Comscore Tracker

5 Semur Khas Amerika Serikat yang Kelezatannya Bikin Lupa Diri!

Bumbunya nendang dan kaya rasa

Semur tak hanya menjadi makanan kegemaran orang Indonesia. Ternyata makanan ini juga cukup populer di Amerika Serikat. Beragam semur dapat dijumpai di negara ini.

Aroma dan tampilannya pun sudah sangat menggugah selera. Sebagian dari semur juga terbuat dari beberapa jenis daging dan juga ditambah dengan berbagai sayuran. Berikut lima jenis semur khas Amerika Serikat yang tak cukup sekali coba.

1. Cioppino

5 Semur Khas Amerika Serikat yang Kelezatannya Bikin Lupa Diri!cioppino (instagram.com/skueche)

Cioppino merupakan rebusan hangat yang bergizi atau semur ikan yang dikombinasikan dengan tomat dan saus wine. Semur ini biasanya dibuat dengan kepiting, kerang, udang, kerang, cumi-cumi, dan remis.

Biasanya cioppino dipasangkan dengan roti yang diletakkan disampingnya. Hidangan ini juga bisa menggunakan lemon segar dan peterseli cincang sebagai hiasannya.

2. Chili con Carne

5 Semur Khas Amerika Serikat yang Kelezatannya Bikin Lupa Diri!chili con carne (instagram.com/mfoodbym)

Chili con carne merupakan makanan berbahan dasar daging. Semur ini dibuat dengan daging sapi cincang halus, cabai pedas, bumbu, dan air. Terdapat perdebatan dalam penggunaan cabai di dalam semur. Beberapa diantaranya juga berdebat tentang tidak adanya tambahan bahan seperti tomat atau kacang. 

Chili con carne dapat dihidangkan bersamaan dengan nasi atau roti. Bahkan semur juga terkadang menjadi isian dari sandwich. Biasanya daun peterseli segar digunakan sebagai hiasan.

Baca Juga: 5 Trivia Andong Jjimdak, Semur Ayam ala Korea yang Khas dari Andong!

3. Green chili stew

5 Semur Khas Amerika Serikat yang Kelezatannya Bikin Lupa Diri!green chili stew (instagram.com/boulderlocavore)

Green chili stew merupakan makanan yang cukup populer di wilayah New Mexico yang menjadikan daging sebagai bahan dasarnya. Jenis daging yang dapat digunakan adalah daging babi, domba, sapi, ayam, atau kalkun. Bahan lain yang digunakan adalah tortila jagung tebal.

Beberapa penikmatnya dapat menggunakan tambahan kentang, kacang-kacangan, dan tomat ke dalam rebusan yang beraroma ini. Sebelum disantap, biasanya green chili stew ditambahkan air jeruk nipis agar rasanya lebih segar.

4. Gumbo

5 Semur Khas Amerika Serikat yang Kelezatannya Bikin Lupa Diri!gumbo (instagram.com/splendidlyflavored)

Gumbo merupakan semur yang umumnya disiapkan dalam panci besi besar berwarna hitam. Hidangan ini dapat terdiri dari makanan laut, tomat, atau kalkun dan ayam. Bahan-bahan lainnya bisa berupa ham, sosis, dan tiram rebus.

Beberapa orang menambahkan bahan, seperti bawang bombai, bawang putih, daun salam, dan thyme untuk memperkuat rasa. Gumbo bertekstur kental dan biasanya dituangkan ke dalam mangkuk dengan iringan nasi putih.

5. Burgoo

5 Semur Khas Amerika Serikat yang Kelezatannya Bikin Lupa Diri!burgoo (instagram.com/hangfirebbq)

Burgoo merupakan rebusan yang mempunyai rasa yang cenderung pedas. Makanan ini terbuat dari daging dan sayuran. Bahan-bahan lalu dimasak secara tradisional di luar ruangan dalam ketel besi di atas api terbuka. Proses memasak memerlukan waktu yang sangat lah lama, kira-kira lebih dari dua belas jam.

Biasanya  bahan-bahan yang dipakai di dalamnya merupakan bahan-bahan yang tersedia pada saat itu. Dijaman modern ini, semur dapat terbuat dari campuran daging, seperti babi, ayam, atau sapi. Sementara itu, sayuran yang paling sering digunakan adalah kacang, jagung, kol, tomat, dan kentang. 

Mungkin kelima hidangan di atas masih asing ditelinga beberapa orang. Namun, sebagian besar orang Amerika Serikat kadang menghidangkan olahan semur menjadi makanan rumahan yang lezat.

Baca Juga: Resep Bo Kho Khas Vietnam, Semur Daging Sapi yang Berkuah Kental

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya