Comscore Tracker

5 Trivia Nai Mong Hoy Tod, Omelet Tiram ala Thailand dengan Saus Pedas

Paduan telur dan tiram yang bikin ngiler

Omelet merupakan makanan yang umum disantap di berbagai negara. Kendati berbahan baku berupa telur, tapi omelet juga kerap dilengkapi dengan bahan utama lainnya.

Misalnya saja di Thailand, ada sajian lokal bernama nai mong hoy todOmelet satu ini tak hanya berbahan dasar telur, tapi juga tiram yang disantap bersama saus pedas. Lantas, apa saja keunikan dari hidangan yang satu ini? Yuk, cari tahu lima trivianya di bawah ini.

1. Nai mong hoy tod dirujuk sebagai Thai oyster omelet sebagai penamaan internasionalnya

5 Trivia Nai Mong Hoy Tod, Omelet Tiram ala Thailand dengan Saus Pedasilustrasi nai mong hoy tod (instagram.com/the.thi.time)

Nai mong hoy tod diolah dari beberapa ragam bahan nabati dan hewani. Namun, bahan baku utamanya adalah telur dan tiram. Sesuai bahan bakunya, nai mong hoy tod pun kerap dikenal pula dengan sebutan Thai oyster omelet. Selain itu, omelet tiram khas Thailand ini biasanya juga disingkat sebagai hoy tod.  

2. Nai mong hoy tod berukuran sedang sehingga cocok disantap sebagai pengganjal perut

5 Trivia Nai Mong Hoy Tod, Omelet Tiram ala Thailand dengan Saus Pedasilustrasi nai mong hoy tod (instagram.com/khaohomhalalthaicuisine_)

Untuk ukurannya, nai mong hoy tod terbilang berukuran sedang. Dengan kata lain, hidangan yang satu ini cocok dilahap sebagai pengganjal perut. Nai mong hoy tod tak termasuk makanan berat namun juga bukan kategori camilan ringan. Satu porsi nai mong hoy tod dapat dinikmati oleh satu orang ataupun bersama-sama.

Baca Juga: 5 Trivia Sate Blengong, Kuliner Legendaris yang Menggugah Selera

3. Nai mong hoy tod juga dilengkapi dengan bahan-bahan tambahan lain sesuai selera

5 Trivia Nai Mong Hoy Tod, Omelet Tiram ala Thailand dengan Saus Pedasilustrasi nai mong hoy tod (instagram.com/nat_kanoon)

Selain telur dan tiram, nai mong hoy tod juga dilengkapi dengan bahan-bahan lain. Ada tauge, bawang daun, hingga sayuran. Penambahan bahannya cukup disesuaikan dengan selera. Kendati merupakan makanan pengganjal perut, tapi nilai gizi dari nai mong hoy tod agaknya tak dapat diremehkan.

4. Nai mong hoy tod disajikan bersama saus spesial untuk memperkuat cita rasa akhir

5 Trivia Nai Mong Hoy Tod, Omelet Tiram ala Thailand dengan Saus Pedasilustrasi nai mong hoy tod (instagram.com/yytthh438)

Saat disajikan, omelet tiram ala Thailand ini akan didampingi dengan saus spesial. Tujuannya, agar cita rasa akhir jadi semakin padu dan kaya. CIta rasa gurih dan kenyal dari nai mong hoy tod akan maksimal saat dipadukan dengan sensasi pedas dari saus tersebut. Alternatif lainnya yakni kecap asin dengan sensasi paduan rasa yang tak kalah unik.

5. Nai mong hoy tod konon dibawa oleh imigram Tiongkok ke Thailand pada zaman dahulu

5 Trivia Nai Mong Hoy Tod, Omelet Tiram ala Thailand dengan Saus Pedasilustrasi nai mong hoy tod (instagram.com/thaikitchenno6)

Usut punya usut, konon nai mong hoy tod memiliki kaitan dengan kuliner Tiongkok. Pasalnya, sajian ini dibawa oleh imigran Tiongkok ke Thailand pada zaman dahulu. Namun untuk menyesuaikan dengan lidah penduduk lokal dan ketersediaan bahan, makanan ini diberi isian berupa tiram. Alhasil, jadilah omelet tiram khas Thailand. 

Wah, unik banget, ya? Omelet telur saja sudah enak apalagi ditambah dengan tiram. Makin bikin nafsu makan meningkat, nih!

Baca Juga: 6 Olahan Daging Babi Khas Thailand Paling Populer dan Lezat 

Rahmadila Eka Putri Photo Verified Writer Rahmadila Eka Putri

Hai, salam kenal. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya