Comscore Tracker

5 Hidangan Lezat Khas Spanyol yang Bisa Dikonsumsi oleh Vegetarian

Semuanya bikin ngiler!

Spanyol termasuk salah satu negara yang mempunyai aneka ragam makanan mulai dari  appetizer, main course, hingga dessert.

Walaupum terkenal dengan makanan olahan dagingnya, Spanyol ternyata juga mempunyai beberapa hidangan yang bisa dinikmati oleh vegetarian, lho. Penasaran apa saja? Simak terus artikel di bawah ini, ya!

1. Escalivada

5 Hidangan Lezat Khas Spanyol yang Bisa Dikonsumsi oleh Vegetarianescalivada (Instagram.com/eatinbcn)

Escalivada merupakan salah satu makanan paling terkenal dari wilayah Catalonia. Bahan utama pembuatannya termasuk terong, paprika, dan terkadang bawang bombay dan tomat. Biasanya bahan-bahan tersebut dipanggang utuh di atas bara panas.

Selanjutnya sayuran dikupas, dibumbui, dan disajikan sebagai makanan pembuka atau lauk pauk. Hidangan ini dapat menjadi pendamping berbagai hidangan daging panggang bagi yang bukan vegetarian.

2. Gachas

5 Hidangan Lezat Khas Spanyol yang Bisa Dikonsumsi oleh Vegetariangachas (Instagram.com/raquelels)

Gachas merupakan makanan tradisional Spanyol kuno. Hidangan ini terdiri dari beberapa bahan dasar, seperti tepung, air, garam, minyak zaitun, dan bawang putih. Makanan ini memiliki tekstur yang bervariasi, ada yang seperti sup hingga pai tebal dengan kulit cokelat keemasan. Hal tersebut tergantung pada metode persiapannya.

Makanan ini umumnya disajikan hangat, dan beberapa juru masak suka menambahkan kunyit, paprika, atau bawang goreng untuk agar rasa gachas lebih nikmat. 

Baca Juga: 5 Makanan Tradisional Belanda, Ada yang Terinspirasi dari Indonesia!

3. Espinacas Con Garbanzos

5 Hidangan Lezat Khas Spanyol yang Bisa Dikonsumsi oleh Vegetarianespinacas con garbanzos (Instagram.com/kendallleats)

Espinacas con garbanzos merupakan makanan yang sangat bergizi. Makanan ini menjadikan bayam dan buncis sebagai bahan utamanya. Terdapat beragam resep dan versi dari hidangan vegetarian ini, namun paling sering dibumbui dengan bawang putih, minyak zaitun, tomat, paprika, cuka, dan jinten.

Makanan ini paling nikmat saat disajikan dalam keadaan panas selama musim dingin di Spanyol. Makanan ini seringkali didampingi dengan irisan roti goreng di sampingnya.

4. Pisto

5 Hidangan Lezat Khas Spanyol yang Bisa Dikonsumsi oleh Vegetarianpisto (Instagram.com/turismodemurcia)

Pisto merupakan makanan tradisional Spanyol dari La Mancha. Makanan ini terdiri dari berbagai sayuran yang dimasak dan digoreng seperti tomat, bawang, paprika, dan cukini. Makanan ini bisa disajikan dingin sebagai starter, atau hangat sebagai lauk.

Terdapat juga beberapa variasi pisto, dengan bahan tambahan seperti kentang, labu, atau ham.

5. Gazpacho de Mango

5 Hidangan Lezat Khas Spanyol yang Bisa Dikonsumsi oleh Vegetariangazpacho de mango (Instagram.com/what_wass_cooks)

Gazpacho de mango adalah varian lain dari gazpacho. Merupakan sup menyegarkan yang secara tradisional dinikmati dalam keadaan dingin. Seperti namanya, menu ini berbahan dasar mangga. Kemudian bahan tersebut dikombinasikan dengan bahan lain seperti mentimun, tomat, paprika, cabai jalapeo atau cabai, bawang bombay, bawang merah, dan bawang putih.

Semua bahan dikupas dan dipotong dadu sebelum dicampur dengan air dingin. Bahan seperti minyak zaitun menjadi campuran dengan konsistensi halus dan tekstur halus. Jus jeruk, air jeruk nipis, atau cuka biasanya ditambahkan ke dalam kombinasi untuk menambah keasaman yang diperlukan. Sup ini umumnya juga dibumbui dengan rempah-rempah seperti daun ketumbar, kemangi, atau tarragon.

Nah, itulah hidangan khas Spanyol yang bisa dikonsumsi vegetarian. Hidangan mana yang membuat kamu ngiler, nih? 

Baca Juga: 9 Fakta Pinchitos Morunos, Makanan Khas Spanyol yang Mirip dengan Sate

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ane Hukrisna

Berita Terkini Lainnya