, sajian berbahan baku udang juga populer di Korea Selatan. Dalam bahasa Korea, udang dirujuk dengan nama saeu. Di bawah ini adalah beberapa hidangan Korea berbahan udang, yuk disimak!

1. Saeu-jeon

6 Kuliner Korea dari Udang, Berkuah Pedas hingga Dipanggang Bergaram! ilustrasi saeu-jeon (instagram.com/_______min.a)

Jeon merujuk pada panekuk ala Korea. Sekilas saeu-jeon alias shrimp pancake mirip seperti bakwan udang dalam kuliner Indonesia. Selain saeu-jeon, ada pula panekuk khas Korea lainnya yang berbahan udang. Contohnya yaitu daeha-jeon, menggunakan jenis udang berdaging alias fleshy prawn dan haemul-jeon, panekuk dari berbagai jenis olahan laut.

2. Saeu-jeot

6 Kuliner Korea dari Udang, Berkuah Pedas hingga Dipanggang Bergaram! ilustrasi saeu-jot (instagram.com/jwmarket.co.kr)

Saeu-jeot alias salted-fermented shrimp merupakan jeotgal yaitu makanan fermentasi ala Korea yang dibuat dari produk laut dan sangat digemari oleh masyarakat Korea. Saeu-jeot menggunakan jenis udang berkulit tipis dan berukuran kecil. Udang fermentasi ini kerap dipadukan dengan beragam menu utama, bahkan turut dijadikan campuran untuk kimchi.

3. Saeu-juk

6 Kuliner Korea dari Udang, Berkuah Pedas hingga Dipanggang Bergaram! ilustrasi saeu-juk (instagram.com/ieunmi556)

Dalam bahasa Korea, juk merujuk pada hidangan bubur. Dengan kata lain, saeu-juk merupakan bubur udang alias shrimp porridge. Sesuai namanya, bahan baku untuk hidangan ini adalah udang dan bubur nasi. Saeu-juk biasanya disajikan kepada seseorang yang sedang dalam masa penyembuhan setelah sakit. 

4. Saeu-sogeum-gui

6 Kuliner Korea dari Udang, Berkuah Pedas hingga Dipanggang Bergaram! ilustrasi saeu-sogeum-gui (instagram.com/top_opentable)

Saeu-sogeum-gui alias salt-roasted shrimp merupakan udang yang dipanggang menggunakan banyak garam. Hal ini bertujuan untuk menjaga warna alami udang merah, membuat dagingnya lebih juicy, dan menjaga tekstur empuk dari udang. Saeu-sogeum-gui umum disantap sebagai anju atau makanan pendamping untuk minuman beralkohol.

5. Saeu-mandu

6 Kuliner Korea dari Udang, Berkuah Pedas hingga Dipanggang Bergaram! ilustrasi saeu-mandu (instagram.com/joyson365)

Secara umum, mandu mirip dengan pangsit dalam kuliner Indonesia. Untuk saeu-mandu, bahan isian utamanya adalah udang, serta dilengkapi pula dengan bahan-bahan lain. Saeu-mandu alias shrimp dumpling merupakan salah satu jenis mandu yang difavoritkan oleh masyarakat Korea. 

6. Jjampong

6 Kuliner Korea dari Udang, Berkuah Pedas hingga Dipanggang Bergaram! ilustrasi jjampong (instagram.com/k.hyunaaaa)

Hidangan berkuah yang satu ini menyuguhkan cita rasa pedas. Untuk bahan isiannya, jjampong khas dengan paduan mi dan beragam olahan laut, salah satunya adalah udang. Oleh sebab itu, jjampong juga dikenal dengan sebutan spicy mixed-up seafood noodle soup.

Di antara berbagai masakan Korea yang berbahan udang tersebut, mana nih yang paling ingin kamu cicipi duluan?

Baca Juga: 10 Makanan Korea yang Gak Pedas, Penampilannya Bikin Ngiler

Rahmadila Eka Putri Photo Verified Writer Rahmadila Eka Putri

Indonesian, postgraduate student in Malaysia. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ane Hukrisna

Berita Terkini Lainnya